window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Gerak Cepat, Kawasaki Pastikan Tiga Motor Listriknya Meluncur Tahun Depan

Harry · 29 Nov, 2021 14:30

Pada presentasi digelaran pameran motor EICMA yang berlangsung di Milan, Italia, Melalui Presiden Director, Hiroshi Ito, Kawasaki menyatakan jika tahun 2022 mendatang pihaknya akan menggempur pasar dengan tiga buah motor listrik sekaligus.

Hal ini sekaligus semakin menegaskan rencana mereka yang akan memiliki produk motor listrik dan motor hybrid hingga tahun 2025. Sejauh ini memang masih terlalu dini membicarakan motor apa yang akan dirilis Kawasaki.

Gerak Cepat, Kawasaki Pastikan Tiga Motor Listriknya Meluncur Tahun Depan 01

Pengetesan pakai basis Kawasaki Ninja 250/400.

Namun seperti yang telah diketahui bersama, pihak geng hijau saat ini sedang melakukan serangkaian tes untuk motor listrik, dengan menggunakan basis Kawasaki Ninja 250/400. Sebuah motor produksi massal yang juga populer di Indonesia.

Dalam presentasinya, Ito san menyebutkan, perusahaannya itu berkomitmen untuk mempercepat sumber tenaga baru, termasuk diantaranya adalah hidrogen dan hybrid. Melihat peta jalannya, rasanya Kawasaki akan menjadi pelopor untuk motor energi baru pada masa yang akan datang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Kawasaki Pamer Ninja 250 Hybrid, Lebih Ramah Lingkungan Tanpa Perlu Ngecas Baterai

Tenaga Listrik Jadi Masa Depan

Gerak Cepat, Kawasaki Pastikan Tiga Motor Listriknya Meluncur Tahun Depan 01

Teknologi hidrogen perlu digarap pabrikan motor.

Motor ramah lingkungan dengan tenaga baterai itu cepat atau lambat akan segera menguasai jalanan. Isu lingkungan menjadi salah satu pendorong kenapa motor listrik ini akan berkembang.

Dituliskan Visordown, pada tahun 2025 pabrikan dengan logo river mark ini akan mengawalinya dengan memiliki setidaknya 10 motor yang bertenaga listrik, dan juga hybrid pada pasar. Sebelum akhirnya sepenuhnya listrik pada 2035.

Kawasaki sendiri memang sedang melakukan pengetesan untuk motor listriknya, dengan menggunakan basis motor yang sudah ada. Mereka menempatkan baterai pada area yang biasanya digunakan sebagai dudukan mesin.

Baca juga : Ingat, Mulai 2035 Kawasaki Ninja Bakal Pakai Tenaga Listrik

Gerak Cepat, Kawasaki Pastikan Tiga Motor Listriknya Meluncur Tahun Depan 02

Prototype mesin hybrid Kawasaki.

Sejumlah wilayah memang mulai mengetatkan aturan terkait kendaraan ramah lingkungan. Inggris Raya dan Uni Eropa misalnya, mereka akan melarang penjualan kendaraan selain kendaraan listrik pada tahun 2035. Tentu pabrikan sudah mulai bergerak dari sekarang.

Project Motor Hybrid Kawasaki

Pabrikan satu ini memang mencoba beragam sumber energi baru, tremasuk hidrogen dan hybrid yang justru belum banyak pemainnya untuk sepeda motor. Kawasaki nampak ingin memberikan gambaran kepada industri, bahkan hybrid merupakan evolusi dari mesin konvensional menjadi lebih ramah lingkungan.

Baca juga : Intip Harga Bekas Kawasaki Ninja 250 Karburator, Pelopor Sport 250 Seharga Matic Entry Level

Ini juga sekaligus upaya bagi Kawasaki untuk benar-benar bisa menetaskan motor hybrid. Pasalnya teknologi yang satu ini seperti dianaktirikan. Berbagai produsen roda dua langsung mengembangkan motor listrik murni, sehingga sistem hybrid yang biasa diaplikasikan pada mobil cenderung diabaikan.

Gerak Cepat, Kawasaki Pastikan Tiga Motor Listriknya Meluncur Tahun Depan 03

Mesin listrik Kawasaki langsung disematkan untuk motor sport.

Jika tahun depan akan ada tiga motor listrik Kawasaki, mereka juga menargetkan tahun 2025 setidaknya sudah ada 16 motor baru dengan basis penggerak hidrogen dan juga listrik. Tak ketinggalan 15 motor off-road hybrid Kawasaki yang juga akan diluncurkan.

Jadi sudah siap menyambut Ninja bertenaga listrik?

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });