Harga Kemahalan, Toyota C-HR Kalah Beken Dari Honda HR-V 2021

Setelah kepergian Nissan Juke, kini segmen crossover dikuasai oleh Honda HR-V. Memang, HR-V tidak sendirian karena banyak sekali rival di segmen ini, salah satunya Toyota C-HR . Namun dari angka penjualannya, Honda HR-V 2021 lebih laris dari model lain. 

Alasan HR-V lebih diminati masyarakat karena harganya yang masuk akal dan desainnya maskulin. Pilihan tipe yang ditawarkan juga lengkap, dan pastinya cukup terjangkau. 

Honda HR-V atau Hi-rider Revolutionary Vehicle diperkenalkan sebagai jawaban atas permintaan konsumen yang menginginkan kendaraan mungil, tapi memiliki segala kelebihan yang dimiliki oleh kendaraan berjenis SUV. 

HR-V hadir sebagai crossover yang family oriented karena ruang bagasi yang luas, jarak pandang yang lebih jelas, kemampuan bermanuver lincah, performa hebat, dan juga cukup irit dalam konsumsi bahan bakar. 

Honda HR-V bisa menjadi pilihan mobil SUV keluarga yang cukup kompak untuk perjalanan perkotaan. Posisinya juga berada di bawah Honda CR-V dengan selisih harga yang lumayan besar. 

Untuk pasar Indonesia, Honda hanya menyediakan HR-V dengan mesin 1.5 dan 1.8 liter konvensional. Satu-satunya rival terdekat dari Honda HR-V 1.8 ialah Toyota C-HR yang memiliki kapasitas mesin serupa. 

Lantas, apakah mesin 1.8 liter konvensional milik HR-V lebih unggul dari C-HR? Bagaimana dengan fitur pendukung di antara Toyota C-HR dan Honda HR-V? 

Adu Spesifikasi Mesin Toyota C-HR vs Honda HR-V 2021

Untuk varian standar, Toyota C-HR dibenamkan mesin 2ZR-FBE berkapasitas 1.800 cc, 4 silinder. Tenaga yang dihasilkan sebesar 141 hp dengan torsi maksimal yang dapat diraih mencapai 170,6 Nm. 

Adapun mesin 1.8 liter SOHC i-VTEC 4 silinder milik HR-V mampu hasilkan tenaga sebesar 137 Hp pada 6.500 Rpm dan torsi maskismal sebesar 169 Nm pada 4.300 Rpm. Cuma kalah sedikit dari Toyota C-HR sih sebenarnya, tapi tetap saja HR-V 1.8 lebih diminati.

Sementara untuk Toyota C-HR dilengkapi dengan mesin berkode 2ZR-FBE 1.8L berteknologi DOHC dan VVT-i. Mesin yang ditawarkan cukup bertenaga ketimbang Honda HR-V. 

Dengan keluaran tenaga maksimal hingga 139 HP pada putaran 6.400 rpm dan torsi puncak hingga 170 Nm pada putaran 4.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi 7-percepatan CVT.

Harga Toyota C-HR 2021 Kemahalan? 

 

Hal lain yang tentunya membuat HR-V 1.8 selalu diminati yaitu dari sisi harga. Sebab, PT Honda Prospect Motor menjualnya di angka Rp 424 Juta. Spesifikasi kalah tipis tapi dikompensasi  oleh Honda dengan harganya yang rasional.

Sementara itu, PT Toyota Astra Motor menghadirkan dua varian pada crossover ini, yaitu Rp  516,4 juta untuk varian Single Tone dan Rp 517,9 juta untuk versi Dual Tone. Perbedaan keduanya hanyalah pada warna body. 

Selisihnya lumayan besar, sudah sekitar Rp 90 jutaan dimana Toyota C-HR lebih mahal. Padahal, ini bukan tipe hybrid alias masih bermesin konvensional. 

Interior Lega Kaya Fitur Khas Honda HR-V 2021

Interior Honda HR-V ini dibuat lebih berorientasi memudahkan pengemudi. Lihat saja desain center cluster dashboard yang mengarah ke pengemudi. 

Floating Audio touchscreen ini kompatibel dengan berbagai format media seperti AM/FM radio, MP3/WMA, iPod/iPhone, Android via port USB, AUX, Bluetooth dan Smartphone Connection.

Untuk bagian setirnya, dipenuhi dengan tombol kontrol untuk memudahkan pengaturan beberapa fitur. Di sebelah kiri setirnya terdapat tombol pengaturan audio, sedangkan pada bagian kanan ada pengaturan Cruise Control. Paddle Shift juga tersedia pada Honda HR-V metik sehingga ada sedikit sentuhan racing pada mobil ini.

Poin lebih yang membuat HR-V unggul yaitu pada kabin yang lega. Berdasarkan hasil pengujian kalangan media, saat kita duduk di bagian depan dan belakang, HR-V tetap menyuguhkan posisi duduk yang nyaman.  

Tak kalah penting, ukuran jendela di pintu baris kedua juga lebih besar. Ini tentunya tidak membuat kesan claustrophobia karena pandangan yang luas. 

Kesan lega pun semakin terasa di tipe 1.8, karena telah dilengkapi dengan Power Panoramic Sunroof yang dapat dibuka secara elektrik. Pengendara dan penumpang dapat menikmati indahnya langit dengan leluasa selama perjalanan.

Walaupun bukan keluarga Jazz, namun HR-V punya keunggulan dari hatchback legendaris Honda itu. Ultra Seat pada HR-V terbagi menjadi refresh mode (menyambung kursi depan dengan kursi belakang), tall mode (menegakan dudukan kursi belakang) dan utility mode yang dapat membuat kursi belakang terlipat rata lantai. 

Ini berkat penggunaan sharing platform dengan Honda Jazz. Platform tersebut juga memposisikan tangki bbm dibawah kursi depan. Kabin Honda HR-V pun menjadi yang paling praktis dalam urusan penyimpanan dan pengaturan fitur. 

Toyota C-HR 2021, Crossover Bergaya Futuristik Nan Mewah

Tampilan luar Toyota C-HR 2020 memang berbeda dengan SUV kebanyakan. Bahkan bisa dibilang bahwan C-HR bukanlah selera setiap orang. 

Toyota C-HR dengan platform baru TNGA memiliki daya tarik dari sisi desain yang agresif bergaya diamond. Desain eksterior bergaya ekstentrik dan mengingatkan kita dengan Nissan Juke yang mendobrak estetika desain SUV pada umumnya.

Penampilannya kian gagah, karena di bagian bawah pintu terdapat aksen hitam doff dan over fender. Desain ini juga memberikan efek sporty dan futuristik pada C-HR. 

Desain kabin C-HR adalah obsesi Toyota terhadap bentuk Diamond ke dalam interior mobil ini. Selain itu, rancangan dashboard cenderung untuk driver oriented. Terdapat Driving Mode (ECO & SPORT) yang dapat diatur pada tombol setir dengan melihat menu di TFT MID. 

Layaknya mobil bergaya futuristik, pilar A melengkung hingga pilar C di belakang tidak terlalu tinggi. Menyisakan sedikit jendela pada pintu belakang yang memotong fender belakang.

Tampilan jendela sangat berbeda dengan SUV lain. Desainnya tidak terlalu besar demi mengedepankan estetika dan aerodinamika guna meningkatkan efisiensi berkendara. 

Fitur Modern Toyota C-HR, Cukup Pantas Untuk Crossover Setengah Miliar Rupiah?

Teknologi yang ditawarkan juga tak bisa dianggap remeh. Toyota C-HR didukung head unit AVX 7 inci bergaya floating yang bisa digunakan untuk memutar DVD, radio AM/FM, serta ditambah dengan sistem Weblink Application serta Multi-Tasking Window.

 

Begitu pula AC Dual Zone Auto dengan tampilan digital memudahkan dalam pengaturan kesejukan di dalam kabin. Di balik setirnya terdapat panel instrument yang sudah mendapatkan TFT MID berukuran 4.2 inci.

Fiturnya cukup lengkap, canggih, namun bukan yang premium seperti rival lainnya. Mungkin bila Toyota C-HR pakai sistem audio dari BOSE, atau mungkin Harmann Kardon dan merek premium lainnya akan lebih pas dengan harganya yang mahal itu.

Interior Futuristik Toyota C-HR Tidak Bersahabat Bagi Penumpang 

Interior Toyota C-HR menawarkan tampilan futuristik dengan perpaduan material soft touch dengan plastik keras dan aksen perak. Hasilnya bisa dirasakan dari desain yang cukup menarik di dalam kabin dan sekelilingnya.

 

Dashboard Toyota C-HR punya banyak bentuk hexagonal yang menjadi ciri khasnya. Untuk kemudahan pengemudi, terdapat tombol pengaturan di sisi kanan dan kiri setir. Susunan tombol cukup ergonomis bagi tangan pengemudi begitu juga posisi duduknya. 

Ruang kaki dan ruang kepala untuk kursi depan sangat lega. Posisi duduk yang rileks bisa diatur dengan mudah. Masuk ke kabin Toyota C-HR, posisi duduk di depan memang ergonomis tapi cukup kontras di belakang. 

Sebaliknya, ruang penumpang di kursi belakang Toyota C-HR tak seluas di depan. Desain kursinya kurang ergonomis dan sandarannya juga termasuk biasa untuk mobil seharga lebih dari setengah miliar rupiah. 

Penumpang yang duduk di kursi baris kedua lututnya hanya tersisa sedikit ruang dengan kursi depan. Desain kursi juga hanya busa rata, tidak berlekuk sehingga kurang nyaman bagi tubuh.

Visibilitas di kursi baris kedua juga buruk karena ukuran kaca jendela yang minimalis. Rupanya, untuk mendapat penampilan ganteng saja perlu mengorbankan kenyamanan. 

Bagi kalian yang mencari crossover dengan kabin yang lega, lupakan saja Toyota C-HR ini. Sebab, ruang penyimpanan mobil ini terbilang sedikit dan bagasinya sempit. 

Kesimpulan 

Mungkin bagi banyak orang, Toyota C-HR seharga lebih dari 500 jutaan ini kemahalan. Untuk model yang lebih valuable, masih ada Honda HR-V yang tak kalah keren dan pastinya lebih murah.

Sekalipun mahal, Toyota C-HR bukan berarti tidak menarik. Crossover ini juga mencoba menawarkan sensasi mengemudi yang sangat berbeda dibanding model Toyota lainnya.

Mobil ini menawarkan suatu kenikmatan fun to drive ala Toyota. Penampilannya lebih agresif dengan sudut-sudut tegas menunjang karakter sporty yang jadi identitasnya.  

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda HR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2016 Toyota FORTUNER VRZ 2.4

Rp 381,00 Juta
Rp 7,76 Juta/bln

94.919 km

7 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5

Rp 442,00 Juta
Rp 9,01 Juta/bln

45.271 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Honda CR-V TURBO PRESTIGE 1.5

Rp 406,00 Juta
Rp 8,27 Juta/bln

84.641 km

5,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2017 Honda CR-V TURBO 1.5

Rp 358,00 Juta
Rp 7,29 Juta/bln

64.558 km

6 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Honda CR-V TURBO PRESTIGE 1.5

Rp 401,00 Juta
Rp 8,17 Juta/bln

76.014 km

4,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Mesin Serupa, Ternyata Hasil Tes BR-V dan HR-V Banyak Perbedaan!

Gaspol Honda HR-V RS di Sirkuit Mandalika!

Adu Fitur Honda HR-V SE dan Hyundai CRETA Prime

2021 Honda HR-V Refresh: ONE of the world's best-selling small SUVs

ALL NEW Honda HR V 2020 Restyle

2021 Toyota C-HR EV with 400 km range

2021 Toyota C-HR GR Sport With (Mostly) Visual Upgrades: Drive, Interior & Exterior

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda HR-V
Lihat