window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

MotoGP: Mantap, Vinales Lolos ke Q2 MotoGP Misano!

Ary · 18 Sep, 2021 18:35

Persiapan menjelang MotoGP Misano, Italia semakin menarik. Francesco Bagnaia (Mission Winnow Ducati) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), diprediksi bakal berebut pole position. Namun, kejutan juga dibuat oleh Maverick Vinales bersama tunggangan anyarnya. 

Sejak dimulainya free practice 1 (FP1) kemarin (17/9), pembalap baru Aprilia Racing mengejutkan dengan memimpin catatan waktu tercepat. Memang bukan dalam kondisi ideal lantaran trek dalam kondisi basah.

Maverick Vinales Aprilia Racing MotoGP Misano

Vinales mencatat waktu tercepat di FP1 MotoGP Misano.

Baca juga: Pernah Cetak 3 Kemenangan, Dahaga Marquez bakal Terpenuhi di MotoGP San Marino?

"Saya sangat senang langsung menemukan sensasi yang baik. Setelah pengujian di sini, saya jelas lebih siap daripada di Aragón. Tetapi, kami masih berbicara tentang motor baru dan tim baru. Jadi, kami akan menjaga kaki kami tetap di tanah. Namun, menyenangkan mengetahui bahwa saya memiliki kecepatan bahkan di jalan basah, di mana pada dasarnya saya tidak pernah mengendarai Aprilia," kata Vinales. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

"Kami juga meningkatkan cara kerja kami di garasi. Tim mulai mengenal saya dan mereka memahami perubahan mana yang tepat untuk memenuhi kebutuhan saya. Ini adalah proses dan kami menanganinya dengan tenang tanpa terjebak dalam euforia. Yang saya inginkan adalah konsistensi - untuk menemukan dasar yang baik untuk dikerjakan sehingga kami dapat secara konsisten cepat," paparnya.

Posisi Vinales juga sempat merosot jauh saat FP2 digelar setelahnya. Dengan sebagian aspal lintasan yang sudah kering, mantan pembalap Monster Energy Yamaha hanya berada di urutan 17. Tapi, hal tersebut nyatanya tak mengendurkan semangat Vinales untuk memaksimalkan kemampuannya bersama Aprilia RS-GP. 

Vinales Lolos ke Q2 MotoGP Misano.

Vinales lolos ke fase Q2 MotoGP Misano setelah mencatat lap time tercepat kelima di FP3.

Baca juga: MotoGP : Ada Rekor Yang Dipatahkan Dibalik Keoknya Marquez di MotoGP Aragon Kemarin

Vinales Mencatat Lap Time Tercepat Kelima di FP3

Pada FP3 yang baru saja berlangsung (18/9), pencapaian Vinales naik secara signifikan. Pada latihan ketiga ini, joki asal Spanyol berhasil memberikan gap 0,264 detik saja dari Bagnaia selaku pencatat lap time tercepat (1 menit 31,936 detik). 

Berkat catatan itu, Vinales menempati urutan kelima dan otomatis lolos ke Q2. Berbeda dengan saat debutnya di MotoGP Aragon (Spanyol). Kali ini Vinales akan melakoni kualifikasi MotoGP Misano bersama 9 pembalap tercepat lain di FP3 tadi. 

Kondisi ini tentu saja menguntungkan bagi Vinales. Jika saja bisa memperbaiki lap time di kualifikasi, bukan tidak mungkin Vinales memulai balapan MotoGP Misano dari barisan depan. Walau begitu, tentu saja hal tersebut baru dapat terbukti saat perebutan starting grid hari ini. 

Vinales sendiri memiliki catatan cukup baik di Misano World Circuit Marco Simoncelli. Hingga saat ini, dirinya sudah mencetak empat kali pole position dan satu kemenangan saat musim MotoGP 2020. Ketika masih berseragam Yamaha itu pula, dia mampu mencetak rekor baru di kualifikasi kala itu.

Francesco Bagnaia MotoGP Misano

Bagnaia mendominasi jalannya FP3 MotoGP Misano.

Baca juga: MotoGP: Rossi Punya Penerus, Anak Didiknya Naik ke Tim Pabrikan Yamaha

Peluang Bagnaia Lanjutkan Tren Positif

Namun, perlu diingat pula bahwa Bagnaia berpeluang besar melanjutkan tren positif pasca kemenangan di MotoGP Aragon. Seperti disebutkan tadi, pembalap Ducati berhasil menorehkan lap time tercepat di FP3. Selain itu - di MotoGP 2020, anak didik Valentino Rossi juga pernah mencatat lap time terbaik saat balapan. 

Sementara itu, Rossi dan pencetak tiga kemenangan di Sirkuit Misano lain yaitu Marc Marquez (Repsol Honda), justru akan menjalani terlebih dulu perebutan starting grid dari Q1. Jika mampu menempati urutan 1 dan 2 pada sesi itu, barulah Rossi dan Marquez dapat melanjutkan persaingan ke Q2. Kita tunggu update dari kualifikasi MotoGP Misano malam ini!

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });