window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Keren Mana Sama Aslinya? Ini Dia Jiplakan Husqvarna Vitpilen Dari Cina

Harry · 27 Jul, 2021 18:00

Seakan-akan tak ada habisnya ulah pabrikan motor asal Cina yang meniru model-model motor yang sudah eksis. Mungkin merek Tiongkok ini masih kurang percaya diri dengan desain in house mereka, sehingga meniru desain yang sudah ada.

Kali ini giliran Husqvarna Vitpile yang menjadi korban dijiplak sama pabrikan Feiken atau dikenal juga dengan FK Motor. Model Feiken TT250 benar-benar dibuat mirip dengan kuda besi asal Swedia itu.

Baca juga : Bangun Pabrik Baru, Bajaj Siap Rakit KTM, Triumph dan Husqvarna Sekaligus

Keren Mana Sama Aslinya? Ini Dia Jiplakan Husqvarna Vitpilen Dari Cina 01

Feiken TT250 punya desain mirip Husqvarna Vitpilen.

Dituliskan Greatbiker, Feiken menghadirkan motor barunya ini pada ajang Beijing Motor Show 2021. Baik Husqvarna Vitpile dan Feiken TT250 merupakan motor stret roadster yang memadukan desain retro modern.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Tapi menurut kalian kerenan yang versi asli atau tiruannya? Yuk simak detail selengkapnya.

Baca juga : Daftar Motor Cina Yang Sempat Eksis di Indonesia, Ada Sanex, Jialing Sampai Zhongshen

Detail Terlihat Sederhana

Ya tentu saja versi asli selalu lebih baik dari jiplakannya. Misalnya kualitas bodi dan lekukannya, Feiken TT250 nampak terlalu sederhana dan polos, juga panel bodinya terlalu banyak.

Keren Mana Sama Aslinya? Ini Dia Jiplakan Husqvarna Vitpilen Dari Cina 01

Husqvarna Vitpile 250 yang asli.

Sementara Husqvarna Vitpilen menawarkan warna matte yang membuat kesan elegan pada bodinya. Garis warna cerah pada tepian bodinya juga seakan memberi gambaran siluet bentuk dari motor ini.

Kemudian rangka yang digunakan pun berbeda, di mana Feiken TT250 lebih ringkas dan agak disembunyikan di balik bodinya. Padahal Husqvarna Vitpilen seakan-akan sengaja menonjolkan rangka tralis miliknya dan memberi kesan berotot.

Baca juga : Ada Yang Mau Kawasaki Z1000 Versi Hemat? Ini Dia Dayun Chi 302 Asal Tiongkok

Fitur Kekinian

Merek asal Tiongkok biasanya menawarkan fitur canggih nan kekinian, begitu pula dengan Feiken TT250. Panel meter bulat sudah full digital mengisi area setang kemudinya.

Keren Mana Sama Aslinya? Ini Dia Jiplakan Husqvarna Vitpilen Dari Cina 02

Feiken TT250 debut di Beijing Motor Show 2021.

Suspensi depan upside down, rem cakram dikedua roda, lampu-lampu full LED, knalpot underbelly dan yang paling mencuri perhatian adalah lengan ayun tunggal, atau biasa disebut dengan single side swingarm.

Mesin Bandel?

Durabilitas mesin terkadang menjadi masalah serius untuk banyak merek asal Cina. Dan nampaknya pengguna Feiken TT250 ini tak perlu khawatir, karena mesinnya mencomot dari Zhejiang Chungfeng.

Baca juga : CFMoto 800MT 2022, Motor Adventure Tiongkok Canggih Andalkan Mesin KTM 790

Perusahaan tersebut merupakan sister company dari CFMoto, yang sudah banyak malang melintang menjalin kerjasama dengan KTM. Secara tak langsung, mesin buatannya bisa diandalkan.

Keren Mana Sama Aslinya? Ini Dia Jiplakan Husqvarna Vitpilen Dari Cina 03

Sayangnya tak ada info soal harga untuk motor yang dijual akhir tahun 2021 mendatang.

Mesin piston tunggal milik Feiken TT250 ini berkapasitas 249 cc yang mampu menghasilkan tenaga 28,3 PS di 9.750 rpm dengan kawalan torsi mencapai 21,7 Nm di 7.500 rpm.

Husqvarna Vitpilen sendiri juga tersedia dalam versi mesin 250 cc. Spesifikasi mesin yang diusungnya pun identik dengan Feiken TT250. Namun dipastikan jika mesin yang digunakan berasal dari dua pabrikan berbeda.

Baca juga : Bergaya Ala Superbike, Ini Dia Finja 500 Tiruan Kawasaki Ninja ZX-10R Dari Tiongkok

Kesimpulan

Feiken sendiri merupakan pemain sepeda motor paling baru di Cina. Kehadirannya pada salah satu pameran otomotif terbesar di Tiongkok, seakan-akan memberi sinyal kehadiran mereka untuk pasar setempat.

Keren Mana Sama Aslinya? Ini Dia Jiplakan Husqvarna Vitpilen Dari Cina 04

Panel meter full digital.

Hanya saja yang disayangkan bentuk motornya meniru desain dari pabrikan lain, meski tidak 100% identik. Padahal untuk informasi kalian, kalau mobil merek Cina yang menjiplak desain, sudah mulai ditinggalkan oleh konsumen.

Baca juga : Duh Kebiasaan Nih, Giliran Honda Vario 125 dan Vario 150 Dijiplak Habis-Habisan di Tiongkok

Ini bisa jadi sinyal buruk bagi pemain baru seperti Feiken. Tentu ada baiknya mereka menggunakan desain yang 100% dikembangkan sendiri, yang akan sangat membantu dalam membentuk identitas brand mereka.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });