window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Gak Cukup Ganti Oli, Ini Pentingnya Servis Motor Secara Rutin

Ilham · 31 Mei, 2022 15:00

Gak Cukup Ganti Oli, Ini Pentingnya Servis Motor Secara Rutin 01

Servis motor
  • Keausan komponen tak bisa dipantau kondisinya.
  • Bisa mengakibatkan mogok ketika dipakai.

Entah karena kesibukan, malas atau bahkan karena ingin irit, tak sedikit pengguna motor yang enggan membawa tunggangannya untuk servis rutin. Biasanya motor dirawat hanya dengan mengganti oli.

Hal ini ternyata berdampak buruk pada motor, terutama dalam jangka panjang. Bahkan tak sedikit yang motornya tiba-tiba mogok, karena jarang melakukan servis rutin.

Ini karena dalam penggunaan sehari-hari, kondisi komponen motor akan terpengaruh dan berubah baik setelan dan keausannya. Sehingga dibutuhkan pengecekan dan penggantian komponen jika diperlukan.

Baca Juga: Terlihat Sepele Tapi Ada Kaitan Sama Nyawa, Begini Cara Ngerem Yang Benar dan Aman

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Servis Rutin Akan Meremajakan Kondisi Motor

Dilihat dari tujuannya, servis rutin bertujuan untuk meremajakan mesin sepeda motor. Di mana nantinya mekanik akan mengembalikan setelan-setelan setiap komponen ke setelan pabrik.

Gak Cukup Ganti Oli, Ini Pentingnya Servis Motor Secara Rutin 01

Kondisi motor diremajakan saat servis

“Jika motor tidak dilakukan servis secara berkala, maka dapat mengakibatkan penyimpangan setelan-setelan, jarak main bebas, umur pakai dan lain sebagainya pada bagian komponen sepeda motor, baik itu dari bagian mesin maupun bagian lainnya seperti sasis dan kelistrikan,” urai Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman.

Komponen Yang Tak Terkontrol

Motor yang tak diservis secara rutin, komponennya tidak dapat terkontrol. Sehingga bisa menyebabkan kerusakan jika tidak dilakukan servis secara rutin.

Diantaranya keausan kampas rem depan dan belakang, kondisi tekanan dan kembangan ban. Hingga jarak main bebas rantai roda dan peranti jeroan CVT.

Gak Cukup Ganti Oli, Ini Pentingnya Servis Motor Secara Rutin 02

Komponen motor sulit dicek jika tak diservis

Bukan hanya itu, bagian mesin pun rawan mengalami kerusakan jika tak dicek. Semisal kerenggangan celah klep, kebersihan throttle body atau karburator, kondisi dan umur pakai saringan udara, serta kinerja sistem pendingin dan kapasitas air radiator

“Jika sepeda motor jarang dilakukan servis tentunya lambat laun kondisi motor akan mengalami penurunan performa yang terkadang tidak disadari oleh pemiliknya,” ujar Ade.

Paket Servis Rutin

Tentu jangan asal pilih bengkel untuk melakukan servis rutin. Sebaiknya datang ke bengkel resmi atau AHASS, bagi pemilik motor Honda. Dan bulan Mei ini, ada beberapa paket servis yang ditawarkan di AHASS Jawa Barat.

Gak Cukup Ganti Oli, Ini Pentingnya Servis Motor Secara Rutin 03

Pemeriksaan komponen

Diantaranya Premium Service (Servis Lengkap 16 poin servis + Gratis Asuransi) untuk pemilik matic premium Honda, Complate Service (Servis Lengkap 16 poin servis), Paket CVT Plus (Bonus pemeriksaan 8 poin servis) dan Paket Ganti Oli Plus (Bonus pemeriksaan 4 poin servis).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });