window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Hebat! Sekali Isi Baterai, Cruiser Listrik ini Sanggup Lakoni Perjalanan Jakarta-Semarang

Ary · 4 Jun, 2021 16:00

Kendati berperan membirukan langit, motor listrik bukannya tak punya kendala. Salah satu rintangan kendaraan niremisi ini ialah durabilitas baterai yang notabene menjadi pemasok daya tunggal. Namun, hal tersebut sepertinya terpatahkan oleh motor listrik asal Amerika Serikat ini. 

Adalah Zaiser Motors yang coba memecahkan keterbatasan tersebut. Saat perkenalan perdananya beberapa waktu lalu, perusahaan start up ini mengklaim produknya tersebut sanggup menempuh perjalanan sangat jauh. 

Motor Listrik Zaiser Motors

Zaiser Motors mematahkan keterbatasan sebuah motor listrik dengan durabilitas baterai yang panjang. 

Baterai Dapat Dipakai Sejauh 482,8 Km

Bagaimana tidak. Dengan hanya sekali melakukan pengisian baterai, motor bernama Zaiser Electrocyle disebut dapat berjalan sejauh 482,8 km. Dengan jarak tersebut, motor listrik bertampang cruiser ini dapat diajak melakoni perjalanan Jakarta-Semarang, plus menyambangi ke beberapa landmark di sana.    

Rasanya, kapabilitas cruiser listrik Zaiser ini belum dapat ditemui pada motor-motor niremisi lainnya. In wajar, mengingat dirinya dibekali baterai dengan kapasitas besar yaitu 17,3 kWh. Sekalipun bertampang konservatif, Electrocycle nyatanya menggendong baterai model swap yang bisa dibongkar-pasang. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga: Tertangkap Uji Jalan, Skuter Listrik BMW bakal Rilis Sebentar lagi

Baterai Motor Listrik Zaiser Motors

Electrocycle punya swappable batery berbentuk unik. 

Pengisian Baterai via Listrik Rumahan

Electrocycle bahkan menyediakan kemudahan ihwal pengisian ulang daya baterai. Metode pertama adalah fast charging, di mana baterai akan terisi dari 0-80% hanya dalam waktu 40 menit saja. Jika pun harus mengisinya dari listrik rumahan, perlu waktu 8 jam untuk membuat baterai motor listrik ini terisi penuh (0-100%). 

Disebutkan pula jika motor ini bisa menjangkau kecepatan tertinggi mencapai 193 kpj. Sisi menarik cruiser listrik Electrocycle pun terletak bukan saja perawakan. Selain punya desain bak cruiser ikonik asal Amerika, dia memiliki jarak sumbu roda jauh lebih panjang dari motor kebanyakan. 

Penggerak roda 2WD Zaiser Motors

Lantaran wheelbase yang sangat panjang, Electrocycle dipasangi penggerak 2WD.

Baca juga: BS Electric, Motor Listrik Buatan Indonesia Ini lebih Murah dari Honda Beat dkk!

Dilengkapi Penggerak 2WD

Perancangan demikian dilakukan untuk mengakomodasi baterai yang besar tadi. Oleh karena itu pula pihak produsen menyiasatinya dengan penambahan berupa sistem penggerak 2WD (two wheel drive). Masing-masing penggerak bekerja dengan komposisi 90% untuk penggerak roda belakang dan 10% untuk roda depan. 

Faktanya pula motor listrik ini punya fitur yang bertolak belakang dengan desain klasiknya. Bisa dilihat dari sistem penerangan serba LED-nya. Lalu, panel meter yang jua sepenuhnya digital. Kecanggihan terlihat pada layar berukuran besar tersebut. Selain infotrmasi dasar, ada penambahan semacam navigasi, konektivitas gawai hingga sensor-sensor pendukung keselamatan berkendara. 

Fitur Motor Listrik Electrocycle

Selain kaya akan fitur, panel meter Electrocycle unik sekaligus futuristik

Baca juga: Calon Motor Sport Listrik Benelli Dipamerkan, Performa Setara Motor 600 Cc!

Sayang, belum ada pengungkapan dari dari pihak Zaiser Motors terkait harga jual. Jelas banderol cruiser listrik Electrocycle bakal diumumkan saat peluncuran resmi yang diperkirakan berlangsung antara akhir tahun 2021 atau awal 2022 nanti.     
 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });