window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Motor Bebek Suzuki Ini Pakai Winglet Seperti Motor MotoGP Pacuan Alex Rins

Harry · 31 Agu, 2021 14:30

Penjualan motor bebek memang sudah semakin terkikis oleh skutik, tapi motor bebek tetap punya penggemar fanatik loh. Tak heran kalau pabrikan motor masih tetap menjual dan merilis update untuk motor ini, meski harus menunggu dalam jangka waktu lama.

Terbaru ada Suzuki yang merilis Suzuki Smash FI Next Edition, tapi harap bersabar ya, karena motor ini baru rilis di Thailand sana. Model ini pun ibaratnya facelift dari model Suzuki Smash FI yang dijual di Indonesia saat ini.

Motor Bebek Suzuki Ini Pakai Winglet Seperti Motor MotoGP Pacuan Alex Rins 01

Suzuki Smash FI Next Edition rilis di Thailand.

Kalau dilihat sepintas sih seperti tak ada yang berubah ya, kecuali permainan warnanya. Tapi kalau didekati, ada ornamen bodi yang nonjol keluar macam winglet di tunggangan MotoGP milik Alex Rins.

Jangan bayangkan winglet dengan ukuran besar yang bisa bantu tingkatkan downforce ya! Ya namanya motor bebek 113 cc, larinya pun paling banter 100 km/jam lebih sedikit. Jadi wingletnya ini lebih ke pemanis saja dan dibuat menonjol tipis dari bodi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Terus apa lagi beda dari motor bebek yang dulu sempat berjagon 'Si Gesit Irit' ini?

Baca juga : Kulik Keistimewaan Suzuki Satria Lumba, Sudah Tua masih aja Mahal!

Tampilan Lebih Agresif

Nah ini salah satunya karena ada ornamen yang disebut winglet tadi. Bodi depan jadi agresif dan sedikit lebih lebar, karena ada celah tipis disetiap sisi luar lampu sein depan.

Menariknya, ornamen kisi udara yang pada model sebelumnya ada 2 buah,  kini jadi hanya 1 saja dan itu pun di bagian tengah. Tapi kali ini hanya ornamen saja, karena tidak bolong tuh.

Motor Bebek Suzuki Ini Pakai Winglet Seperti Motor MotoGP Pacuan Alex Rins 01

Bodi depan berubah jadi lebih agresif.

Dan hal unik adalah pada bagian tengah bodi depan, terdapat semacam ornamen yang dibuat berwarna, dan menyambung dari lampu sein depan kiri dan kanan. Sepintas mengingatkan desain Yamaha Mio Smile ya?

Baca juga : Gagahnya Suzuki GSX-150 Bandit Jadi Motor Dinas Korps Marinir, Spesifikasinya Tak Main-Main

Dan tentu saja permainan warna yang lebih berani dan agresif diterapkan untuk motor bebek satu ini. Tak jarang paduan warnanya tabrakan, seperti biru dengan hijau. Ya beda negara, beda pula selera konsumennya.

Motor Bebek Suzuki Ini Pakai Winglet Seperti Motor MotoGP Pacuan Alex Rins 02

Permainan warna yang sangat berani.

Ubahan lainnya kini pakai kaliper rem cakram depan satu piston dari Nissin, dengan warna merah terang. Mirip sama kepunyaan Suzuki Nex Crossover nih.

O iya, hal lainnya adalah Suzuki Smash FI Next Edition ini pakai penutup rantai model full. Seperti motor bebek tahun 1990-an, kelihatan sedikit jadul tapi rantai bakal lebih awet karena tertutup dari debu.

Baca juga : Turun Banyak! Suzuki Satria F150 2020 Bekas Dijual mulai Rp12 Jutaan

Motor Bebek Suzuki Ini Pakai Winglet Seperti Motor MotoGP Pacuan Alex Rins 03

Kaliper rem dilabur warna merah cerah.

Mesin Tak Berubah

Terkait jantung pacu, tak ada yang berubah kok dari model sebelumnya. Tetap mengandalkan mesin 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara dengan suplai bahan bakar injeksi.

Mesin ini mengandalkan piston 51 mm dengan langkah piston 55,4 mm sehingga kapasitas mesinnya 113 cc. Tenaga yang bisa dicapai diangka 9,3 PS di 8.000 rpm dengan torsi maksimal hingga 9,1 Nm di 6.000 rpm.

Baca juga : Intip Daftar Harga Terkini Skutik Racikan Suzuki, Mulai Dari Rp 17 Juta Saja

Motor Bebek Suzuki Ini Pakai Winglet Seperti Motor MotoGP Pacuan Alex Rins 04

Tersedia pula versi pelek jari-jari loh.

Kesimpulan

Rasanya tinggal menunggu waktu saja Suzuki Smash Next Edition ini merambah pasar Indonesia. Lantaran ini termasuk facelift yang bisa dengan mudah dilakukan juga oleh pihak Suzuki Indonesia.

Tapi jangan berharap banyak akan permainan warna seperti versi Thailand ya. Pabrikan pastinya akan lebih memilih warna yang bisa diterima oleh semua konsumen.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });