window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Kelebihan Sleeper Bus di Indonesia, Sensasi ala Hotel Kapsul Berjalan

Yongki Sanjaya · 20 Jan, 2023 15:30

5 Kelebihan Sleeper Bus di Indonesia, Sensasi ala Hotel Kapsul Berjalan 01

Semenjak pemerintah membuka banyak jalur tol baru, turut mendorong para pengusaha angkutan darat untuk menghadirkan inovasi dalam layanan mereka. Salah satu inovasi untuk memanjakan penumpang jarak jauh yaitu dengan menghadirkan kelas sleeper bus. 

Sebagai informasi, sleeper bus merupakan kelas tertinggi dalam pelayanan bus antar kota antar provinsi. Kelas ini posisinya paling tinggi, di atas kelas eksekutif dan super eksekutif.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

PO Harapan Indah Pengguna Pertama Bodi Tentrem Avante H9 Priority, Mirip Hotel Berjalan!

PO Gunung Harta Tambah Satu Bus Double Decker Bersasis Volvo B11R, Ramaikan Line Malang-Jakarta PP

Jalan Tol Makin Panjang, Peminat Bus Tronton Makin Banyak Di Indonesia

Hadirnya kelas sleeper bus ini karena penumpang menuntut kondisi bus yang jauh lebih nyaman untuk perjalanan dalam waktu lama. Beberapa Perusahaan Otobus di pulau Jawa punya armada sleeper bus, salah satunya Suite Class milik PO Sinar Jaya atau di Pandawa 87. Tak cuma itu, layanan Sleeper ini juga tersedia sebagai subclass di bus double decker seperti pada PO Harapan Jaya atau Rosalia Indah. 

5 Kelebihan Sleeper Bus di Indonesia, Sensasi ala Hotel Kapsul Berjalan 01

Seperti apa kelas Sleeper ini hadir? Kelas ini ini menawarkan kemanyaman dan privasi lebih untuk penumpang dengan konsep mirip hotel kapsul. 

Lantas kenapa semakin banyak perusahaan otobus menyediakan kelas Sleeper ini? Apa hal menarik dari kelas tersebut hingga membuatnya begitu istimewa? Simak uraiannya berikut ini. 

1. Sleeper Bus Memakai Kursi Jumbo yang Bisa Direbahkan Total

5 Kelebihan Sleeper Bus di Indonesia, Sensasi ala Hotel Kapsul Berjalan 02

Dahulu sempat ada perusahaan yang menyediakan kelas sleeper tapi memakai konsep dipan. Namun demikian, pihak Kementerian Perhubungan tidak memperbolehkan konfigurasi seperti itu. 

Regulasi dari pemerintah tidak memperbolehkan layout tempat tidur. Pada PP Nomor 55 Tahun 2012, untuk uji tipe, yang tertera adalah jumlah kursi atau tempat duduk, bukan tempat tidur,

Untuk kelas sleeper versi terbaru bukan memakai dipan mendatar tentunya, tapi bentuk kursinya punya ukuran lebih lebar. Ada sandaran kaki, dan sandaran punggungnya juga bisa direbahkan hingga kemiringan 150 derajat.

2. Fitur Kenyamanan Ala Pesawat Terbang Kelas Atas

5 Kelebihan Sleeper Bus di Indonesia, Sensasi ala Hotel Kapsul Berjalan 03

Konsep fasilitas hiburan dan kenyamanan penumpang di sleeper bus dirancang mirip First Class pada pesawat terbang. Pada area kursi tersedia fitur mulai dari WIFI dan Audio Video On Demand (AVOD). 

Selebihnya masing-masing jok dilengkapi dengan cup holder, lampu baca, AC individual, USB charger, selimut, dan bantal. Pada beberapa perusahaan otobus, layanan servis makan pun cukup istimewa karena bisa memilih satu dari sekian menu yang telah tersedia. Adapun bus kelas eksekutif biasa, servis makan di rumah makan berupa sajian prasmanan. 

3. Konfigurasi Kursi Semi Double Decker

5 Kelebihan Sleeper Bus di Indonesia, Sensasi ala Hotel Kapsul Berjalan 04

Pada umumnya, Bus Sleeper memiliki kapasitas penumpang atau Jok Sleep sebanyak 20-22 seat. Kursinya disusun bertingkat atas dan bawah, sehingga untuk kursi di sisi atas ini serasa naik bus tingkat karena cukup tinggi. 

Untuk bus yang digunakan sebagai kendaraan kelas sleeper ini harus memakai single deck. Alasannya supaya tidak terlalu menimbulkan efek limbung pada kursi sleeper di dek atas. 

4. Punya Privasi Lebih Baik Dari Bus AKAP Kelas Dibawahnya

5 Kelebihan Sleeper Bus di Indonesia, Sensasi ala Hotel Kapsul Berjalan 05

Pada bus antar kota yang menyediakan fasilitas sleeper ini biasanya memakai sekat-sekat antar kursi, dan bisa ditutup tirai layaknya di kereta api priority atau first class pesawat terbang. 

Setiap penumpang benar-benar memiliki privasinya sendiri. Terlebih dengan konfigurasi kursinya 1-1 yang dibuat bertingkat sehingga tiap kursi ini digunakan secara privat. 

5. Fasilitas Mewah dengan Pramugari

5 Kelebihan Sleeper Bus di Indonesia, Sensasi ala Hotel Kapsul Berjalan 06

Sebagai kasta tertinggi, tentu pengguna sleeper bus akan dimanjakan dengan layanan terbaik. Wajar saja, harga tiketnya pun paling mahal dari kelas yang ada. 

Di dalam kabin, kita sudah disambut bantal, guling, selimut yang masih plastikan. Untuk menemani dalam perjalanan, penumpang disuguhi botol air mineral dan sekotak snack. Tak cuma itu, di beberapa bus menyediakan fasilitas kopi/teh yang kita seduh sendiri untuk dinikmati saat perjalanan. 

Bahkan di beberapa perusahaan otobus kenamaan, mereka menyediakan pramugari atau pramugara seperti pada pesawat terbang. Tugas pramugari ini untuk melayani kebutuhan penumpang seperti membagikan selimut dan snack, serta mencatat titik turun penumpang dan mengingatkannya ketika sudah dekat. Pramugari juga bisa membantu membuatkan minuman ringan seperti teh dan kopi bila penumpang kesulitan memakai coffee maker atau dispenser. 

 

 

 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil