window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Gak Ada Lawan, Matic Honda Satu Ini Iritnya Bisa Ngalahin BeAT!

Harry · 13 Mei, 2022 12:30

Gak Ada Lawan, Matic Honda Satu Ini Iritnya Bisa Ngalahin BeAT! 01

Honda Giorno 2022, bentuknya menarik.
  • Mesin pakai pendingin cairan.
  • Dijual Rp 26 jutaan di Jepang.
  • Hanya untuk berkendara sendiri.

Image motor matic boros dan lemot kini semakin tersingkirkan. Sekarang motor matic keluaran baru sudah banyak yang bisa berakselerasi cepat dan gesit, tanpa harus meninggalkan efisiensi bahan bakar.

Paduan ini memang paling pas untuk dipakai harian, dan Honda BeAT 2022 salah satu motor yang memenuhi kriteria tersebut. Bicara efisiensi, matic entry level Honda itu diklaim bisa menempuh 60,6 km/liter dengan metode ECE R40.

Kemudian saat digunakan untuk harian dengan dikendarai rider berbobot 74 kg, dan postur 172 cm serta gaya berkendara agresif, konsumsi bahan bakar mencatatkan angka 52,9 km/liter. Masih irit bukan?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Honda Giorno Lebih Irit Dari Honda BeAT

Yup, pabrikan satu ini memang jagonya bikin motor yang irit bahan bakar. Tapi ternyata mereka juga memproduksi motor yang iritnya bisa ngalahin Honda BeAT 2022 tuh!

Motor tersebut adalah Honda Giorno, yang dijual di Jepang dengan harga 198 ribu yen atau sekitar Rp 26 jutaan. Dari situs resminya, Honda mengklaim jika motor satu ini bisa melaju sejauh 80 km dengan satu liter bahan bakar.

Baca juga : Bukan Honda BeAT 2022, Ini Motor Matic Honda Yang Lebih Irit, Tembus 80 Km/liter!

Ini tak lepas dari teknologi mesin yang digunakan, yakni eSP (Enhanced Smart Power) dan digabungkan dengan suplai bahan bakar injeksi PGM-FI yang dikenal presisi. Teknologi yang sama juga digunakan untuk motor matic terlaris Indonesia itu.

Gak Ada Lawan, Matic Honda Satu Ini Iritnya Bisa Ngalahin BeAT! 01

Area setang Honda Giorno.

Tapi kapasitas mesin jadi pembeda utamanya, Honda Giorno hanya memiliki kapasitas mesin 50 cc saja. Tapi biar mesinnya kecil, sistem pendinginan sudah pakai cairan, jadinya lebih canggih.

Mesin eSP tadi juga disematkan teknologi Idling Stop System (ISS) yang akan membuat efisiensinya semakin irit lagi. Tak heran deh kalau iritnya bisa beda signifikan banget sama Honda BeAT.

Tenaga yang dimilikinya hanya 4,5 PS di 8.000 rpm dan torsi 4,1 Nm saja di 6.000 rpm. Tapi skutik ini diklaim lincah dan responsif, salah satunya berkat rasio kompresi tinggi, 12 : 1.

Gak Ada Lawan, Matic Honda Satu Ini Iritnya Bisa Ngalahin BeAT! 02

Honda BeAT dikenal irit bahan bakar.

Dengan kapasitas tangki 4,5 liter, Honda Giorno ini bisa melaju sejauh 360 km loh. Kalau dari Jakarta dipakai mudik isi bahan bakar lagi bisa di Cirebon tuh.

Baca juga : Test Ride Honda BeAT 2022, Enteng dan Iritnya Juara!

Penampilan Retro Modern

Tapi bentukan motornya beda dari Honda BeAT 2022 yang cenderung sporty dengan lekuk bodi yang tajam. Honda Giorno ini cenderung membuat, dengan tampilan skuter retro modern.

Panjangnya hanya 1.650 mm, lebar 670 mm dan tinggi 1.035 mm. Beratnya saja hanya 81 kg. Pas dipakai ibu-ibu untuk mobilitas jarak dekat atau wanita muda untuk sekolah.

Gak Ada Lawan, Matic Honda Satu Ini Iritnya Bisa Ngalahin BeAT! 03

Kecil-kecil tapi bagasi muat helm.

Tapi karena dimensinya yang ringkas, lalu kubikasi mesinnya yang juga kecil, Honda Giorno ini bisa disebut motor egois. Pasalnya cuma bisa dikendarai sendiri, jangan harap dipakai berboncengan karena pijakan kaki pembonceng juga tak tersedia.

Soal fitur pun cukup lumayan loh, walau kecil ternyata punya bagasi besasr yang bisa menampung sebuah helm full face. Kemudian ada dua konsol penyimpanan di depan, gantungan barang, kunci pengaman magnet dan power outlet.

Mantepkan? Kalau hadir di Indonesia pada mau beli gak nih?

Baca juga : Honda BeAT 2022 dan Yamaha Gear 125 2022 Adu Akselerasi, Siapa Paling Gesit?

Gak Ada Lawan, Matic Honda Satu Ini Iritnya Bisa Ngalahin BeAT! 04

Tampak belakang Honda Giorno 2022.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });