window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

ITS Daftarkan 2 Motor Listrik Baru, Ada Model Scrambler dan Maxi Scooter!

Harry · 5 Okt, 2021 11:00

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang dilibatkan dalam pengembangan motor listrik GESITS, diketahui telah mendaftarkan paten desain motor listrik baru. Bukan hanya 1 melainkan 2 desain sekaligus.

Hal ini diketahui dari daftar Pangkalan Data Kekayaan Intelektual, yang menampilkan kedua motor listrik tersebut. Uniknya kedua motor listrik itu memiliki desain berbeda, yakni bergaya motor scrambler dan maxi scooter.

Baca juga : Motor Listrik Mahal? Viar Q1 Ini Cicilannya mulai Rp700 Ribuan Aja!

ITS Daftarkan 2 Motor Listrik Baru, Ada Model Scrambler dan Maxi Scooter! 01

Ini gambar paten yang didaftarkan ITS.

Untuk motor listrik scrambler, didaftarkan dengan nama DITRIX E-Scrambler tapi bisa saja namanya berganti saat peluncuran. Desainnya ala motor sport klasik yang memiliki kemampuan untuk menjelajah medan off-road ringan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Salah satu cirinya dengan menggunakan ban tapak kasar, yang membungkus pelek jari-jari. Suspensi depan upside down dengan cakram berukuran besar di roda depannya.

Baca juga : Gesits Siapkan Model Baru, Pakai Setang Telanjang Ala Honda BeAT Street Harga Rp 28 Jutaan

Untuk roda belakang terlihat pakai cakram juga. Sistem penggerak nampaknya menggunakan rantai, bukan belt seperti GESITS. Terlihat pada gambar, rantai tadi menggerakkan gir belakang dengan ukuran sangat besar. Terbayang jambakan awal saat akselerasi.

ITS Daftarkan 2 Motor Listrik Baru, Ada Model Scrambler dan Maxi Scooter! 01

Bergaya scrambler dan bisa jadi bahan modifikasi.

Letak motor penggeraknya sendiri berada di belakang baterai, dekat dengan sumbu lengan ayun. Kelebihannya motor penggerak jadi lebih aman dari kotoran dan awet karena tidak ikut bergerak mengikuti pergerakan roda.

Motor ini memiliki lampu depan bulat, spion bar end, tangki bahan bakar dan jok yang dibuat seolah melayang. Area yang biasanya diisi mesin, kini dijejali komponen berukuran besar yang diperkirakan adalah baterainya.

Baca juga : Jalan Panjang Motor Listrik Gesits, Dari ITS Sampai Dikuasai PT WIKON Sepenuhnya

Produk selanjutnya adalah maxi scooter yang didaftarkan dengan nama SACH I-Durrant Electric Maxi Scooter. Desainnya nampak gambot ala skutik premium macam Honda PCX 160 2022 atau Yamaha Nmax 155 2022.

ITS Daftarkan 2 Motor Listrik Baru, Ada Model Scrambler dan Maxi Scooter! 02

Motor listrik bergaya maxi scooter, cakep gak?

Memiliki lekuk bodi yang tegas, terutama pada bagian depan. Desain lampu nampaknya sudah LED dengan lensa projector. Memiliki windshield tinggi serta spion model tanduk. Namun sepintas jadi terlihat mirip dengan bentuk BMW C400 GT.

Letak lampu sein berada di tepian bodi depan, agak ke bawah, terpisah dari lampu utama. Dek motor terpisah yang perkiraan kami bagian ini menjadi letak baterai, sehingga bisa memiliki bagasi yang luas.

Baca juga : Motor Listrik TVS iQube Bakal Masuk Indonesia, Harga Gak Sampai Rp20 Juta

Area pijakan kaki juga luas, pengendara akan bisa leluasa mengatur posisi kaki, mau sigap atau selonjoran agar lebih santai. Bodi belakangnya cenderung minim lekukan. Serta jok model tandem, namun bagian pembonceng dibuat lebih tinggi.

Untuk motor penggerak, dari adanya komponen semacam CVT pada motor matic, nampak pakai model terpisah, bukan menyatu dengan tromol roda belakang. Untuk penyaluran tenaga kemungkinan besar menggunakan belt.

ITS Daftarkan 2 Motor Listrik Baru, Ada Model Scrambler dan Maxi Scooter! 03

Motor listrik GESITS dengan setang telanjang.

Baca juga : Beli Motor Listrik United T-1800 Bisa Kredit, Cicilan Cuma Rp 700 Ribuan Loh

Belum diketahui pasti apakah motor ini akan menjadi produk kedua dan ketiga dari GESITS, atau justru menjadi merek baru lagi. Sebelumnya juga gambar paten model terbaru GESITS dengan setang telanjang sudah muncul.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });