window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Terganggu Sama Suara Decitan Rem Tromol Motor? Ternyata Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Adit · 16 Sep, 2021 08:00

Salah satu penyakit umum yang diderita motor adalah timbul bunyi nyaring atau berdecit pada sistem pengereman. Khususnya pada motor yang masih menerapkan rem tromol seperti Honda Vario 125, Honda Vario 150, Yamaha Aerox, dan lainnya. 

Kondisi ini bisa menjengkelkan, sebab mengganggu kenyamanan berkendara dan orang di sekitarnya. Saat ngerem tiba-tiba keluar suara nyaring yang memekik telinga. Biar menghindari itu biasanya langsung buru-buru ganti pakai rem depan. 

Terganggu Sama Suara Decitan Rem Tromol Motor? Ternyata Ini Sebab dan Cara Mengatasinya 01

Bunyi nyaring rem tromol motor bisa menjengkelkan dan mengganggu kenyamaan berkendara.

Baca Juga: Bukan Cuma Honda Vario, Ini 5 Motor Matic di Bawah Rp 25 Juta yang Bagasinya Muat Helm

Usut punya usut, suara nyaring atau decitan itu timbul karena gesekan partikel kotoran maupun debu yang menempel pada bagian permukaan kampas rem atau tromol. Jadi saat tuas ditekan dan kampas menekan tromol, kotoran tadi ikut bergesekan sehingga timbul bunyi. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Biasanya decitan rem tromol muncul ketika motor dipakai pagi hari saat hendak beraktivitas, setelah sebelumnya motor dicuci atau pasca melintasi banjir dan habis diguyur hujan. Sebab kotoran yang tadinya basah lama-kelamaan mengering dan akhirnya menempel pada kampas rem maupun sisi bagian dalam tromol.  

Terganggu Sama Suara Decitan Rem Tromol Motor? Ternyata Ini Sebab dan Cara Mengatasinya 01

Rem tromol suka mengeluarkan bunyi nyari karena ada kotoran atau kampas rem menipis.

Namun begitu bunyi decitan rem tromol juga bisa jadikan sebagai penanda bahwa kampas rem mulai menipis. Ketika material organik yang dijadikan kampas habis, maka yang selanjutnya bergesekan dengan tromol adalah lempengan besi, sehingga timbul bunyi nyaring. Oleh sebab itu, rajin mengecek kondisi keausan kampas rem penting dilakukan setiap pemilik motor. 

Baca Juga: Kerennya Honda Forza 150, Yamaha Nmax Bakal Kalah Telak?

Basmi Suara Nyaring Rem Tromol

Juki, penggawa bengkel spesialis R59 Matic Shop menuturkan, metode paling gampang membasmi suara decitan dengan cara memainkan tuas rem berulang kali sambil jalan. "Biar lama-lama kotorannya tipis habis itu suara berisiknya bisa hilang sendiri," ujarnya kepada Autofun.co.id.

Namun cara itu tak berlangsung lama. Suara decitan rem tromol bisa hadir lagi keesokan harinya. Ini karena partikel kampas rem yang lama-lama terkikis akibat gesekan, kemudian menjadi debu yang menyebabkan bunyi berdecit. Celah roda di area tromol juga jadi pemicu kotoran bisa menyelinap masuk ke sistem pengereman.

Terganggu Sama Suara Decitan Rem Tromol Motor? Ternyata Ini Sebab dan Cara Mengatasinya 02

Kampas rem tromol motor yang perlu diganti karena sudah kotor.

Kalau sudah begitu, sistem pengereman motor butuh perhatian khusus dan inspeksi oleh mekanik. Tapi tenang, inspeksinya terbilang ringan. Cuma sebatas bongkar tromol, lalu lakukan pembersihan pakai semprotan angin bertekanan tinggi dan ongkos pengerjaannya Rp 15 ribu.

Saran Juki pembersihan tromol ini harus rutin dilakukan tiap 2 bulan sekali. Tapi misalnya rute yang dilewati sehari-hari banyak debu beterbangan, intensitas perawatannya harus lebih sering lagi biar performa rem motor maksimal dan tak mengganggu kenyamanan. 

Terganggu Sama Suara Decitan Rem Tromol Motor? Ternyata Ini Sebab dan Cara Mengatasinya 03

Proses penggantian kampas rem tromol motor.

Cara ini bisa dilakukan di rumah, asal paham bagaimana cara membongkar dan memasangnya kembali. Bila tidak ada kompresor angin, sebagai gantinya bisa seka bagian kampas rem maupun tromol motor pakai lap kering, agar memastikan tak ada debu yang tersisa. 

Tapi beda cerita saat diperiksa ternyata kampasnya sudah aus, maka tak ada cara lagi selain menggantinya. Harga kampas rem tromol cenderung lebih mahal dari kampas cakram. Juki menjualnya mulai dari Rp 70 ribuan tergantung jenis motor dan merupakan produk orisinil pabrikan. Sedangkan kampas rem cakram mulai Rp 50 ribuan untuk Honda Vario.

Baca Juga: Bukan Cuma Honda PCX 160 2021, Ini Daftar Skutik Yang Sudah Pakai Keyless

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });