window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Kelebihan yang Dimiliki Mobil FWD, Dulu Pernah Diejek Gak Kuat Nanjak

Yongki Sanjaya · 2 Nov, 2022 10:00

5 Kelebihan yang Dimiliki Mobil FWD, Dulu Pernah Diejek Gak Kuat Nanjak 01

Sistem penggerak roda depan kini sudah bukan hal baru lagi. Sistem ini terbilang efisien karena bisa memangkas biaya produksi karena  langsung menyalurkan tenaga mesin ke roda depan, tanpa melalui sistem gardan. Sebenarnya cukup banyak keunggulan yang dimiliki FWD, walau dulu sering diejek lemah di tanjakan.

Anggapan mobil dengan penggerak roda depan tidak kuat nanjak ini kurang tepat. Alasannya yang lebih tepat yaitu mobil dengan sistem penggerak depan kadang roda depannya tidak dapat momentum menapak yang sempurna sehingga membuat mobil gagal menanjak.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ketahui Kelebihan FWD, Mulai Dari Toyota Avanza Sampai Honda CR-V Kini Andalkan Penggerak Roda Depan

Toyota Pastikan Avanza dan Veloz 2022 Pakai FWD Tetap Kuat Seperti RWD

Bukti Ketangguhan RWD Toyota Avanza di Jalan Tanah Pedalaman Kalimantan, Xpander Dengan FWD Keok

Hal ini biasanya disebabkan pada kondisi jalanan menanjak dengan kemiringan kanan kiri yang tidak sejajar, salah satu ban tidak menapak dengan sempurna. Biasanya kehilangan traksi di mobil FWD disebabkan oleh jalan menanjak disertai belokan sehingga kedua ban depan tidak menapak secara sejajar.

5 Kelebihan yang Dimiliki Mobil FWD, Dulu Pernah Diejek Gak Kuat Nanjak 01

Selain itu mobil, dengan sistem penggerak depan ketika penumpang isi full, beban cenderung berat di belakang. Beberapa hal tadi lantas menjadi bahan ejekan bagi mobil FWD yang sering dicerca tidak kuat menanjak. Padahal faktanya, kini SUV medium dengan sasis monokok seperti Honda CR-V, Nissan X-Trail, atau Wuling Almaz memakai penggerak roda depan.

Nah, apa saja keunggulan di sistem penggerak roda depan yang menjadikannya kini jadi favorit di sebagian besar pabrikan mobil? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Biaya Produksi Mobil FWD yang Lebih Murah

5 Kelebihan yang Dimiliki Mobil FWD, Dulu Pernah Diejek Gak Kuat Nanjak 02

Hal pertama yang membuat mobil FWD kini semakin banyak dirilis yakni biaya produksi yang lebih murah dibandingkan sistem penggerak yang menggunakan sistem gardan. Mobil dengan sistem penggerak depan, bisa dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibanding RWD. 

Ini semestinya bukan hanya menguntungkan bagi produsen tapi juga bagi konsumen. Karena dengan fitur yang setara, bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

2. Optimalisasi Ruang Kabin Jadi Makin Lega

5 Kelebihan yang Dimiliki Mobil FWD, Dulu Pernah Diejek Gak Kuat Nanjak 03

Hal positif berikutnya dari mobil dengan penggerak roda depan yaitu ruang kabin akan menjadi lebih lega. Ini karena lantai bisa lebih rata, tidak terpangkas untuk tunnel untuk menempatkan gardan. Mobil dengan ground clearance rendah seperti city car jelas tidak mungkin mengorbankan luas kabin untuk menyematkan jalur gardan, sehingga FWD jadi solusi terbaik.

Sebagai contoh di mobil sedan Eropa yang mempertahankan gerak roda belakang, harus rela memiliki tongolan di bagian tengah lantai. Dampaknya baris belakang ruang kakinya kurang leluasa untuk diisi 3 orang.

Tak cuma itu, tata letak mesin pada mobil FWD dirancang secara melintang yang membuat ruang mesin lebih kompak dan kabin mobil jadi lebih luas. 

3. Distribusi Tenaga Optimal dan Konsumsi BBM Lebih Hemat

5 Kelebihan yang Dimiliki Mobil FWD, Dulu Pernah Diejek Gak Kuat Nanjak 04

Dalam sistem penggerak roda depan, tenaga mesin langsung tersalurkan ke roda depan. Tidak banyak tenaga yang terbuang seperti RWD yang harus disalurkan lebih dulu ke sistem gardan. Adanya gardan memberikan beban tambahan tersendiri dari segi bobot dan kemudian berdampak pada konsumsi BBM.

Gardan, flywheel, dan as kopel memiliki bobot yang cukup berat. Tidak adanya komponen tersebut membuat mobil FWD menjadi lebih lincah. Dampak positif lainnya bila dibandingkan dengan kapasitas mesin yang sama, maka mobil FWD cenderung lebih hemat untuk urusan penggunaan bahan bakar.

4. Traksi Lebih Oke di Jalan Datar yang Licin

5 Kelebihan yang Dimiliki Mobil FWD, Dulu Pernah Diejek Gak Kuat Nanjak 05

Kelebihan lain mobil dengan sistem FWD tentunya adalah traksi yang lebih baik ketika melewati jalan licin untuk jalanan yang datar. Beban dari bobot mesin yang menjadi faktor pendukung mobil FWD bagus untuk jalanan datar yang licin sehingga lebih seimbang. 

Dikutip dari laman resmi Toyota, pada mobil FWD, mobil ditarik dari depan, berbeda dengan RWD yang didorong dari belakang. Selain itu, beban di depan yang lebih besar juga membantu mobil untuk mendapat cengkeraman ban (grip) yang baik di depan.

Beban besar pada bagian depan mobil tersebut tidak optimal untuk handling, terutama pada kecepatan tinggi dengan belokan yang yang curam.Kelemahannya ada ketika di jalan tanjakan yang licin, mobil ini lebih beresiko kehilangan traksi.

5. Kabin Lebih Senyap Tanpa Suara Putaran Gardan

5 Kelebihan yang Dimiliki Mobil FWD, Dulu Pernah Diejek Gak Kuat Nanjak 06

Mobil dengan penggerak roda depan unggul dari sisi kenyamanan, termasuk dari sisi kesenyapan berkendara. Alasannya karena tidak ada komponen gardan. Suara mobil pun akan terdengar lebih halus. Soal kemampuannya, mobil ini akan terasa ringan saat dikendarai.


 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil