window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Siapin Budget Lebih, Ini Tanda-Tanda Motor Minta Servis besar

Harry · 9 Mei, 2023 08:30

Siapin Budget Lebih, Ini Tanda-Tanda Motor Minta Servis besar 01

Kenali tanda motor minta servis besar.
  • Tarikan berat dan ngelitik.
  • Menyerang part internal mesin.
  • Koordinasi biaya dan waktu pengerjaan.

Seiring usia pakai, motor akan mengalami penurunan fungsi hingga kerusakan. Mulai dari kerusakan ringan, sedang hingga berat. Tanda-tanda motor rusak pun mudah diketahui, dan bukan tak mungkin pertanda jika motor sudah waktunya untuk servis besar.

Jika kerusakan ringan seperti brebet, biasanya pada saat servis rutin tinggal sampaikan pada mekanik, untuk ditelisik sumber masalahnya. Tapi kalau knalpot mengeluarkan asap putih, maka beda cerita.

"Kalau itu tandanya memang sudah minta jatah servis besar, karena part internal mesin yang bermasalah. Apalagi kalau ngebulnya asap putih," buka Heri Prasetyawan dari Jaw's Speed di Depok.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Menurutnya, selain asap yang keluar dari knalpot, tarikan motor yang berat hingga mesin ngelitik juga jadi pertanda motor minta servis besar. Servis besar ini umumnya melepas head dan blok mesin.

Tapi apa saja pengerjaan yang dilakukan saat servis besar ini ya?

Baca juga : Modif CVT Bikin Karakter Motor Matic Berubah, Cukup Oprek Bagian Ini!

Bersihkan Ruang Bakar

Siapin Budget Lebih, Ini Tanda-Tanda Motor Minta Servis besar 01

Kerak menumpuk bikin mesin ngelitik.

Gejala ngelitik hingga tarikan berat, pertanda ruang bakar sudah penuh kerak. Kerak yang menumpuk akan membuat kompresi semakin tinggi, yang memicu bahan bakar terbakar sebelum waktunya, sehingga timbul ngelitik.

"Pembersihan kerak ini di area ruang bakar, kepala piston sama klep. Busi juga mending diganti sekalian, biar pembakaran kembali maksimal," tambahnya.

Jangan lupa juga untuk skir klep juga, hal ini perlu dilakukan untuk memastikan tak ada kebocoran kompresi. "Sil klep juga baiknya sekalian ganti," lanjutnya.

Cek Kondisi Piston

Siapin Budget Lebih, Ini Tanda-Tanda Motor Minta Servis besar 02

Periksa kondisi piston.

Mumpung dibongkar, cek sekalian kondisi piston dan ring. Biasanya kalau sudah ngebul parah, harus ganti juga tuh piston set," jelasnya. Kalau ini sudah tak bisa dikompromi, sekalipun ruang bakar dibersihkan, bakal tetap ngebul.

Ini karena kondisi piston dan blok yang sudah baret, sekaligus ring piston melemah. Alhasil ada oli yang menerobos masuk ruang bakar dan ikut terbatar, maka timbul asap putih.

Baca juga : Bisa Bikin Kantong Jebol, Waspada Jika Ada Rembesan Oli di CVT

Komponen CVT

Siapin Budget Lebih, Ini Tanda-Tanda Motor Minta Servis besar 03

CVT motor matic.

Khusus pengguna motor matic, jangan lupa juga cek komponen CVT. Tarikan yang berat hingga suara kasar bisa timbul karena ada komponen di dalamnya yang bermasalah.

"Dari roller peyang, rumah roller kemakan, kampas kopling habis, slider aus itu bikin tarikan motor jadi gak enak. Jadi kalo area mesin sudah dibetulin, jangan lupa CVT sekalian.

Kesimpulan

Siapin Budget Lebih, Ini Tanda-Tanda Motor Minta Servis besar 04

Mesin ngebul tanda kerusakan part internal.

Biaya turun mesin biasanya berbeda-beda untuk tiap bengkel, belum lagi harga part yang harus diganti, ada banyak macamnya dari yang original atau aftermarket. Yang pasti, harus dibicarakan diawal.

Jangan lupa juga untuk meminta estimasi total biaya perbaikan hingga lamanya waktu pengerjaan. Tentunya gak mau dong kena getok harga seperti kejadian bengkel di Sentul yang viral beberapa waktu lalu?

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });