Ternyata Suzuki Gixxer Ada Versi Mesin 150 Cc, Bakal Kena Hujat Kalau Masuk Indonesia!
Ilham · 7 Jan, 2022 12:30
0
0
Tampilan persis Suzuki Gixxer SF 250 2022 tapi mesin 150 cc.
Ada stiker ABS, tapi nggak ada fiturnya.
Kehadiran Suzuki Gixxer SF 250 2022 di Indonesia beberapa waktu lalu cukup mengundang kontroversi. Ada yang kecewa karena tak sesuai ekspektasi, tapi ada juga yang memuji lantas membeli.
Menariknya nan jauh di negara Chili, Amerika Selatan hadir juga motor yang sama, julukannya Suzuki Gixxer 150 FI. Seperti bisa ditebak, motor tersebut menghadirkan mesin 150 cc.
Motor sport fairing tersebut juga sama-sama dihadirkan dari India. Lalu seperti apa detail speknya? Apakah bakal kena hujat dan buli kalau masuk sini? Yuk, kenalan lebih jauh dengan Suzuki Gixxer 150 FI versi Chili.
Mesinnya Cuma Pendingin Udara
Netizen Indonesia yang super ramah tentu mengincar sektor mesin sebagai bahan pujian. Dan Suzuki Gixxer 150 FI dibekali mesin 4-tak silinder tunggal 155 cc dengan pendingin udara. Mesih injeksi SOHC tersebut memiliki perbandingan kompresi 9,8:1.
Tenaganya diklaim menyentuh 14,8 PS di 8.500 rpm dengan torsi maksimum 11,8 Nm di 7.000 rpm. Motor yang hanya dibekali starter elektrik tersebut memiliki transmisi manual 5-percepatan untuk menyalurkan daya ke roda belakang.
Tampang Identik Versi 250
Mesin Suzuki Gixxer 150 FI memang tak istimewa, tapi bagaimana dengan tampangnya? Ternyata secara desain, Suzuki Gixxer 150 FI punya tampilan yang mirip dengan saudaranya di Indonesia, Suzuki Gixxer SF 250.
Tengok saja bentuk fairing dengan headlamp yang tajam seperti paruh burung di depan. Pun demikian dengan windshield mungil yang membuat tampilannya kurang sporty.
Beralih ke samping, lekuk tangki berkapasitas 12 liter terlihat mirip. Desain bodi samping dan buritan Suzuki Gixxer 150 FI juga mengutamakan kesan nyaman. Sehingga ketinggiannya tidak berlebihan seperti Suzuki GSX-R150.
Uniknya, detail lain yang ada di Suzuki Gixxer SF 250 juga hadir di versi kecilnya ini. Sebut saja silencer knalpot model dual exit dengan lapisan krom pada muffler end, serta panel mud guard di bawah spakbor belakang motor berbobot 139 kg ini.
Bagian ini kemungkinan besar bakal jadi bahan pujian di Indonesia. Yaitu hadirnya stiker ABS di sepakbor depan Suzuki Gixxer 150 FI. Itu cuma stiker kok, jangan diambil hati.
Karena memang Suzuki Gixxer 150 FI versi Chili tak dibekali dengan fitur pengereman anti terkunci itu. Sistem pengeremannya memang sudah cakram di kedua roda, tapi ya memang belum ABS.
Di sektor kaki-kaki, suspensi depan Suzuki Gixxer 150 FI dilengkapi model teleskopik dan monosok di belakang. Untungnya, velg 17 inci di Suzuki Gixxer 150 FI punya lapisan ban lebar. Yaitu berukuran 100/80-17 di depan dan 140/60-17 di belakang.
Di Indonesia, motor sport fairing 150 cc paling mahal diraih oleh Yamaha R15M Connected-ABS. Harga versi spesial dengan livery Yamaha 60th Anniversary MotoGP di motor tersebut ditawarkan Rp 44 jutaan.
Ternyata harga itu masih kalah ketimbang Suzuki Gixxer 150 FI di Chili. Pasalnya, Suzuki Gixxer 150 FI ditawarkan dengan banderol 2.699.900 Peso atau setara Rp 46 jutaan.