window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Pensiun Dari MotoGP, Rossi Pastikan Hijrah ke Balap Mobil

Ary · 5 Nov, 2021 13:00

Meski memutuskan pensiun dari MotoGP, Valentino Rossi tak sepenuhnya menghilang dari atmosfir balap yang membesarkan namanya itu. Tahun depan, dirinya jelas masih akan wara wiri di area paddock untuk membantu tim bentukannya berkompetisi di MotoGP 2022.

Tapi di sisi lain, The Doctor sudah memutuskan untuk hijrah ke balap mobil. Hal tersebut memang sempat di utarakannya beberapa waktu lalu. Dan, kepastian itu pun kembali diucap Rossi jelang perhelatan MotoGP Algerve, Portugal.

Valentino Rossi Balap Mobil

Selain memiliki tim MotoGP, Valentino Rossi juga sudah memastikan balapan mobil tahun depan.

Baca juga: Valentino Rossi Putuskan Pensiun Usai 25 Tahun Balapan, Performa Terus Merosot Sejak 2015

Rossi Menjalani Pengujian Bersama Mobil Ferrari di Misano

Sebelum bertandang ke Portugal, Rossi sempat melakukan pengujian bersama mobil Ferrari milik Kessel Racing. Juara Dunia MotoGP 9 kali menyebut, giat di Sirkuit Misano, Italia itu merupakan rangkaian dari persiapannya untuk mengikuti ajang Gulf 12 Hours.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

"Kemarin, saya mencoba Ferrari karena pada Januari 2022 kami akan balapan di Abu Dhabi bersama Luca dan Uccio. Ini adalah balapan yang selalu kami ikuti dalam 3 tahun terakhir dan cuma buat senang-senang," kata Rossi.

Namun, apa yang akan dilakukannya saat itu dan ke depan, bukan lagi sekadar mencari kesenangan semata. "Tahun depan, saya akan menjadi pembalap mobil! Jadi mulai sekarang, pendekatan (terhadap mobil balap) dan upayanya akan berbeda," sahutnya lagi.

Valentino Rossi Balapan Mobil

Rossi sudah beberapa kali mengikuti ajang balap endurance Gulf 12 Hours.

Baca juga: Duh, Ternyata Rossi Sempat Marah ke Bagnaia di Misano Kemarin, Gara-Gara Gagal Finish?

Kendati demikian, balapan itu bukanlah satu-satunya tujuan utama Rossi. Ibarat menyelam sambil minum air, setelah mengikuti Gulf 12 Hours, barulah Rossi akan menentukan kompetisi mana lagi yang akan diikutinya kemudian.

"Tahun depan saya akan balapan dengan mobil GT. Tapi, saya masih belum tahu kejuaraan yang mana. Karena bisa WEC, seri European Le Mans atau International GT Challenge," ucap Rossi.

Rencana Membalap di Kelas Hypercar

Menukil kutipan Crash.net, Rossi jua berencana untuk membalap di kelas Hypercar. Ini merupakan kategori baru di ajang GT Championship 2023. "Ini adalah momen yang sangat penting untuk balapan GT dan balapan Endurance karena mereka akan menghadirkan kelas baru yaitu Hypercar. Nanti, semua nama besar seperti Ferrari, Porsche, Audi akan berlomba dengan mobil-mobil ini," paparnya lagi.

Rossi Pensiun MotoGP

Rossi memberikan salam perpisahan kepada fans-nya saat MotoGP Emilia Romagna.

Baca juga: Perpisahan Rossi dan Finish 1-2 Repsol Honda, Dua Selebrasi Lain Yang Juga Terjadi di Misano Kemarin

Jikapun benar demikian, besar kemungkinan Rossi membalap bersama salah satu hypercar Ferrari. “Kami perlu memutuskan juga dengan mobil apa dan perlu memahami level serta kecepatan saya. Tentu saja saya ingin balapan dengan LMP2 atau dengan Hypercar (prototipe). Tetapi, di sana level pembalapnya sangat tinggi. Jadi, saya tidak tahu apakah saya cukup cepat. Kami akan mencoba memahaminya tahun depan," pungkas pemilik nomor 46 ini.

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });