window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Fakta Menarik Mitsubishi Delica Bekas, Cucu L300 yang Malah Pakai FWD

Yongki Sanjaya · 18 Apr, 2022 16:30

5 Fakta Menarik Mitsubishi Delica Bekas, Cucu L300 yang Malah Pakai FWD 01

Nama Mitsubishi Delica mungkin kurang tersohor di kalangan masyarakat. Padahal, Delica ini adalah keturunan langsung dari Mitsubishi L300. Bahkan bagi yang belum tahu, nama L300 ini cuma terkenal di Indonesia, karena sejatinya model tersebut dipasarkan secara global oleh Mitsubishi memakai nama Delica.

Delica ini hadir mengisi segmen high MPV, yang sejajar dengan Toyota Voxy, Nissan Serena, atau Mazda Biante. Mundur ke belakang, eksistensi MPV besutan Mitsubishi ini cukup singkat, hanya sekitar 4 tahun sejak meluncur pada 2014 lalu. Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Mitsubishi Delica adalah desainnya yang semi SUV.

Saat peluncurannya beberapa tahun lalu, Delica dijual lebih dari Rp400 juta. Kini harga bekasnya cukup terjangkau, berkisar Rp150-200 juta. Artinya depresiasi mobil ini cukup tinggi dari harga barunya dulu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Supaya nggak penasaran, kami akan membahas profilnya kali ini dalam 5 hal penting yang dimiliki Mitsubishi Delica. Simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Mitsubishi Delica Bekas Cuma Tersedia Dalam FWD

5 Fakta Menarik Mitsubishi Delica Bekas, Cucu L300 yang Malah Pakai FWD 01

Delica ini bisa dibilang pelopor MPV rasa SUV sebelum hadirnya Mitsubishi Xpander. Delica dengan DNA rally yang kuat membuat mobil ini auranya macho dan adventurous. 

Tidak seperti MPV boxy lainnya, desain Delica sedikit unik. Bumper depan bagian bawahnya dibuat agak naik dan memiliki sejenis underguard. Tujuannya jelas, supaya tidak tersangkut kalau digunakan pada jalan gravel atau berbatu.

Di Jepang, Delica hadir dalam pilihan penggerak 4X4 dan 4X2 FWD. Sayangnya saat masuk ke Indonesia, hanya opsi penggerak roda depan saja yang tersedia. 

Jelas cukup kontradiktif dengan leluhurnya yaitu Mitsubishi L300 yang setia memakai RWD. Spesifikasi 'Delica' lawas lebih tangguh di segala medan, baik itu tanjakan atau tanah gravel. 

2. Ground Clearance Tinggi, Aman Untuk Banjir-Banjiran dan Jalanan Pedesaan

5 Fakta Menarik Mitsubishi Delica Bekas, Cucu L300 yang Malah Pakai FWD 02

Satu hal yang sering dikhawatirkan oleh pengguna MPV boxy ialah ground clearance. Mereka jelas kesulitan membawa mobilnya untuk tamasya ke pedesaan karena ada potensi tersangkut saat lewat jalan tanah berbatu.

Hal ini jelas tak akan dialami oleh pengguna Delica karena mempunyai ground clearance tinggi 190 mm. Ini masih ditambah posisi dek yang lebih tinggi lagi sehingga aman kalau terpaksa terobos genangan air.

Postur tinggi ini disebabkan karena secara konsepnya, Delica ini dibangun sebagai mobil 4X4. Jadi, dek dibuat tinggi supaya tidak ada tonjolan gardan belakang. 

3. Sensasi Berkendara Ala SUV

5 Fakta Menarik Mitsubishi Delica Bekas, Cucu L300 yang Malah Pakai FWD 03

Delica ini hadir mengisi segmen high MPV, yang sejajar dengan Toyota Voxy, Nissan Serena, atau Mazda Biante. Namun, Mitsubishi memakai cara yang tak biasa, karena konsep awal dari Delica ini adalah MPV yang serba bisa di segala medan.

Postur duduk pengemudi dibuat cukup tinggi. Duduk di jok driver posisinya sangat commanding dan tinggi, dengan pemandangan dashboard yang sangat luas.

Ini biasanya jadi kelebihan sebuah SUV, yang cukup leluasa untuk visibilitas. Untuk menghasilkan performa responsif, tersedia paddle shift yang memudahkan kita untuk memilih rasio CVT yang tepat. 

4. Spesifikasi Mesin Mitsubishi Delica Bekas Underpowered

5 Fakta Menarik Mitsubishi Delica Bekas, Cucu L300 yang Malah Pakai FWD 04

Delica ini kurang disukai karena secara spesifikasi cukup underpowered. Kombinasi mesin dengan CVT dan FWD membuatnya makin kesulitan saat berhadapan dengan medan tanjakan yang agak curam.  

Kelemahan Mitsubishi Delica bekas ini ialah soal kemampuan mesinnya yang pas-pasan. Untuk cruising dalam kota memang halus tapi kurang agresif. Sebagai informasi, Delica ini punya bobot 1.685 kilogram. 

Ini mungkin karena kombinasi mesin 4J11 SOHC berkapasitas 2.0 liter dengan output 150ps dan 191 Nm dipadukan transmisi CVT kesulitan menghela Delica yang bongsor. 

5. Fitur Mitsubishi Delica Bekas, Cukup Lengkap di Medium MPV

5 Fakta Menarik Mitsubishi Delica Bekas, Cucu L300 yang Malah Pakai FWD 05

Mitsubishi Delica bekas ini meskipun penampilannya sedikit absurd namun fiturnya tetap oke. Fiturnya cukup standar di MPV medium, mirip seperti di Mazda Biante atau Toyota Nav1 yang menjadi rivalnya. 

Desain cluster instrument cukup modis karena sama persis dengan Outlander Sport dan Delica pun memiliki cruise control. Tak kalah menarik yaitu Delica sudah memiliki tweeter, fitur audio yang bahkan tak ada pada Mazda Biante yang harganya lebih mahal. 

Berikut ini fitur yang ada di Delica :

- Keyless Smart Entry

- Active Stability Control

- Auto Stop & Go

- Hill Start Assist

- Cruise Control

- Paddle Shifters

- Built-in Navigation

- Dual SRS Airbags & Knee Airbag

- Electric Retract Mirror

- Parking Camera

- HID with Auto-Levelling

- Electric Sliding Doors

- Konsol penyimpanan yang sangat banyak 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil