window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Penampakan Alva Concept Vehicle, Calon Lawan Honda PCX Electric Bersuspensi Ohlins!

Ilham · 19 Agu, 2022 13:00

Penampakan Alva Concept Vehicle, Calon Lawan Honda PCX Electric Bersuspensi Ohlins! 01

  • Belum ada nama resminya.
  • Tampilan ala skuter touring futuristik.
  • Suspensi belakang pakai produk Ohlins.

Jika Anda menyambangi booth motor listrik Ilectra Motor Group (IMG) di ajang GIIAS 2022, mungkin yang bakal dilihat adalah beberapa unit Alva One dengan beragam warnanya. Namun dibagian belakang booth, terdapat motor yang disimpan dalam display besar dengan tampilan misterius. 

Ternyata motor misterius tersebut adalah Alva Concept Vehicle yang disebutkan akan jadi produk masa depan mereka. Meski demikian, belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai spesifikasi dan kapan motor tersebut masuk tahap produksi massal. 

Penampakan Alva Concept Vehicle, Calon Lawan Honda PCX Electric Bersuspensi Ohlins! 02

Setangnya bertipe telanjang

Dan dilihat dari bentuk dan ukurannya, motor listrik ini bisa jadi pesaing skuter-skuter elektrik asal pabrikan Jepang. Sebut saja Honda PCX Electric dan yang paling baru, Yamaha E01. Seperti apa detailnya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca Juga: Mengenal Segway E200P, Motor Listrik yang Lebih Mahal Dari Honda ST125 Dax!

Tampilan Motor Touring Futuristik

Tapi dari teaser yang ditampilkan tersebut bisa dilihat jika motor listrik ini bakal bertampang sangar dan futuristik. Hal ini terwakili dari bentuk bodi yang berotot tapi memiliki sudut kaku ala motor-motor bertema futuristik.

Penampakan Alva Concept Vehicle, Calon Lawan Honda PCX Electric Bersuspensi Ohlins! 01

Mulai dari panel bodi bagian depan yang bersudut tajam dengan windshield tinggi. Serta terdapat sepakbor depan dengan gaya moge yang hadir dengan aksen two tone kombinasi warna hijau dan putih.

Setangnya bertipe telanjang dengan panel saklar yang terekspos jelas, mirip Honda PCX 160. Komponen raiser setangnya dicover dengan braket di bagian atas.

Baca Juga: Sensasi Mencicipi Motor Listrik Alva One untuk Pertama Kalinya, Mirip Naik PCX!

Beralih ke samping, ada jok besar yang terlihat kurang proporsional dibandingkan dengan bodinya yang tetap berkesan kaku. 

Penampakan Alva Concept Vehicle, Calon Lawan Honda PCX Electric Bersuspensi Ohlins! 02

Desain jok kurang proporsional

Sedangkan di buritan, bentuk bodi 'menggantung' tanpa adanya sepakbor yang menyambung ke panel sasis. Mirip buritan motor listrik lain seperti Honda PCX Electric dan Yamaha E01. Untuk melindungi pembonceng dari cipratan air, ada mud guard dan fender di roda belakang.

Baca Juga: Minerva Balik Lagi, Muncul di GIIAS 2022 Kenalkan Motor Listrik Rp 16 Jutaan

Gunakan Suspensi Ohlins

Beralih ke kaki-kaki, di bagian depan terlihat penggunaan model teleskopik dengan ukuran tabung yang cukup besar. Sayangnya, lagi-lagi tak ada penjelasan detail diameter sok tersebut. 

Penampakan Alva Concept Vehicle, Calon Lawan Honda PCX Electric Bersuspensi Ohlins! 03

Sokbreker belakang Ohlins

Sedangkan di bagian belakang, ada monosok yang tertanam di sisi kiri motor. Nah, monosok ini disuplai oleh Ohlins dengan tipe tabung di bagian atasnya.

Bagian peleknya memakai tipe palang 3 Y yang terlihat unik. Untuk pendampingnya, ada rem cakram di kedua roda yang kini jadi ciri khas matic listrik. Keren ya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });