window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Langen Two Stroke, Kala Motor Bermesin 2-Tak Modern Menjinakkan Emisi Euro 5

Harry · 5 Jul, 2021 16:00

Meski masa-masa keemasaan mesin 2-tak telah lewat, namun Langen Motorcycle, pabrikan asal Inggris, kembali menghidupkan motor bermesin 2-tak. Hebatnya, motor tersebut berhasil menjinakkan standar emisi Euro 5 loh!

Langen Two Stroke, Kala Motor Bermesin 2-Tak Modern Menjinakkan Emisi Euro 5 01

Langen Two Stroke bergaya cafe racer dijual terbatas.

Langen Two Stroke dihadirkan bukan untuk penggunaan jalan umum, karena mesin 2-tak sendiri sudah dilarang di Inggris sana. Apalagi jika bukan karena masalah regulasi emisi dan kebisingan mesin. Makanya motor ini dijual terbatas.

Langen Two Stroke sendiri merupakan motor berjenis cafe racer, dengan bobot hanya 112 kg saja. Tampilannya yang unik, layaknya sebuah motor custom yang telah menjalani modifikasi besar-besaran.

Baca juga : Nostalgia Dulu, Ini Deretan Motor Ayam Jago Bermesin Rebah Yang Sempat Hadir di Indonesia

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Injeksi Langsung

Sesuai namanya, Langen Two Stroke mengandalkan mesin 2-tak, V-twin 90 derajat dengan kapasitas 249,5 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 81 PS pada putaran mesin 11.700 rpm.

Tentu yang membuat bingung adalah, kenapa mesin 2-tak Langen Motorcycle bisa lolos emisi Euro 5. Jawabannya ada pada teknologi direct injection yang digunakan pada mesin tersebut.

Baca juga : Bukan Cuma Honda Revo X 2021, Ini Daftar Motor Bebek Rp16 Jutaan Yang Kuat Disiksa

Langen Two Stroke, Kala Motor Bermesin 2-Tak Modern Menjinakkan Emisi Euro 5 01

Mesin V-twin 2-tak buatan Vins yang dipakai Langen Two Stroke.

Dari situs resminya, bahan bakar dan oli samping yang disuntikkan menuju ruang bakar diatur secara elektronik, sehingga campuran keduanya lebih presisi serta sesuai kebutuhan mesin. Intake hanya untuk saluran udara saja.

Teknologi tersebut dikembangkan oleh Vins Motors di Italia. Vins sendiri sebelumnya sempat membuat motor balap mesin 2-tak yang terinspirasi dari ajang balap Isle of Man TT 250.

Baca juga : Cocok Untuk Nostalgia, Simak 4 Motor Bebek Bergaya Klasik Yang Dijual di Indonesia

Tak hanya pengaturan elektronik suplai bahan bakar dan oli samping, mesin ini juga sudah menerapkan counter rotating crankshaft. Putaran mesin berlawanan arah jarum jam, untuk membuat handling ringan dan  lincah.

Langen Two Stroke, Kala Motor Bermesin 2-Tak Modern Menjinakkan Emisi Euro 5 02

Langen Two Stroke banyak pakai bahan eksotis.

Dan Anda tahu siapa insinyur yang merancang mesin ini? Sebuah tim yang berisikan ahli mesin yang sebelumnya bekerja di Ferrari. Baik Ferrari dan Vins sama-sama bermarkas di Maranello, Italia.

Detail Istimewa

Mesin istimewa dipadukan dengan detail istimewa pula. Langen Two Stroke dibangun menggunakan rangka berbahan alumunium. Lengan ayunnya dibuat di Wigan, Inggris yang juga dari alumunium.

Baca juga : Honda Supra X 125 dan Sejenisnya Mulai Dilupakan, Simak Keunggulan Motor Bebek Dibandingkan Skutik

Langen Two Stroke, Kala Motor Bermesin 2-Tak Modern Menjinakkan Emisi Euro 5 03

Langen Two Stroke andalkan mesin injeksi langsung.

Bahan carbon fiber menjadi andalan untuk membuat bobot motor yang ringan tanpa mengorbankan kekuatan. Bahan ini digunakan untuk meracik tangki bahan bakar dan panel bodi motor.

Suspensi depan andalkan Ohlins dengan diameter tabung 43 mm tipe teleskopik. Lantas peredam kejut belakang mempercayakan KTech yang bisa diatur setelan preload dan rebound-nya.

Baca juga : Siap-Siap, Motor Listrik Yadea Andalan Vin Diesel Segera Hadir di Indonesia

Langen Two Stroke, Kala Motor Bermesin 2-Tak Modern Menjinakkan Emisi Euro 5 04

Tampak belakang Langen Two Stroke.

Pengereman mengandalkan cakram dari Brembo ukuran 300 mm, yang dijepit kaliper Hel untuk depan dan belakang. Lantas untuk melapisi pelek jari-jari mempercayakan ban Dunlop TT100 ukuran 120/70-17 dan 150/60-17.

Baca juga : Bakal Jadi Armada Ojek Online, Ratusan Motor Listrik Gesits Dikirim ke Senegal

Meski berhasil memenuhi standar emisi Euro 5, Langen Two Stroke ini dijual terbatas, hanya 100 unit saja. Karena terbatas dan banyak komponen eksotis, tak heran jika harganya mencapai 28 ribu poundsterling atau sekitar Rp 560 jutaan.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });