window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Ganti Baterai Cuma Sembilan Detik, Smoot Tempur Jadi Motor Listrik Andalan Kurir Pos Wanita

Ilham · 11 Nov, 2021 12:30

Puluhan pengendara motor listrik tiba-tiba menyesaki kawasan Pos Bloc di Pasar Baroe, Jakarta pada Rabu (10/11/2021) pagi. Bukan sedang melakukan kegiatan negatif, namun rombongan tersebut merupakan bagian dari seremonial kolaborasi antara PT Pos Indonesia dengan PT Smoot Motor Indonesia.

Kerja sama keduanya dihadirkan dengan penggunaan motor listrik dari Smoot, yang berjuluk Smoot Tempur sebagai sarana transportasi dan logistik dari mitra kurir wanita dari Pos Indonesia. Oleh Pos Indonesia, kurir wanita tersebut dijuluki Oranger Mawar.

Ganti Baterai Cuma Sembilan Detik, Smoot Tempur Jadi Motor Listrik Andalan Kurir Pos Wanita 01

Smoot Tempur memakai baterai portabel

Bukan hanya kendaraan operasional dengan sifat peminjaman, oleh para Oranger Mawar,  motor listrik tersebut juga dapat dimiliki. Caranya, para Oranger Mawar akan diberikan kemudahan untuk memiliki motor listrik Smoot Tempur dengan fasilitas kredit.

“PT Pos Indonesia juga berkomitmen terhadap pengembangan ekonomi hijau, serta mendukung program pemerintah dalam pengurangan emisi karbon di Indonesia. Sehingga kolaborasi dengan Smoot adalah tindakan yang cepat dan tepat dengan memulai dari Oranger Mawar," jelas Siti Choiriana, Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia.

Baca Juga: Gojek Gandeng Gogoro, 2030 Abang Ojol Pakai Motor Listrik Semua!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Smoot Tempur Andalkan Baterai Portabel

Ada beberapa alasan motor listrik Smoot Tempur dipilih menjadi andalan Oranger Mawar. Salah satunya, skuter listrik ini sudah menggunakan teknologi tukar baterai milik PT Swap Energi Indonesia (SWAP Energy).

Ganti Baterai Cuma Sembilan Detik, Smoot Tempur Jadi Motor Listrik Andalan Kurir Pos Wanita 01

Stasiun pengisian daya baterai

Dengan teknologi SWAP Battery System, pengguna tidak perlu menunggu pengisian baterai berjam-jam. Cukup mengunjungi tempat penukaran baterai (SWAPPoin) dan langsung bisa menukar baterai yang sudah dipakai dengan fully charged hanya dalam waktu 9 detik. Tentunya hal ini menjadi solusi praktis dibandingkan dengan motor listrik lain yang ada di pasaran.

Baca Juga: First Impression Rakata NX8, Motor Listrik Sangar Mirip Honda CB650R Neo Sport Cafe

Titik Penukaran Baterai Banyak

Tak perlu cemas bakal kesulitan menemukan lokasi penukaran baterainya. Karena saat ini, di wilayah Jabodetabek, SWAPPoin sudah terdapat di 182 titik. Lokasinya tersebar dari mulai minimarket hingga ke SPBU. Seluruh lokasi dan ketersediaan baterai dapat dipantau lewat aplikasi di smartphone penggunanya.

Ganti Baterai Cuma Sembilan Detik, Smoot Tempur Jadi Motor Listrik Andalan Kurir Pos Wanita 02

Dilabur warna oranye khas Pos Indonesia

Inovasi ini disebut motor listrik “pintar” karena mulai dari motor, baterai, dan SWAPPoin semua terintegrasi di dalam satu aplikasi SWAP. Sehinga para pengguna dapat selalu memantau status baterai terakhir dan juga titik lokasi Smoot motor. Demi kenyamanan dan keamanan pengguna, Smoot juga dilengkapi dengan sistem anti-pencurian yang dapat diakses melalui aplikasi, ketika kendaraan hilang atau dicuri.

Baca Juga: Vespa Racikan Indonesia Segera Banjiri Pasar Luar Negeri,Termasuk Motor Listrik?

Penggunaan Berdasarkan Token

Sedangkan skema pemakaian motornya, bukan dengan membayar ke titik penukaran baterai tersebut seperti mengisi bensin di motor konvensional. Melainkan dipaket seperti penjualan token listrik.

Di mana pengguna Smoot Tempur dapat membeli paket daya jelajah yang diinginkan dari rentang 100 km untuk waktu 30 hari dengan tarif Rp 20.000. Lalu 250 km seharga Rp 45 ribu dan 500 km berbanderol Rp 80 ribu. Kedua jarak terakhir berlaku untuk 60 hari.

Ganti Baterai Cuma Sembilan Detik, Smoot Tempur Jadi Motor Listrik Andalan Kurir Pos Wanita 03

Pemakaian berdasarkan token

Tak perlu juga khawatir jika setelah waktu pemakaian habis, jarak yang ditempuh motor masih banyak. Karena nantinya akan ditambahkan ke pembelian paket berikutnya.

Oiya, selain 1.500 unit yang diproyeksikan untuk menjadi sarana operasional Oranger Mawar, Smoot Tempur juga dijual umum dengan harga Rp 14,8 juta saja. Menariknya, pajak tahunannya hanya Rp 22 ribu dalam kondisi bebas progresif.

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });