window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Banyak Winglet Baru di Test MotoGP Jerez, Honda Malah Jajal Sasis Kalex

Ilham · 3 Mei, 2023 11:30

Banyak Winglet Baru di Test MotoGP Jerez, Honda Malah Jajal Sasis Kalex 01

Sasis Kalex dipakai di Honda RC213V
  • Honda gandeng Kalex bikin sasis baru.
  • Yamaha dan KTM andalkan winglet anyar.

Ajang balap MotoGP 2023 memang baru memasuki seri ke-4 pasca MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez akhir pekan lalu (29-30/4/2023). Namun kini para pembalap dan tim masih bertahan di sirkuit tersebut untuk melakukan uji test tengah musim.

Sejumlah pengembangan dilakukan oleh beberapa tim. Ada yang terlihat minimalis, tapi banyak juga yang ubahannya cukup radikal. Rata-rata pengembangan dilakukan pada area penunjang aerodinamika, tapi ada pula yang berfokus di sasis dan knalpot.

Baca Juga: Kepoin Gaji Pembalap MotoGP, Marc Marquez Tembus Rp 200 Miliar!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Honda Uji Sasis Kalex

Penyedot perhatian utama dari penggemar MotoGP adalah pengujian motor Honda RC213V dengan sasis Kalex. Kehadiran sasis baru ini memang sudah dirumorkan sejak bulan Maret lalu, pasca kerja sama Honda dan Kalex terkuak.

Banyak Winglet Baru di Test MotoGP Jerez, Honda Malah Jajal Sasis Kalex 01

Ada side pod baru

Sasis tersebut dicoba oleh test rider Stefan Bradl dan Joan Mir. Namun masih dirahasiakan mengenai hasil uji coba mereka. Beberapa perbedaan tampak di sasis tersebut, seperti geometri dan lubang-lubang di main frame.

Selain itu, aerodinamika pada motor pun digarap. Misalnya fairing baru dengan diffuser berlekuk di kedua sisinya. Lalu ada panel sirip tambahan di swing arm yang juga buatan Kalex. 

Bahkan panel sepakbor depan juga kena ubahan. Cek saja desainnya yang ketambahan cover di tabung sokbreker yang menutupi kaliper rem depan. Efeknya mungkin untuk menambah aerodinamika sekaligus penyalur hawa dingin pada bagian tersebut.

Baca Juga: Ada Matic Petualang Taiwan dan Ariel Noah Mudik di Artikel Favorit

KTM Uji Fairing dan Winglet Belakang Pedrosa

Selanjutnya, pabrikan KTM turut menguji rombakan tunggangan mereka di Jerez. Uji coba kali ini lebih ditekankan pada sektor aerodinamika. Terutama desain winglet baru. 

Banyak Winglet Baru di Test MotoGP Jerez, Honda Malah Jajal Sasis Kalex 02

Bukan cuma KTM, tim GasGas Factory Racing Tech3 yang mengandalkan motor RC16 juga turun di tes tersebut. Pengujian bisa dilihat dari penggunaan fairing baru yang memiliki side pod berlekuk di kedua sisinya. 

Lalu ada lubang air ram baru di depan. Serta bentuk winglet di buritan yang bersudut boxy. Sebelumnya winglet tersebut sudah lebih dulu dipakai oleh Dani Pedrosa saat turun sebagai wildcard di Jerez akhir pekan lalu. 

Yamaha Bikin Winglet Ala Aprilia

Sadar akan performa Yamaha M1 yang kalah bersaing dari motor-motor pabrikan Eropa membuat pengembangannya terus berlanjut. Kali ini uji coba dilakukan oleh Franco Morbidelli di motornya.

Banyak Winglet Baru di Test MotoGP Jerez, Honda Malah Jajal Sasis Kalex 03

Paling kentara adalah penggunaan winglet 'gondrong' ala Aprilia yang terdapat di bagian depannya. Penempatan winglet tersebut diikuti dengan moncong air pod yang makin besar. Tujuannya untuk menambah daya dorong udara ke bawah motor untuk menambah grip motor ke aspal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });