window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Budget Rp 8 Jutaan Cari Motor Sport Gagah dan Irit? Lirik Saja Honda New Megapro

Ilham · 16 Des, 2021 16:30

Kebutuhan motor sport yang punya tampang gagah, nyaman dan irit bahan bakar tidak melulu diakomodasi oleh model-model baru. Bahkan motor yang sudah berusia lebih dari 10 tahun pun masih bisa dilirik jika kondisinya masih layak. Seperti Honda New Megapro.

  • Cuma Butuh Budget Rp 8 Jutaan.
  • Mesinnya Dikenal Irit Dan Bandel.

Budget Rp 8 Jutaan Cari Motor Sport Gagah dan Irit? Lirik Saja Honda New Megapro 01

Headlampnya lebih modern dan tak lagi bulat

Saat ini, Honda New Megapro bekas yang hadir sejak 2010-2014 sudah bisa ditebus dengan harga mulai Rp 8 jutaan. Tentu harga jualnya bergantung juga pada tahun pembuatan dan kondisi motor. Dan ini masih versi mesin karburator ya.

Baca Juga: Galeri Foto: Sensasi Geber Honda CB150X 2022 di Arena Safety Riding Terbesar di Asia Tenggara

Punya Sederet Fitur Modern

Dengan modal di bawah Rp 10 juta tersebut, konsumen motor bekas Honda New Megapro sudah bisa mendapatkan sosok motor dengan tampilan yang gagah dengan desain bodi yang serba tajam. Serta bentuk headlamp modern yang tak lagi mengandalkan model bulat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Di sisi lain, sudah tertanam panel spidometer kombinasi analog dan digital. Lalu bagian kaki-kaki juga terbilang istimewa di jamannya. Yakni dengan modal suspensi belakang monosok, pelek palang 17 inci dan rem cakram di kedua roda.

Budget Rp 8 Jutaan Cari Motor Sport Gagah dan Irit? Lirik Saja Honda New Megapro 01

Spidometer sudah memakai kombinasi analog dan digital

Bahkan pesaing terdekatnya, yaitu Yamaha Byson pun belum punya rem cakram di roda belakangnya. Sehingga secara tongkrongan, Honda New Megapro masih gagah dilihat hingga saat ini.

Spesifikasi Mesin Honda New Megapro

Ditilik dari sektor mesin, memang Honda New Megapro tidak menyuguhkan sesuatu yang spesial. Baik dari spesifikasi hingga teknologi yang digunakannya masih terbilang sederhana.

Karena saat itu, fokus PT Astra Honda Motor bukanlah pada besaran tenaga atau rentetan teknologi canggih yang disematkannya. Sebut saja sistem pengabut bahan bakar masih memakai karburator vakum, SOHC dengan pendinginan udara alami.

Budget Rp 8 Jutaan Cari Motor Sport Gagah dan Irit? Lirik Saja Honda New Megapro 02

Mesinnya dikenal irit

Meski demikian, faktor kenyamanan berkendara dan efisiensi bahan bakarlah yang menjadi sajian utama pada Honda New Megapro. Mesin yang diusung berjuluk XRP (X-tra Responsive Performance Engine) 150 cc yang diklaim sanggup menempuh 61 km tiap liter bensinnya!

Ditunjang dengan ukuran bore x stroke, 57,3 x 57,8 mm dan kompresi 9,5:1 mesin tersebut sanggup menghasilkan daya 13,7 PS pada 8.500 rpm dan torsi 12,5 Nm di 6.500 rpm. Penyaluran tenaga ke roda belakang dilakukan dengan transmisi manual 5-speed.

Suara knalpotnya pun terdengar merdu dan berisi, jadi menambah wibawa yang memakainya.

Baca Juga: Mirip Africa Twin, Modifikasi Honda CB150X 2022 Ini Tampil Total Bergaya Moge!

Sejarah Singkat Honda New Megapro

Sejak tahun 2010, PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan varian sport naked Honda New Megapro, untuk menggantikan varian Megapro sebelumnya. Sederet pembaruan dilakukan pada motor tersebut.

Bahkan ubahan pada motor tersebut terbilang signifikan jika disandingkan dengan versi lawasnya. Karena secara basis pun sudah berbeda. Jika Honda Megapro lawas masih memakai basis dari Honda GL-Pro, maka versi barunya justru berkiblat ke India.

Budget Rp 8 Jutaan Cari Motor Sport Gagah dan Irit? Lirik Saja Honda New Megapro 03

Punya kembaran di India berjuluk Honda CB Unicorn Dazzler

Mulai dari desain luarnya yang kini telak-telak mengikuti Honda CB Unicorn Dazzler di India. Pun demikian dengan penggunaan mesin XRP (X-tra Responsive Performance Engine) 150 cc yang menggantikan 160 cc dari basis GL-Pro sebelumnya.

Soal detail kelengkapannya pun berbeda dibandingkan model sebelumnya. Jika versi lamanya masih memakai spidometer analog, double shock dan rem tromol di belakang, serta velg jari-jari 17 inci. Maka detail tersebut tergusur di Honda New Megapro.

Kesimpulan

Honda New Megapro memang masih layak dipilih untuk kebutuhan berkendara harian, bahkan touring jarak jauh lewat kenyamanan dan keiritannya. Namun usia yang tak lagi muda membuat Anda patut memperhatikan kondisinya lebih seksama.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });