window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Kenalkan Moxiao 500RR, Motor Sport Tiongkok Yang Jiplak Habis Ducati Panigale

Harry · 27 Apr, 2021 20:00

Tak sekali dua kali pabrikan motor asal Tiongkok meniru desain dari motor-motor terkenal di dunia. Tentu saja langkah meniru ini karena mereka tak mau repot mendesain dan ingin langsung mendapat respon dari kalangan pengguna sepeda motor.

Terbaru ada Moxiao 500RR, yang merupakan motor tipe sport full fairing dengan desain yang menjiplak habis Ducati Panigale. Ducati Panigale sendiri merupakan salah satu motor yang diidam-idamkan banyak orang.

Kenalkan Moxiao 500RR, Motor Sport Tiongkok Yang Jiplak Habis Ducati Panigale 01

Moxiao 500RR, Ducati Panigale dari Cina.

Namun harganya dibanderol cukup tinggi dan tak semua kalangan bisa memiliki motor sport asal Italia tersebut. Bisa jadi Moxiao 500RR ini hadir sebagai alternatif dengan harga lebih murah.

Seperti apa sosok motor ini?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Scrambler dan Streetfighter V4 Laris, Ducati Sukses Jual 48.042 Unit Motor Tahun Lalu

90% Ducati Panigale

Nampak sangat jelas jika Moxiao 500RR ini terinspirasi dari Ducati Panigale. Tak hanya bentuknya, tapi juga penerapan warna yang digunakan, merah khas Ducati.

Bahkan tata letak merek dan jenis sepeda motor dibuat persis dengan Ducati Panigale. Lihat saja tulisan Moxiao Motor pada fairing, font huruf yang dipakai persis tulisan Ducati Corse pada motor aslinya.

Kenalkan Moxiao 500RR, Motor Sport Tiongkok Yang Jiplak Habis Ducati Panigale 01

Tampak depan dan belakang sangat Ducati sekali.

Secara tampilan, bisa dikatakan motor ini 90% sama dengan Ducati Panigale. Mulai dari fascia depan dengan lampu gandanya, ini persis dengan Ducati Panigale 959.

Kemudian sebagian pipa knalpot yang dibuat menerobos fairing sisi kanan, hingga letak knalpot under belly. Jangan lupakan letak suspensi belakang yang berada di samping kiri motor, dengan posisi horizontal.

Buritan yang meninggi dengan sepasang lubang udara ala Ducati Panigale, tak ketinggalan ditiru. Tentu saja motor tiruan ini juga memiliki tampak belakang yang indah, dengan lampu belakang ganda yang menyudut.

Baca juga : Duh Kebiasaan Nih, Giliran Honda Vario 125 dan Vario 150 Dijiplak Habis-Habisan di Tiongkok

Kenalkan Moxiao 500RR, Motor Sport Tiongkok Yang Jiplak Habis Ducati Panigale 02

Desain keren ala Ducati Panigale.

Cukup sampai disitu? Belum, Anda bisa melihat desain pelek multi spoke yang digunakan. Dan penggunaan lengan ayun tunggal, membuatnya benar-benar mirip Ducati Panigale.

Detail Rapi

Ya meski motor ini punay bentuk yang menjiplak Ducati Panigale, urusan detail komponen patut diacungi jempol. Warna dan kualitas komponen terlihat kokoh dan tak berkesan murahan, seperti banyak motor asal Tiongkok lainnya.

Kemudian fitur yang diberikan juga terhitung lengkap, seperti panel meter digital, suspensi depan upside down, suspensi belakang model tabung dengan setelan sampai pijakan kaki berbahan alumunium.

Kenalkan Moxiao 500RR, Motor Sport Tiongkok Yang Jiplak Habis Ducati Panigale 03

Handle kopling hidrolis dari Brembo.

Yang tak kalah menarik, Moxiao 500RR juga menggunakan komponen ternama seperti Brembo untuk master rem dan handle rem juga handle kopling. Kemudian tersedia pula USB port dan steering damper untuk menjaga kestabilan setang.

Baca juga : Pesaing Honda CBR250RR Siap Meluncur, Jual Tampang ala Ducati Panigale V2 

Performa Lumayan

Menariknya meski motor ini meniru habis Ducati Panigale, output yang mampu dihasilkan tak malu-maluin. Mengandalkan mesin 4-tak, DOHC dan pendingin cairan, tenaga maksimal bisa mencapai 47,6 PS pada 8.500 rpm serta torsi 43 Nm di 7.000 rpm.

Berdasarkan data spesifikasi dan output mesinnya, tenaga yang dihasilkan motor ini setara dengan mesin 500 cc Honda seperti yang terpasang pada Honda CB500R, CBR500, CB500X atau pun Rebel 500.

Kenalkan Moxiao 500RR, Motor Sport Tiongkok Yang Jiplak Habis Ducati Panigale 04

Leher knalpot yang menembus fairing identik dengan Ducati Panigale.

Menurut klaim pabrikan, Moxiao 500RR ini bisa mencapai 100 km/jam dari posisi diam hanya dalam waktu kurang dari tujuh detik. Kecepatan maksimal yang bisa diraih diangka 160 km/jam.

Kesimpulan

Banyak pabrikan motor asal Cina yang meniru motor-motor ternama dan diimpikan banyak orang. Hal ini tentu jadi perdebatan dan sang pemilik desain asli tentunya tak senang produknya dijiplak habis-habisan.

Baca juga : Jiplak Habis-Habisan, Dayang Bikin Kembaran Honda ADV 150 Pakai Teknologi Hybrid dan Kamera Ganda

Kenalkan Moxiao 500RR, Motor Sport Tiongkok Yang Jiplak Habis Ducati Panigale 05

Moxiao 500RR tersedia hanya untuk pasar Cina saja.

Meski secara detail dan bentuk nampak bagus, kualitas motor-motor asal Cina tersebut masih perlu pembuktian lebih lanjut. Mereka berani membekali motor buatannya dengan desain cantik dan fitur berlimpah.

Motor dengan desain menyontek tadi, umumnya hanya dipasarkan untuk pasar lokal Cina saja. Maka kecil kemungkinan motor tiruan Ducati Panigale ini masuk Indonesia, kecuali Anda nekat memesannya lewat importir umum.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });