window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Hal Penting Bus UHD, Bisa bawa Motor Lebih Banyak!

Yongki Sanjaya · 28 Jan, 2023 12:00

5 Hal Penting Bus UHD, Bisa bawa Motor Lebih Banyak! 01

Inovasi yang dilakukan oleh pihak karoseri tak cuma membangun body bus yang nyaman dan kokoh. Karena adanya peluang dalam industri ekspedisi, maka karoseri bus juga menciptakan body berjenis ultra high deck (UHD). Bus UHD ini konsepnya menggabungkan antara double decker dan kargo sekaligus dalam sebuah kendaraan.

Secara spesifik, Bodi bus UHD punya dimensi yang mirip dengan Double Decker, bedanya cuma sekitar 100 mm lebih pendek. Adapun dek bawah seluruhnya digunakan untuk bagasi barang berdimensi besar. Sementara itu ruang untuk penumpang ada di bagian dek atas. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mengingat tinggi bus yang sekitar 4 meter, bagasinya bisa dimuat motor dan tentunya lebih banyak barang. Dengan demikian kita bisa bepergian jarak jauh memakai bus, tapi juga sekalian membawa serta motor kesayangan untuk jalan-jalan di lokasi tujuan. 

Rancangan bus ini sekaligus bisa jadi alternatif pendapatan perusahaan otobus dari sektor ekspedisi yang mereka jalankan. Kalaupun sedang musim sepi penumpang, perusahaan masih bisa mendapat pemasukan dari pengiriman barang mengandalkan bagasi raksasa di bus UHD milik mereka. 

Nah itu tadi sekilas soal bus UHD, lantas apa saja hal menarik dari bus jangkung ini? Berikut ini penjelasannya. 

1. Bus UHD Dibangun Memakai Rangka Space Frame

5 Hal Penting Bus UHD, Bisa bawa Motor Lebih Banyak! 01

Bus UHD semuanya menggunakan sasis spaceframe, sehingga membuat bus ini memiliki ruang bagasi tembus dengan ukuran sangat luas. Sasis space frame ini desainnya "terpotong" di bagian tengah dari pabrik, yang nantinya akan disambung di karoseri.

Selain itu dengan posisi penumpang ada di dek atas, atap bagasi pun bisa dibuat super tinggi pula. Bus UHD dapat membawa motor dengan cukup mudah tanpa perlu melepas spion.  

Volume barang yang dibawa pun bisa semakin banyak dalam sekali perjalanan. Hal ini kemudian bisa dimanfaatkan oleh perusahaan otobus untuk layanan ekspedisi pengiriman dalam semalam. 

2. Cuma Bisa Memakai Sasis Triple Axle/Tronton

5 Hal Penting Bus UHD, Bisa bawa Motor Lebih Banyak! 02

Hal penting dari rancangan bus seperti ini ialah harus memakai sasis bus jenis triple axle. Alasannya jelas karena dimensi yang begitu jangkung dan juga beban muatan yang cukup besar.

Sasis bus biasa tidak akan kuat dan sulit untuk seimbang dalam menopang bodi UHD. Maka tidak akan ditemukan bus berbodi UHD yang menggunakan sasis dua sumbu roda sekalipun itu sasis spek tinggi seperti Mercedes-Benz 1836.

3. Kapasitas Penumpang Bisa Lebih Banyak Dari Bus SHD

5 Hal Penting Bus UHD, Bisa bawa Motor Lebih Banyak! 03

Bus dengan rancangan UHD ini makin diminati karena bisa menampung jumlah penumpang lebih banyak dari bus single deck jenis UHD. Alasannya karena pada bagian paling depan ini bisa untuk ruang penumpang, tepatnya berada di atas ruang pengemudi. 

Perusahaan biasanya menambah satu baris kursi tepat di atas kokpit, sehingga kapasitas penumpang lebih banyak.

Dalam kondisi penumpang dan barang penuh, perusahaan yang menjalankan bus UHD memiliki keuntungan yang lebih banyak, dan omset yang tentunya lebih besar.

4 Posisi Kokpit dan Ruang Istirahat Pengemudi Ada Di Bawah

5 Hal Penting Bus UHD, Bisa bawa Motor Lebih Banyak! 04

Karena rancangannya ada dua lantai, maka desain ruang kemudi jadi terpisah. Akses dari kabin penumpang ke kokpit perlu menuruni tangga, dimana lantai penumpang ada di sisi atas. Di sisi belakang ruang kemudi terdapat ruang kecil untuk istirahat sopir. 

Keuntungannya tentu kokpit yang terpisah membuat driver dan penumpang masing-masing menjadi lebih nyaman. Privasi dan kenyamanan penumpang pun akan lebih terjaga bila seandainya sopir ingin merokok atau mendengarkan musik.

5. Posisi Toilet Ada di Dek Bawah

5 Hal Penting Bus UHD, Bisa bawa Motor Lebih Banyak! 05

Konsep rancangan bus super tinggi ini mirip seperti bus double decker, dimana dek penumpang hanya ada di lantai atas. Persoalan dari rancangan seperti ini ialah posisi toilet pasti ada di lantai bawah. 

Tidak seperti bus tingkat yang toiletnya cukup lega, toilet di bus jenis ini ini agak sempit. Kalau sudah kebelet ingin buang air kecil, kita harus turun dulu lewat tangga yang ada di tengah dengan sudut kemiringan agak curam. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil