window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tampang Gahar Ala Ducati Panigale, Ini Sosok Skutik Taiwan Bermesin 400 Cc

Harry · 21 Mei, 2021 11:00

Desain motor racikan Ducati rata-rata mempunya tampilan yang gahar dan menarik. Tak heran jika desain pabrikan Italia itu kerap jadi inspirasi pabrikan lain kala meracik motor-motornya.

Tak hanya diterapkan pada motor jenis sport, tapi juga jenis skutik. Seperti sosok skutik asal Taiwan yakni Tairong TR 400 Trailblazer. Jika melihat tampangnya, pasti langsung terbayang Ducati Panigale.

Tampang Gahar Ala Ducati Panigale, Ini Sosok Skutik Taiwan Bermesin 400 Cc 01

Tampang ala Ducati Panigale bikin nampak gahar.

Tairong sendiri telah memamerkan konsep TR 400 Trailblazer sejak tahun 2019 lalu. Desainnya langsung jadi perbincangan kala itu, karena bentuk lampu dan wajah yang persis Ducati Panigale.

Namun baru 17 Mei 2021 lalu mereka merilisnya di Cina setelah tertunda karena masalah produksi. Secara keseluruhan, bentuk skuter satu ini memang sangat sporty, dengan lekuk tajam dan garis-garis yang tegas.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Gandeng Pabrikan Cina, KTM Bakal Bikin Tiga Motor Bermesin 750 cc

Bentuk bodi depan dan lampunya layaknya bodi depan Ducati Panigale, lengkap dengan celah lubang udara di bawah lampunya. Namun seperti halnya skutik, bodi depan menjuntai ke bawah dan menutupi area kolong dek motor.

Tampang Gahar Ala Ducati Panigale, Ini Sosok Skutik Taiwan Bermesin 400 Cc 01

Detail panel bodi tengah dibuat kontras.

Bagian tengah motor ini diberikan panel samping yang sengaja dibuat kontras, dengan laburan warna perak. Bodi belakang sendiri nampak tebal tapi dibuat pendek, lebih pendek dari ujung roda belakang.

Yang agak mengganjal, bentuk ujung buritan jika dilihat frontal dari belakang nampak terlalu kosong dan tebal. Lampu belakang dan sein dibuat tipis dan memanjang ditepiannya.

Baca juga : Lagi-Lagi Motor Asal Cina, Begini Wujud Asli Motor Yang Disangka Honda Vario 160

Karena bodi belakang terlalu pendek, penahan kotoran dari roda dibuat bertumpu pada lengan ayun. Tak kalah menarik adalah desain knalpot besar ala big bike dengan lubang ganda.

Tampang Gahar Ala Ducati Panigale, Ini Sosok Skutik Taiwan Bermesin 400 Cc 02

Tampak belakang Tairong TR 400 Trailblazer.

Uniknya meski nama resmi motor ini adalah Tairong TR 400 Trailblazer, nyatanya pada unit motor justru terpasang emblem nama Taro 400 Huracan, lengkap dengan stiker bendera Italia.

Asyiknya seluruh lampu telah mengandalkan LED. Ya ciri khas motor dari pabrikan sana yang memang menawarkan banyak gimmick untuk menambah value bagi konsumen.

Baca juga : Tiruan Honda ADV150 Asal Cina masuk Malaysia, Bakal ke Indonesia juga?

O iya, yang tak kalah menarik adalah kala melihat dashboard motor, berhiaskan panel meter LCD ukuran 6,2 inci. Sejumlah lampu indikator pun diletakkan pada area pangkal setang, sehingga berkesan canggih.

Tampang Gahar Ala Ducati Panigale, Ini Sosok Skutik Taiwan Bermesin 400 Cc 03

Panel meter LCD 6,2 inci.

Kaki-Kaki Istimewa

Meski begitu, kelengkapan pada motor ini terhitung istimewa. Tengok bagian kaki-kaki, Anda akan menemukan peredam kejut tipe upside down di depan, berpasangan dengan rem cakram ganda dengan kaliper radial. Desain pelek multi spoke yang sporty.

Baca juga : Duh Kebiasaan Nih, Giliran Honda Vario 125 dan Vario 150 Dijiplak Habis-Habisan di Tiongkok

Begitu pula dengan bagian belakang, peredam kejut memang pakai model ganda biasa tapi sudah tipe tabung berisi gas nitrogen. Kawalan rem cakram yang posisinya menempel CVT, lebih dari cukup menahan laju sepeda motor.

Tampang Gahar Ala Ducati Panigale, Ini Sosok Skutik Taiwan Bermesin 400 Cc 04

Nyala lampu depan ala Ducati Panigale.

Mesin Bertenaga

Meski mengusung nama TR 400 Trailblazer, nyatanya kapasitas murni jantung mekanisnya 359 cc. Spesifikasinya 4-tak silinder tunggal dengan pendingin cairan serta injeksi bahan bakar. Tenaga maksimal yang bisa dicapai 28,3 PS.

Baca juga : Jiplak Habis-Habisan, Dayang Bikin Kembaran Honda ADV 150 Pakai Teknologi Hybrid dan Kamera Ganda

Kesimpulan

Saat ini memang banyak merek motor yang menjiplak habis desain motor lain, yang umumnya mereka adalah brand Cina. Tapi ada pula yang hanya terinpirasi dan menggunakan sebagian desain dari motor yang populer.

Tampang Gahar Ala Ducati Panigale, Ini Sosok Skutik Taiwan Bermesin 400 Cc 05

Sosok Tairong TR 400 Trailblazer gagah ala skutik gambot.

Ducati sendiri kabarnya memang sedang menggodok model skutiknya. Pabrikan bermarkas di Bologna, Italia itu sejauh ini belum membeberkan lebih lanjut terkait produk skutiknya itu.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });