Jiplak Habis-Habisan, Dayang Bikin Kembaran Honda ADV 150 Pakai Teknologi Hybrid dan Kamera Ganda

Harry · 11 Jan, 2021 16:35

Pola amati, tiru dan modifikasi kerap dilakukan beberapa pabrikan otomotif asal Tiongkok, tidak hanya mobil tapi juga dilaukan pabrikan sepeda motor asal negara tirai bambu tersebut. Terbaru ada Dayang yang menjiplak habis Honda ADV 150 2021.

Bukan hanya desain tapi juga sampai namanya dibuat sama persis, Dayang ADV 150. Entahlah, mungkin karena pemain skutik bergaya petualang di Cina sana belum ada dan Honda tak menjual ADV 150 secara resmi, jadi Dayang melihat ada peluang pasar.

Dari penampilan, Anda yang sering melihat atau bahkan memiliki Honda ADV 150 pasti akan tersenyum-senyum melihatnya. Ya karena garis desainnya terlihat sama dengan jenama asal Jepang tersebut.

Jiplak Habis-Habisan, Dayang Bikin Kembaran Honda ADV 150 Pakai Teknologi Hybrid dan Kamera Ganda 01

Sosok Dayang ADV 150 yang mirip dengan Honda ADV 150 2021.

Seperti fascia depan dengan windscreen adjustable, lekuk bodi yang tegas dan kokoh, bentuk dashboard, bentuk pelek, seperti tak ada beda. Kecuali jika dilihat dari samping, Dayang ADV 150 memiliki paruh bebek sebagai ciri khas motor petualang.

Lantas desain buritan juga berbeda, karena Dayang membuat terlihat lebih tipis dengan ukuran penerangan belakang yang juga tipis dengan LED yang menyala seperti sayap mengembang.

Jiplak Habis-Habisan, Dayang Bikin Kembaran Honda ADV 150 Pakai Teknologi Hybrid dan Kamera Ganda 01

Panel instrumen Dayang ADV 150 yang tampilkan hasil dari dua kamera.

Fitur dan Teknologi Dayang ADV 150

Seperti halnya pabrikan Cina lainnya, Dayang ADV 150 punya fitur dan teknologi yang sangat canggih. Paling menarik adalah kamera di depan dan belakang, yang bisa melihat dan merekam selama perjalanan, seperti dashcam pada mobil.

Penampilan dari kedua kamera tersebut ditayangkan lewat laya panel instrumen yang juga sudah HD. Uniknya, tayangan kamera tadi tak menggusur ragam informasi pada panel instrumen.

Urusan peneragan depan, Dayang ADV 150 sudah LED dengan empat buah projector. Bhakan dijejali juga dengan LED DRL berhimpitan dengan lampu sein yang menyerupai alis.

Jiplak Habis-Habisan, Dayang Bikin Kembaran Honda ADV 150 Pakai Teknologi Hybrid dan Kamera Ganda 02

Kamera depan Dayang ADV 150.

Seluruh tombol di area setang juga sudah punya lampu iluminasi, dengan tombol navigasi untuk mengatur layar panel instrumen. Kedua handel juga sudah memiliki setelan yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

Kaki-kaki punya spesifikasi yang identik dengan Honda ADV 150 2021 dengan lingkar pelek belang, namun untuk suspensi depan diberi karet pelindung dari debu. Rem cakram ganda dengan ABS (anti-lock braking system) sudah jadi standar.

Jika dibandingkan dengan Honda ADV 150 2021, secara tak langsung skutik Honda tersebut kalah dari sisi penggunaan kamera ganda, handel rem yang bisa disetel serta rem ABS sebagai standar, karena ada Honda ADV 150 versi rem CBS (combi brake system).

Jiplak Habis-Habisan, Dayang Bikin Kembaran Honda ADV 150 Pakai Teknologi Hybrid dan Kamera Ganda 03

Sisi samping Dayang ADV 150.

Performa Mesin Hybrid Dayang ADV 150

Berbekal jantung mekanis 150 cc pendingin cairan SOHC 4 katup, Dayang ADV 150 dibekali teknologi yang disebut Vi-Core. Mesin ini punya output mencapai 16 Hp pada 8.500 rpm dan torsi mencapai 14,6 Nm pada 6.500 rpm. Lumayan juga ya?

Apalagi mesin ini juga dibekali teknologi Dayang Hybrid Power. Teknologi ini punya cara kerja yang mirip Honda PCX Hybrid, dengan memanfaatkan ACG Starter untuk membantu torsi awal saat motor berakselerasi.

Melirik Honda ADV 150 2021, bisa dikatakan performa Dayang ADV 150 lebih baik. Pasalnya keluaran tenaga Honda ADV 150 dengan mesin eSP, hanay dikisaran 14,3 Hp pada 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm di 6.500 rpm.

Jiplak Habis-Habisan, Dayang Bikin Kembaran Honda ADV 150 Pakai Teknologi Hybrid dan Kamera Ganda 04

Desain Honda ADV 150 dijiplak habis Dayang Motorcycle.

Kesimpulan

Yang namanya meniru biasanya memang memberikan fitur dan teknologi lebih canggih. Namun model yang ditiru akan memiliki build quality lebih baik. Dan untungnya Dayang Motorcycle tak ada di Indonesia, jadi ADV 150 versi Tiongkok tak bisa dibeli, kecuali Anda mendatangkan sendiri lewat importir umum.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

Komentar