window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Green Tech Bikin Motor Listrik Bareng Institut Teknologi PLN

Ilham · 14 Apr, 2023 16:30

Green Tech Bikin Motor Listrik Bareng Institut Teknologi PLN 01

  • Kerjasama pertama Institut Teknologi PLN.
  • Mahasiswa bisa perdalam penelitian tentang motor listrik.

Pasar motor listrik di Indonesia semakin berkembang dengan banyaknya pemain baru. Kali ini PT Green Tech Electric Automotif (Green Tech) yang bekerjasama dengan Institut Teknologi PLN (ITPLN).

Penandatanganan kerjasama ini berlangsung di Ruang Pembangkit ITPLN, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (12/4/2023). Kerjasama ini merupakan pengembangan ini merupakan yang pertama kali dilakukan ITPLN dengan pabrikan sepeda motor listrik. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

“Kerjasama yang saling menguntungkan diharapkan mampu membuat ITPLN semakin maju dan dikenal. Tujuan kerjasama ini untuk pengembangan dan penelitian kendaraan listrik, khususnya motor listrik," buka Santoso Januwarsono, Direktur PT Green Tech Electric Automotif.

Green Tech Bikin Motor Listrik Bareng Institut Teknologi PLN 01

Seremonial penandatanganan kerjasama

Dirinya menambahkan jika nantinya Green Tech juga sepakat untuk melakukan pengembangan lebih lanjut lagi. "Seperti baterai kendaraan listrik,” jelas pria yang akrab disapa Janu.

Baca Juga: Banyak Motor Listrik Comot Desain Vespa, Piaggio Indonesia Ogah Ambil Pusing

Incar Segmen Mahasiswa

Saat ini Green Tech telah memiliki fasilitas perakitan yang terletak di daerah Tegal Alur. Fasilitas tersebut mampu memproduksi sebanyak 1.000 unit per hari, atau kira-kira sekitar 300.000 sampai 400.000 per tahun.

Ada delapan tipe Green Tech yang ada sekarang ini. Diantaranya VP, Meta, Aero, Ranger, Scood, Hurricane, Unity dan Sporty.

Green Tech Bikin Motor Listrik Bareng Institut Teknologi PLN 02

Untuk pemasarannya, Green Tech juga membangun aplikasi ojek online berbasis motor listrik, yaitu e-trans sebagai operator motor listrik mereka.  Dan lewat kerjasama kali ini, Green Tech manyasar pangsa pasar mahasiswa. 

"Oleh sebab itu, kami memberikan diskon khusus dan fasilitas kredit yang menarik bagi mahasiswa ITPLN yang akan memiliki motor listrik Green Tech. Nantinya, mahasiswa ITPLN dapat melakukan free charging di SPKLU yang kami pasang di ITPLN,” jelas Janu.

Baca Juga: Marak Motor Listrik, Denso Indonesia Mau Bikin Komponennya?

Bisa Lakukan Penelitian Motor Listrik

Wakil Rektor IV ITPLN Unit Bisnis, Pawenary menambahkan, ini merupakan kerjasama pertama bagi ITPLN dengan pabrikan atau assembling kendaraan listrik. “Mahasiswa dan Dosen dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang electric vehicle (EV), khususnya sepeda motor listrik,” jelasnya.

Green Tech Bikin Motor Listrik Bareng Institut Teknologi PLN 03

Dia menambahkan, ke depan ITPLN mengajukan usulan untuk membangun bengkel konversi untuk service dan maintenance motor listrik. “Selain itu, ke depannya kami juga dapat mengembangkan platform digital  untuk kebutuhan start up tentang kendaraan listrik,” terang Pawenary.

Green Tech merupakan pengguna baterai buatan Tanah Air yaitu KK Baterai yang disuplai PT KKBrothers. Sekarang ini ada dua jenis baterai yang digunakan Green Tech yakni super graphene dan lithium. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });