Trend motor listrik bukan hanya dihadirkan oleh pabrikan motor saja. Bengkel modifikasi pun kini merambah ke jasa konversi atau merombak sumber penggerak motor dari mesin bensin ke listrik.
Seperti yang dilakukan oleh Elders Garage yang bermarkas di Gedung Smesco, Jakarta. Bengkel tersebut menyediakan paket konversi motor listrik khusus Vespa klasik yang bermesin 2-tak.
Nama paket konversi tersebut adalah Elders Elettrico. Paket tersebut dapat dipakai oleh semua jenis Vespa klasik. Baik dari keluarga small frame dan large frame berbagai tahun pembuatan. Mulai dari VBB, Excel, Super hingga yang generasi akhir seperti PX.
Paket Elders Elettrico ditawarkan dalam dua varian dengan perbedaan di performa dan jarak tempuhnya. "Tipe pertama berjuluk Duro yang dibanderol Rp 18,5 juta. Serta Speedster yang dilepas Rp 25,8 juta. Ini diluar ongkos pasang Rp 1,5 juta, " ucap Steve, COO Elders Garage saat ditemui di ajang PEVS 2022.
Pada tipe Duro dibekali motor listrik berdaya 1.200 watt dengan controller Eletrrico Square Wave 50A. Sebagai pendukung tertanam baterai tipe Li-ion 21700 60v 19Ah.
Kecepatan maksimalnya sekitat 50-55 km/jam. Sedangkan jarak tempuhnya mencapai 40-45 km di Eco Mode. Untuk charging time sekitar 4 jam.
Sedangkan untuk yang butuh performa lebih tersedia tipe Speedster yang dibekali motor listrik bertenaga 3.000 watt. "Top speednya bisa mencapai 80 km/jam," lanjut Steven. Range jelajahnya 60-75 km di Eco Mode. Serta charging time hingga 5 jam.
Untuk pendukungnya ada baterai Li-ion 21700 72v 24Ah dengan controller Elettrico Square Wave 80a. Fitur lainnya adalah Bluetooth Connection Smartphone. Sehingga harganya banderolnya lebih mahal.
Pemasangan Singkat
Steve menambahkan jika pemasangan peranti konversi Elders Elettrico pun terbilang singkat. Sekitar 3-5 jam saja. Sehingga motor nggak perlu ditinggal berlama-lama di bengkel.
Karena pemasangannya yang singkat, Steve menyebutkan jika sudah ada 5 unit Vespa klasik yang dikonversi menjadi motor listrik di ajang PEVS 2022. Selain itu, ada juga unit tes yang bisa dicoba di ajang tersebut.
Ada beberapa alasan kenapa konsumen Elders Garage mengonversi Vespa klasik 2-tak jadi motor listrik. Misalnya ada yang tak suka akan berisiknya mesin 2-tak. Atau Vespa warisan, yang mesinnya sudah tua. "Biasanya pengguna takut mogok. Jadi mending dikonversi, biar nggak repot, " pungkasnya.