window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

MotoGP: Lanjutkan Tren Positif, Bagnaia Kembali Menang di MotoGP Misano

Ary · 19 Sep, 2021 21:25

Tren positif Francesco Bagnaia masih berlanjut. Setelah menorehkan kemenangan pertama di MotoGP Aragon, pembalap Mission Winnow Ducati menorehkan kembali pencapaian serupa di MotoGP Misano (19/9). 

Peluang Bagnaia untuk menang di putaran ke-14 ini sejatinya sudah terlihat sejak kualifikasi (18/9). Tak sekadar meraih pole position. Pasalnya, lap time yang dibuat kali itu juga tercatat sebagai rekor baru Misano World Circuit Marco Simoncelli. 

Bagnaia Juara MotoGP Misano 2021

Bagnaia meraih kemenangan keduanya di MotoGP Misano. 

Baca juga: MotoGP: Bagnaia Rebut Pole Position MotoGP Misano

Tak berhenti di situ. Determinasi pengguna nomor 63 juga tersaji sejak balapan dimulai. Lepas lampu merah padam, Bagnaia mampu mengambil posisi terdepan sebelum tikungan pertama sirkuit. Berkat itu pula, dirinya leluasa melepaskan diri dari kerumunan pembalap lain. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Selain set up motor yang sempurna, pemilihan ban Hard-Soft (depan-belakang) pun mendukungnya untuk melesat sejak lap pertama. Berkat gigitan ban yang maksimal itu pula, Bagnaia berhasil memberikan gap sangat jauh dengan pembalap kedua yaitu Jack Miller.

Sayang, rekan setim Bagnaia tak mampu mempertahankan peluang untuk mengamankan podium kedua. Di lap ke-14, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang datang dari posisi ketiga, berhasil melakukan overtake terhadap Miller. 

Sejak pertengahan balapan inilah Quartararo berupaya memperbaiki waktu putarannya. Strategi untuk mengejar Bagnaia berjalan mulus berkat ban yang dipilih. Pada kondisi tersebut, kompon ban belakang medium yang dipakai Quartararo jelas punya durabilitas lebih baik ketimbang kepunyaan Bagnaia. 

Enea Bastianini MotoGP Misano

Rookie MotoGP, Enea Bastianini mengisi podium ketiga MotoGP Misano.

Baca juga: MotoGP: Rossi Punya Penerus, Anak Didiknya Naik ke Tim Pabrikan Yamaha

Benar saja, gap kedua pembalap yang tadinya mencapai 2,7 detikan pun terus terpangkas. Bahkan di 5 lap terakhir, Quartararo sudah mampu memberikan gap di bawah 1 detik. Walau begitu, Bagnaia masih dapat mempertahankan kedudukannya hingga bendera finish berkibar. 

Alhasil, Bagnaia tampil sebagai pemenang dan Quartararo harus puas finish kedua di MotoGP Misano. Kendati begitu, Quartararo masih kokoh di puncak klasemen dengan perolehan 234 poin. Sementara Bagnaia berada di urutan kedua dengan selisih 48 poin. 

Kejutan Rookie di MotoGP Misano

Walau begitu, Bagnaia bukanlah satu-satunya pembalap Ducati yang memarkirkan Ducati Desmosedici di parc ferme MotoGP Misano 2021. Ada pula unit  yang tak lain merupakan tunggangan Enea Bastianini. Rookie MotoGP ini tampil mengejutkan sepanjang balapan tadi. 

Setelah start dari grid ke-12, joki Avintia Esponsorama secara bertahap merangsek ke baris depan. Beberapa pembalap seperti Aleix Espargaro (Aprilia Racing), Pol Espargaro (Repsol Honda), Marc Marquez (Repsol Honda) hingga Jack Miller mampu dilewati dan berhasil finish di urutan ketiga. Pencapaian ini juga sekaligus menjadi podium pertama bagi rookie asal Italia.   

Poin Pertama Vinales Bersama Aprilia

Seperti pula dugaan kami sebelumnya, Maverick Vinales berpeluang besar mencetak poin bersama tim barunya (Aprilia Racing). Prababilitas itu ada karena Vinales start dari grid ke-10. 

Namun, jalannnya balapan kurang mulus bagi pembalap Spanyol. Lepas start, posisi Vinales bahkan sempat merosot ke urutan 18. Beruntung dirinya bisa memperbaiki keadaan dan menuntaskan balapan di urutan ke-13. Berkat hasil inilah, Vinales mendapatkan 3 angka yang menjadi poin pertamanya bersama Aprilia. 

Baca juga: MotoGP: Mantap, Vinales Lolos ke Q2 MotoGP Misano!

Hasil MotoGP Misano: 

MotoGP: Lanjutkan Tren Positif, Bagnaia Kembali Menang di MotoGP Misano 02


 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });