window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Kecemasan Mick Doohan Soal Balap MotoGP di Mandalika, Bisa Bikin Rider Lupa Kalau Lagi Balapan

Harry · 29 Sep, 2021 13:00

Mich Doohan yang merupakan seorang legenda balap MotoGP memberikan komentar terkait keberadaan Sirkuit Mandalika, yang masuk daftar kalender sementara musim balap 2022. Bukan komentar negatif, tapi justru sebaliknya.

Pria Australia itu mengatakan jika akan ada banyak pembalap MotoGP yang lupa, jika mereka sedang balapan. Ini lantaran pemandangan mengagumkan disekeliling sirkuit yang berada di Lombok tersebut.

Kecemasan Mick Doohan Soal Balap MotoGP di Mandalika, Bisa Bikin Rider Lupa Kalau Lagi Balapan 01

Mich Doohan (kanan) kagum dengan pemandangan sekitar Sirkuit Mandalika.

"Karena konsep Sirkuit Mandalika ini bisa dibilang wisata balapan, jadi di sini pembalap, penonton dan semua yang terlibat dalam MotoGP Mandalika, bisa menikmati suasana konsep sirkuit yang menempel dengan pantai," katanya dikutip dari themandalikagp.com.

Baca juga : Melihat Teknologi Pengereman MotoGP, Tahan Panas Tapi Umur Pakai Singkat

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Tak hanya pemandangan alamnya yang menggoda, namun layout sirkuit disebutnya menantang. Seri balap di Mandalika, berpotensi menghadirkan aksi-aksi terbaik dari para rider.

"Setelah melihat simulasi lintasan dan lay out sirkuitnya, ini sangat hebat. Ini adalah lincasan cepat yang artinya balapan akan hebat dan menarik," ujarnya.

Kecemasan Mick Doohan Soal Balap MotoGP di Mandalika, Bisa Bikin Rider Lupa Kalau Lagi Balapan 01

Master plan pembangunan Sirkuit Mandalika.

Pemegang juara dunia MotoGP 1994-1998 itu juga menilai, perubahan akan terjadi dengan cepat dari satu titik ke titik lainnya, artinya balapan akan berlangsung ketat dan pemenang ditentukan pada lap terakhir.

Promosi Positif

Dikutip dari Antara, penyataan Doohan terkait Sirkuit Mandalika merupakan promosi gratis dan positif, seperti disampaikan Happy Harinto, Direktur Strategi & Komunikasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Menurutnya, keunggulan Mandalika yang dikelilingi pantai selatan Lombok dengan pasir putih memang tidak dimiliki sirkuit lain di dunia. "Jadi pernyataan Doohan itu kampanye yang baik bagi Indonesia," ucap Happy.

Baca juga : MotoGP : Andalkan Motor tua, Bastianini Sukses Finish Ketiga dan Asapi Marquez di San Marino

Kecemasan Mick Doohan Soal Balap MotoGP di Mandalika, Bisa Bikin Rider Lupa Kalau Lagi Balapan 02

Pembangunan Sirkuit Mandalika terus dikebut.

Pria ini juga menjelaskan, meski merupakan sirkuit baru, namun pembangunannya menjadi salah satu yang tercepat. "Kenapa begitu? Karena ini untuk meningkatkan pariwisata, khususnya olahraga otomotif di Indonesia," pungkasnya.

Masuk Kalender Balap

Meski saat ini pembangunan sirkuit belum rampung 100%, namun Sirkuit Mandalika sudah masuk dalam kalender balap. Sebelum MotoGP, sirkuit satu ini sudah akan menggelar seri penutup balap World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021 mendatang.

Baca juga : Jadwal MotoGP 2022 Bocor! Sirkuit Mandalika Jadi Tuan Rumah Seri Kedua

Sebelumnya, pada 12-14 November Sirkuit Mandalika juga akan menjadi lokasi seri terakhir Asia Talent Cup (ATC). Lalu bagaimana dengan balap MotoGP yang sudah lama dinanti-nantikan untuk dihelat di Indonesia?

Kecemasan Mick Doohan Soal Balap MotoGP di Mandalika, Bisa Bikin Rider Lupa Kalau Lagi Balapan 03

Sirkuit Mandalika akan jadi lokasi tes pramusim MotoGP 2022.

Sirkuit Mandalika sendiri akan menjadi lokasi tes pramusim tim-tim MotoGP yang rencananya digelar pada 11-13 Februari 2022 mendatang. Dari jadwal balap sementara tahun 2022, Sirkuit Mandalika akan menggelar balapan seri MotoGP pada 20 Maret 2022.

Baca juga : MotoGP: Rossi Punya Penerus, Anak Didiknya Naik ke Tim Pabrikan Yamaha

Sirkuit Mandalika sendiri memiliki nama resmi Mandalika International Street Circuit (MISC). Dengan memiliki total 17 tikungan, 6 tikungan kiri dan 11 tikungan kanan, serta panjang sirkuit mencapai 4,3 km.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });