window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jadi Penunjang Kenyamanan, Perhatikan Juga Perawatan Jok Motor

Ilham · 31 Jan, 2023 17:30

Jadi Penunjang Kenyamanan, Perhatikan Juga Perawatan Jok Motor 01

Perawatan jok motor mudah dilakukan
  • Jok motor sering dibiarkan tak terawat.
  • Banyak faktor yang bikin jok rusak.

Bertugas langsung sebagai tempat duduk pengendara dan penumpang motor, jok motor sejatinya punya fungsi penting. Karena kenyamanan berkendara pun juga dipengaruhi oleh kondisi jok tersebut. 

Sehingga untuk menjaga kenyamanan dan kondisinya, jok juga perlu diperhatikan perawatannya. Seperti tips merawat jok motor dari Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu). Seperti apa?

Baca Juga: Bikin Nyaman Jok Motor Bisa Tambahkan Busa Latex, Siapkan Biaya Segini

Perhatikan Lokasi Parkir Motor

Salah satu 'musuh' dari lapisan kulit jok motor adalah cuaca. Parkir di tempat terbuka membuat motor terkena panas serta hujan dan dapat berdampak buruk jika terjadi secara terus menerus. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Jadi Penunjang Kenyamanan, Perhatikan Juga Perawatan Jok Motor 01

Usahakan parkir di tempat teduh

Karena jika terlalu sering terkena panas dan hujan membuat jok mudah rusak seperti kaku dan robek. Selain efek dari cuaca, terdapat beberapa faktor lain yang dapat dengan mudah merusak jok motor seperti cakaran kucing. Serta gesekan dari motor lain di parkiran.

Oleh sebab itu ada baiknya untuk dapat memilih parkir yang tertutup yang tidak langsung terkena matahari. Jika tidak ada area parkir yang tertutup, disarankan untuk menggunakan cover jok, atau mencari tempat yang teduh. Sehingga kondisi jok motor lebih awet dan tidak mudah rusak.

Baca Juga: Pentingnya Motor Lakukan Servis 10.000 Km, Banyak Komponen yang Harus Diperiksa!

Rutin Membersihkan Jok

Berbeda dengan bodi dan mesin motor, jok motor jangan terlalu sering dicuci dengan sabun. Hal ini karena efek dari sabun pembersih kurang baik jika terlalu sering terkena jok yang permukaannya berpori.

Jadi Penunjang Kenyamanan, Perhatikan Juga Perawatan Jok Motor 02

Parkir terbuka bikin jok cepat rusak.

Dikhawatirkan jok yang sering terkena sabun pembersih akan membuatnya lebih cepat rusak atau robek. Untuk membersihkan jok, disarankan hanya mengelapnya saja dan bahan yang digunakan yaitu kain lap berbahan micro fiber dan air. 

Jika terdapat noda yang susah dihilangkan, disarankan untuk menggunakan cairan pembersih khusus yang aman terhadap kulit jok.

Perhatikan Barang Bawaan

Jok, terutama bagian belakang juga kerap dipakai sebagai alat angkut barang bawaan. Biasanya sering dilakukan oleh para kurir dan pegawai delivery. Jika tidak dialasi, sebaiknya berhati-hati dalam membawa barang. 

Jadi Penunjang Kenyamanan, Perhatikan Juga Perawatan Jok Motor 03

Jangan berlebihan membawa barang

Jika barang yang dibawa kotor, basah atau memiliki sudut yang tajam pastinya sangat berbahaya bagi jok motor. Selain jok motor kotor, bisa mengakibatkan jok robek. 

Selain itu, berat dari bawaan perlu dipertimbangkan. Karena selain berbahaya bagi diri sendiri, muatan yang berlebihan dapat membahayakan pengendara lain.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });