window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tertangkap Uji Jalan, Skuter Listrik BMW bakal Rilis Sebentar lagi

Ary · 18 Mei, 2021 17:00

Kehadiran skuter listrik BMW Motorrad mendekati kenyataan. Kendaraan niremisi asal Jerman tersebut diyakini bakal rilis sebentar lagi. Hal ini diperkuat, setelah produk bernama BMW CE 04 tertangkap tengah melakukan uji jalan. 

Skuter Listrik BMW Motorrad 2021

Belum lama ini skuter listrik BMW Motorrad melakukan pengujian di jalan umum.

Sebagaimana penyajian dari Decoches.blogspot.com berikut, penampakan yang diperkirakan sebagai bentuk pra produksi ini tak berbeda jauh dengan konsep awal motor listrik BMW CE 04. Sekilas, desainnya merujuk kepada BMW C 400 X. Hanya saja, skuter listrik BMW CE 04 punya dimensi sedikit ramping. Ditambah lagi penyajian tempat duduk datar mulai dari depan hingga belakang. 

BMW CE 04 Pakai Suspensi Tunggal 

Keunikan lain dari skuter listrik BMW Motorrad juga terdapat pada shock absorber yang menyokong tubuh belakang. Berbeda dengan C 400 X lewat suguhan suspensi gandanya, BMW CE 04 justru menggunakan peredam kejut tunggal. Ya, tak ubahnya penyajian pada skutik murah seperti Honda Beat atau Yamaha Mio. 

Baca juga: BS Electric, Motor Listrik Buatan Indonesia Ini lebih Murah dari Honda Beat dkk!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

BMW CE 04 Motor Listrik BMW Motorrad

Skuter listrik BMW Motorrad menggunakan suspensi tunggal dengan diameter besar.

 

Bagian bawah suspensi lantas mengikat lengan ayun seperti skutik pada umumnya. Dan, terintegrasi dengan rumah CVT yang menjadi tempat mentranslasikan output ke roda belakang. Sayang, v-belt kepunyaan BMW CE 04 ini tak berpenutup karena berisiko cepat kotor. 

Namun, BMW CE 04 menyajikan perbedaan ihwal spek pada suspensi belakangnya ini. Meski tak ada keterangan detail, jelas sekali bahwa suspensi belakangnya itu memiliki diameter cukup besar. Uniknya lagi, peletakannya pun dibuat miring bak motor-motor sport touring. 

BMW CE 04 2021

Dengan tubuh tak kepalang besar, BMW CE 04 cocok untuk penggunaan di perkotaan.

Baca juga: Masa Depan Cerah Sepeda Motor Listrik Indonesia, Dari Kemudahan Investasi Sampai Keringanan Pajak

Transportasi Perkotaan

Kendati mengejar kenyamanan, BMW CE 04 sepertinya memang hanya diperuntukkan buat penggunaan dalam kota saja. Kami yakin, di bawah jok datarnya tersebut tak ada ruang besar untuk menaruh barang bawaan. Besar kemungkinan, area itu hanya berisikan sepaket baterai dan motor listrik yang menjadi pemasok utama output.

Sayang, belum ada detail lengkap mengenai jenis maupun kapasitas baterai yang digunakan BMW CE 04 ini. Jika pun sekadar dijadikan alat transportasi dalam kota, pengisian baterai BMW CE 04 sudah cukup melalui listrik rumahan.  

Baterai BMW CE 04 2021

BMW CE 04 tampak sedang melakukan pengisian ulang baterai di charging station.

Baca juga: Mengenal Sepeda Motor Listrik Gesits Buatan Indonesia, Berikut Spesifikasinya

Namun, bukan tidak mungkin pemakaian baterai swappable jua diterapkan mereka saat produksi massal BMW CE 04 berjalan. Dengan begitu, pemilik BMW CE 04 tak perlu repot mengisi ulang baterai di charging station - hanya cukup menukarnya saja dengan baterai yang sudah terisi penuh.

Lagi-lagi, tak ada keterangan lebih lanjut menyoal fitur BMW CE 04. Dari foto-foto yang tersedia, hanya terlihat jika motor listrik ini sudah menggunakan sistem penerangan serba LED. Sementara untuk panel meter, sudah sepenuhnya digital. Secara dimensi tampak serupa dengan BMW C 400 X dan sudah dilengkapi fitur konektivitas.   

Fitur Skuter Listrik BMW CE 04 2021

Panel meter skuter listrik BMW CE 04 sudah full digital dan tampaknya dilengkapi dengan konektivitas gawai.

Baca juga : Makin Canggih, BMW C 400 X 2021 Sematkan Teknologi Ride by Wire

Peluncuran BMW CE 04 2021

Melalui tampilan demikian, BMW CE 04 harusnya menggugah buat para motoris. Pertanyaannya, kapan peluncuran BMW CE 04 dilakukan? Ada kemungkinan skuter listrik tersebut melakoni debutnya antara Juni-Agustus 2021. Hal ini senada dengan pernyataan Oliver Zipse, Chairman of the Board of Management of BMW AG, beberapa waktu lalu. 

"BMW Motorrad telah menuju elektrifikasi. Seperti yang terlihat pada BMW CE 04. Ini sangat cocok untuk perkotaan dan kami akan merayakan penayangan perdananya pada musim panas ini. Kami juga akan memperlihatkan lebih banyak lagi apa yang ada di IAA Mobility kepada Anda," kata Oliver. 

 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });