window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tim Gresini Racing MotoGP Rasa Indonesia, Sponsor Federal Oil Ikut Naik Kelas

Ilham · 19 Jan, 2022 17:30

Tim Gresini Racing MotoGP Rasa Indonesia, Sponsor Federal Oil Ikut Naik Kelas 01

Ducati Desmo jadi andalan Gresini Racing tahun ini
  • Sebelumnya sederet sponsor asal Indonesia sudah mendukung sejak di Moto2.
  • Sponsor datang dari bermacam industri, termasuk pelumas Federal Oil.

Akhir pekan lalu, tepatnya Sabtu 15 Januari 2022, tim Gresini Racing MotoGP 2022 resmi dirilis. Hal menarik di motor-motor balap tersebut ada yang berubah dari tahun lalu.

Paling kentara tentu motor yang dipakai oleh tim tersebut. Bukan lagi motor Aprilia RS-GP seperti sebelumnya. Sebagai gantinya ada motor Ducati Desmosedici yang siap digeber oleh duet pembalap asal Italia, yakni Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio.

Disamping itu, ada pula grafis livery yang jauh berbeda dari sebelumnya. Di mana tak ada lagi kelir hitam yang mendominasi di motor tim Gresini. Sebagai gantinya warna biru muda dengan tulisan The Next berwarna hitam.

Tapi bukan itu saja yang jadi perhatian pecinta balap motor di Indonesia. Karena ada juga sederet sponsor dari produk yang tidak asing lagi di Tanah Air, mulai Federal Oil, Aspira, Antangin hingga LA Bold.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca Juga: Pensiun Dari MotoGP, Rossi Pastikan Hijrah ke Balap Mobil

Pelumas Federal Oil

Salah satu sponsor resmi dari tim Gresini Racing adalah Federal Oil. Logo pelumas asal Indonesia tersebut hadir pada kedua sisi fairing sampingnya. Serta winglet depan dari Ducati Desmo andalan tim tersebut.

Tim Gresini Racing MotoGP Rasa Indonesia, Sponsor Federal Oil Ikut Naik Kelas 01

Sambutan pihak Federal Oil

Hal ini pun mendapat sambutan dari Patrick Adhiatmadja selaku Executive Chairman PT Federal Karyatama dan PT ExxonMobil Lubricants Indonesia.

Dirinya menyampaikan, jika musim balap 2022 akan menjadi momen special bagi Federal Oil. Di mana pihaknya meneruskan dukungan pada tim Gresini Racing di MotoGP dan menjadi brand pertama dari Indonesia yang mensponsori tim balap di kelas MotoGP.

"Kami terus mendukung dan berharap agar tim bisa berkinerja maksimal musim ini, dan kami tidak sabar melihat aksi di sirkuit Mandalika nanti, saya berharap ada kejutan manis untuk para fans MotoGP di Indonesia dan Federal Oil," ucapnya.

Tim Gresini Racing MotoGP Rasa Indonesia, Sponsor Federal Oil Ikut Naik Kelas 02

Sesi peluncuran Gresini Racing

Nadia Gresini, Gresini Racing team owner & principle mengungkapkan antusiasmenya atas tim Balap Gresini di kelas MotoGP ini. “Kami akhirnya mempresentasikan proyek yang sangat kami yakini dan yang telah kami kerjakan tanpa henti selama setahun terakhir. Kami sangat termotivasi dan akhirnya kami menjadi tim MotoGP pertama yang tampil; ditambah, saya percaya motor kami bagus dan saya berharap semua akan menyukainya juga,” paparnya.

Acara yang disiarkan Federal Oil ini berlangsung selama kurang lebih satu jam, terjadi diskusi yang sangat menarik antara presenter dengan tim Federal Oil™, dan tidak lupa ada berbagai kuis menarik dan doorprize bagi pemirsa acara ini.

Komponen Aspira

Selanjutnya ada dukungan dari PT Astra Otoparts Tbk (Astra Otoparts) melalui salah satu merek suku cadang roda dua dan roda empat miliknya, Aspira. Logo Aspira akan ada di fairing sepeda motor dan di racing suit kedua pembalap tim Gresini Racing.

Tim Gresini Racing MotoGP Rasa Indonesia, Sponsor Federal Oil Ikut Naik Kelas 03

Aspira ikut mendukung

“Suatu kebanggan bagi Astra Otoparts untuk dapat terus bermitra dengan Gresini Racing, terlebih musim ini Aspira bisa hadir di kelas yang lebih bergengsi yaitu MotoGP,” ujar Yusak Kristian, Direktur Astra Otoparts dalam keterangan resminya pada Selasa (18/1/2022).

Sebagai catatan, dukungan Aspira pada Gresini Racing dimulai sejak 2012 dengan pembalap Indonesia pada kelas Moto2. Kerjasama ini berlanjut pada musim 2022 ini. Aspira kemudian “naik kelas” bersama tim Gresini Racing ke ajang balap motor paling bergengsi, MotoGP.

Baca Juga: Daftar Pembalap MotoGP 2021 Perusak Mesin Paling Banyak

Jamu Cair Antangin

Nah, sponsor yang satu ini banyak dijadikan candaan oleh netizen Indonesia. Rata-rata menyebutkan jika pembalap tim Gresini jadi anti masuk angin karena jamu cair Antangin. Seperti slogan Antangin, 'Wes ewe ewes, bablas angine'.

Tim Gresini Racing MotoGP Rasa Indonesia, Sponsor Federal Oil Ikut Naik Kelas 04

Ada Antangin di sisi windshield, bikin makin anti angin

Di sisi lain, Mulyo Rahardjo, CEO Deltomed sebagai produsen Antangin menyebutkan jika pihaknya senang bisa meneruskan kerjasama mereka yang sudah berlangsung hingga 5 tahun.

"Antangin kini akan memulai perjalanan baru yang seru di kelas premier kejuaraan MotoGP bersama Gresini Racing, yang jelas membuat kami sangat bangga dan bahagia,” katanya.

Rokok LA Bold

Rokok bisa jadi sponsor tim MotoGP? Memang, sudah sejak lama brand rokok tidak diperbolehkan menampilkan brand secara langsung. Namun masih bisa hadir dengan logo yang berbeda. Seperti logo LA Bold di tim tersebut.

Tim Gresini Racing MotoGP Rasa Indonesia, Sponsor Federal Oil Ikut Naik Kelas 05

Logo Bold Riders ada di sisi lubang air ram

Hal ini juga terlihat dari logo Bold Riders yang terdapat pada fairing depan motor balap tim Gresini Racing. Bold Riders sendiri merupakan program dari LA Bold selaku anak usaha Djarum yang menggandeng para penggemar motor di Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });