window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

3 Cara Mudah Menghilangkan Baret Cat Mobil, Gak Perlu ke Bengkel

Prasetyo · 2 Agu, 2023 11:00

Menghilangkan Baret Cat Mobil

Menghilangkan baret cat mobil sebenarnya bukan perkara sulit, selama Anda memahami seberapa parah "luka" pada permukaan cat tersebut.

Ya, sebagai kendaraan yang digunakan sehari-hari untuk menunjang produktifitas ke luar rumah, mobil kesayangan Anda dapat tersenggol kendaraan lain atau bahkan tersenggol badan jalan dikarenakan padatnya lalu lintas di Indonesia terutama kota besar seperti Jakarta.

Baca juga: Viral Jalur Puncak Bogor Macet Parah Dua Hari Saat Lebaran 2023, ke Jakarta Butuh Lebih dari 12 Jam!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jalan macet

Kemacetan seperti ini berisiko membuat cat mobil bersenggolan dengan kendaraan lain (Foto: Istimewa)

"Dengan mobilitas yang kembali tinggi, membuat masyarakat bepergian keluar kembali, baik ke kantor atau urusan lainnya, tidak dipungkiri bahwa terkadang musibah seperti tersenggolnya kendaraan kesayangan kita oleh pengemudi lain yang mengakibatkan rusaknya cat bodi kendaraan," kata Reeza Budhisurya, Director Optimo Indonesia selaku penyedia perawatan mobil merek Purewax.

Apalagi berdasarkan data yang dihimpun hingga akhir 2022, indeks kemacetan di DKI Jakarta berada di angkat 48 persen atau naik drastis dari 2020 yang berada di angka 34 persen. 

Hal tersebut terus sejalan dengan temuan data bahwa jumlah kendaraan di Indonesia terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun.

Menghilangkan baret cat mobil

Ada juga risiko mobil terbenur benda keras di jalan (Foto: Istimewa)

Menurut data Kepolisian Republik Indonesia (Polri), angka kendaraan bermotor yang teregistrasi per 30 Juli 2023 mencapai 156.668.635 unit. 

Jumlah tersebut melampaui lebih dari setengah populasi Indonesia yang mencapai 276 juta jiwa.

Oleh karena itu, Menghilangkan baret cat mobil sebaiknya dilakukan segera pasca terjadi insiden, dan caranya bisa diaplikasikan di rumah.

Baca juga: Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Gak Perlu Pakai Obat Kimia, Coba 3 Alat Sederhana Ini

1. Menghilangkan Baret Cat Mobil dengan Kompon

Kompon baret mobil

Gunakan kompon putih

Memudarkan baret mobil dengan kompon merupakan salah satu cara yang paling mudah digunakan.

Sebab krim pasta yang terkandung di dalam kompon dapat membersihkan goresan bodi yang bekerja dengan cara mengikis lapisan cat hingga tidak terlihat. 

Ketika terdapat baret yang ringan Anda dapat menggunakan jenis kompon berwarna putih karena kompon ini memiliki daya kikis yang sangat kuat.

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu membersihkan bagian yang tergores dengan menggunakan air untuk menghilangkan berbagai kotoran yang menempel, kemudian bersihkan air yang sudah dituang tadi menggunakan lap hingga kering.

Setelah kering, poles bagian yang tergores menggunakan kompon poles lakukan gerakan mengoles menggunakan kompon dengan waktu yang cepat. 

Sebab, ketika kompon sudah kering maka akan mengeras dan kompon akan sulit untuk dibersihkan.

Lakukan polesan secara ringan supaya cat mobil tidak terkikis dengan satu arah agar hasilnya lebih merata.

Setelah bagian baretnya sudah bersih, Anda dapat membilas menggunakan air lalu keringkan.

2. Bisa Juga Menggunakan Pasta Gigi

 

Pasta gigi untuyk menghilangkan baret cat mobil

Pasta gigi bisa menghilangkan baret halus

Pasta gigi merupakan bahan yang paling mudah dicari, tidak hanya berfungsi untuk membersihkan gigi, kandungan yang ada di dalamnya juga bisa membersihkan baret yang ada di bodi mobil.

Sebelum menggunakan pasta gigi, pastikan terlebih dahulu mobil Anda dalam keadaan bersih dan siapkan kain lembut yang bersih sebagai wadah untuk pasta gigi.

Cara menghilangkan baret mobil menggunakan pasta gigi sangatlah mudah.

Pertama, basahi kain terlebih menggunakan air yang bersih, setelah itu Anda dapat menuangkan pasta gigi secukupnya sesuai dengan seberapa lebarnya goresan yang ada.

Kemudian gosok bagian mobil yang baret hingga merata, namun pemolesan menggunakan pasta gigi sebenarnya kurang efektif apabila Anda cukup mengandalkan pasta gigi saja tanpa memadukan dengan bahan lain.

3. Menggunakan Wax atau Cairan Pembersih

Purewax

Bisa juga pakai produk dari Purewax

Menghilangkan baret cat mobil dengan menggunakan wax hanya dapat dilakukan jika goresan yang terjadi merupakan goresan halus.

Terdapat dua jenis tipe wax, yaitu tipe wax dalam bentuk padat dan cair. 

Wax cair dapat membuat goresan terlihat lebih samar karena bahannya yang bersifat abrasif, jadi Anda harus berhati-hati karena jika menggosoknya terlalu keras, maka akan menyebabkan goresan semakin bertambah. 

Sedangkan untuk wax padat tidak memiliki kandungan bahan abrasif, jadi aman untuk Anda gunakan.

Salah stau produk wax yang bisa digunakan adalah dari Purewax Indonesia.

Karena biusa memberikan perlindungan yang menyeluruh pada bodi kendaraan, cat mobil akan terhindar dari water spot ketika hujan, juga dapat melindungi bodi mobil dari goresan-goresan halus serta dapat melindungi dan menambah ketahanan cat mobil dengan membentuk lapisan tipis pada bodi mobil.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil