window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tampang Gado-Gado, Depan Mio Belakang Soul GT, Begini Matic Baru di Filipina

Harry · 29 Okt, 2021 15:30

Penjualan motor matic di kawasan Asia Tenggara bisa dibilang semakin banyak, Yamaha menjadi salah satu produsen yang merilis beragam model motor tanpa gigi ini, termasuk di Filipina. Bahkan mereka sampai produksi sendiri Yamaha Nmax dan Aerox 155 Connected di sana.

Tampang Gado-Gado, Depan Mio Belakang Soul GT, Begini Matic Baru di Filipina 01

Yamaha Mio Sporty dengan 2 tipe warna di Filipina.

Tapi Yamaha Filipina belum lama ini merilis motor matic terbaru yang tak asing buat konsumen Indonesia. Yakni Yamaha Mio Sporty. Yup motor matic karburator yang sudah disuntik mati itu ternyata masih disegarkan dan dijual di sana.

Tapi yang unik tampangnya jadi gado-gado nih, maksudnya perpaduan 2 model berbeda. Melihat dari depan, kalian pasti tak asing dengan wajahnya. Ya ini adalah Yamaha Mio Sporty 'Smile' berkat penggunaan lampu senja dan sein yang menyatu, seperti bibir tersenyum.

Tampang Gado-Gado, Depan Mio Belakang Soul GT, Begini Matic Baru di Filipina 02

Bodi belakang semok begini pasti tak asing lagi bukan?

Tapi jika melihat dari buritan, kalian juga akan sadar kalau ini buritannya Yamaha Mio Soul. Baik Yamaha Mio Sporty dan Mio Soul memang menggunakan basis yang sama, sehingga bukan hal sulit desain keduanya digabungkan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Kembali Bersolek, Ini 5 Keunggulan Yamaha Mio M3 125 2022

Dari situs resmi Yamaha Filipina, motor ini tampil modis dan gaya serta ditawarkan dengan 2 tampilan warna, yakni Matte Black dan Matte Blue yang membuatnya nampak elegan, atau Cyan dan Magenta yang penuh warna dengan motif yang khas.

Tampang Gado-Gado, Depan Mio Belakang Soul GT, Begini Matic Baru di Filipina 01

Striping penuh warna dan atraktif.

Masih Pakai Karburator

Meski dijual di tahun 2021 ini, model tersebut masih mengandalkan mesin lawas yang juga pernah menghiasi jalanan Indonesia. Yakni mesin 114 cc, 4-tak, SOHC 2 katup pendingin udara, serta masih mengandalkan pengabut bahan bakar karburator.

Diameter pistonnya 50 mm, dengan langkah piston mencapai 57,9 mm. Rasio kompresinya rendah banget, cuma 8,8 : 1. Kalau di Indonesia bisa nenggak bensin oktan 88 nih! Daya yang mampu dihasilkan 7,7 PS di 8.500 rpm serta torsi 7,2 Nm di 5.500 rpm.

Tampang Gado-Gado, Depan Mio Belakang Soul GT, Begini Matic Baru di Filipina 02

Mesin masih pakai karburator.

Transmisinya sendiri sudah pasti otomatis CVT. Konsumsi bensinnya tentu tak akan seirit versi injeksi pastinya. Malah sama bikers Indonesia, Yamaha Mio karburator ini sempat dijuluki dengan Sahabat Pertamina, karena sering mampir SPBU.

Baca juga : Selain Yamaha Mio Karbu, 3 Motor Bekas Ini Harganya Cuma Rp 2 Jutaan

Fiturnya tentu sederhana, seperti Yamaha Mio Sporty 'Smile' yang dulu dijual di Indonesia. Panel meter analog dengan informasi sederhana, berupa kecepatan, fuel meter, indikator lampu sein dan lampu jauh.

Tampang Gado-Gado, Depan Mio Belakang Soul GT, Begini Matic Baru di Filipina 03

Panel meter serba hitam dan masih analog.

Spionnya model lancip, bukan oval seperti Yamaha Mio Sporty 'Smile' dulu. Kemudian cover knalpot dengan ornamen krom dan rem cakram depan untuk menahan laju roda yang masih menggunakan pelek palang 5 nan legendaris.

Dan perkara harga, memang terhitung murah yakni 67.900 peso atau sekitar Rp 19 jutaan saja. Kira-kira kalau Yamaha Indonesia menjual motor matic ini lagi laku gak ya? Kan harganya lagi digoreng tuh.

Yamaha Mio Smile Digoreng

Kalau di Filipina masih dijual versi barunya, maka di Indonesia sudah stop produksi sejak 2013 lalu. Motor matic ini digantikan oleh Yamaha Mio J dengan mesin injeksi dengan teknologi YMJET-FI.

Tampang Gado-Gado, Depan Mio Belakang Soul GT, Begini Matic Baru di Filipina 04

Yamaha Mio gen awal warna biru muda langka dan mahal.

Namun setelah itu, penjualan Yamaha Mio justru semakin menurun. Dan sampai saat ini, Yamaha sudah menghadirkan sejumlah model matic entry level sebagai penggantinya seperti Yamaha Gear 125 misalnya.

Baca juga : Simak Daftar Harga Skutik Murah Tengah Tahun, Yamaha Mio Z Cuma Rp 15 Jutaan!

Populasi yang mulai langka, kini banyak bikers dan pebengkel yang mulai melakukan restorasi Yamaha Mio Sporty. Harga bekasnya kini terkerek naik setelah 'digoreng' dan banyak yang cari untuk ikutan jadi bahan restorasi.

Tak hanya Yamaha Mio Sporty Smile yang digoreng, Yamaha Mio keluaran awal dengan striping bodi kembang pun ikut diburu, terlebih warna ungu dan kuning yang lebih jarang terlihat di jalanan. Dan tentu jika model ini sudah selesai direstorasi, harganya pun gelap.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });