window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tengok Pansela, Jalur Alternatif Yang Bikin Mudik Berasa Touring Sambil Healing

Ilham · 28 Apr, 2022 10:30

Tengok Pansela, Jalur Alternatif Yang Bikin Mudik Berasa Touring Sambil Healing 01

Pemandangan Pansela memanjakan mata
  • Bisa jadi rute alternatif untuk perjalanan santai.
  • Jalurnya jauh dan ada yang berbukit membuat fisik dan motor wajib fit.

Jalur Pantai Selatan Pulau Jawa alias Pansela kondisi jalannya kini relatif sepi dan mulus. Hal ini membuat Pansela bisa jadi jalur alternatif untuk mudik Lebaran untuk menuju Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jogjakarta.

Asyiknya lagi saat melintas, mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan di sekitar jalur tersebut. Karena Pansela juga memang dikenal dengan alamnya yang indah. Sehingga perjalanan mudik via Pansela bakal berasa healing.

Meski demikian, jangan pernah lengah karena tak jarang kontur perbukitan juga hadir di Pansela. Selain itu, di malam hari masih banyak jalan di Pansela yang tak dilengkapi lampu penerangan. Jadi persiapkan motor dan estimasi waktu perjalanannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Lalu, jalur Pansela mana saja yang bisa jadi rute alternatif selama mudik Lebaran 2022? Yuk, disimak.

Baca Juga: Jangan Dicuekin, Motor Mau Ditinggal Mudik Ada Ritualnya Juga Lho!

Jalur Pelabuhan Ratu-Pangandaran

Jika Anda dari arah Jakarta bisa langsung menuju ke Jawa Barat bagian timur, maka jalur Pansela yang dilalui bisa dimulai dari Pelabuhan Ratu. Nantinya arahkan motor menuju Cianjur Selatan kemudian menyambung ke Garut Selatan.

Tengok Pansela, Jalur Alternatif Yang Bikin Mudik Berasa Touring Sambil Healing 01

Treknya lebih jauh dari jalur reguler

Di sini, terdapat beberapa pantai yang bisa disambangi jika ada waktu senggang. Seperti Ranca Buaya, Santolo dan sebagainya. Kemudian arahkan ke timur lagi, melalui Cipatujah, Sindangsari dan Cijulang. Lalu ke arah Pangandaran via Batu Hiu.

Jangan lupa juga persiapkan waktu perjalanan yang matang. Karena rute yang ditempuh lebih jauh jauh ketimbang melalui Pantura. Tapi tidak bertemu macet dan kepadatan, jadi lebih nyaman.

Pansela Cilacap-Jogjakarta

Rute selanjutnya dari arah Cilacap menuju Jogjakarta. Sama seperti jalur Pansela di Jawa Barat, di kawasan Jawa Tengah ini pun rute yang disajikan masih menghadirkan suasana pedesaan yang asri.

Namun terkadang cuacanya cukup terik. Sehingga pastikan kondisi tubuh fit dan tidak dehidrasi.

Tengok Pansela, Jalur Alternatif Yang Bikin Mudik Berasa Touring Sambil Healing 02

Jangan lengah meski aspal mulus

Bukan hanya itu, trek berbukit dengan tikungan tajam juga hadir di wilayah Kebumen selepas Pantai Logending. Sehingga motor wajib dalam kondisi prima baik mesin, ban dan pengeremannya.

Oiya, jika ingin bersantai sambil wisata kuliner, maka sate Ambal di Kebumen, Jawa Tengah juga patut dicoba. Minat mencoba?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });