5 Penyebab Kopling Mobil Keras dan Cara Mengatasinya, Biar Betis Kaki Gak Besar Sebelah
Prasetyo · 5 Mar, 2023 08:07
Kopling mobil keras sering kali dikeluhkan para pemilik kendaraan dengan transmisi manual. Ya, meskipun sebagian besar mobil terbaru hanya menyediakan versi transmisi otomatis atau CVT, nyatanya peminat mobil transmisi manual masih tetap ada.
Tetapi seiring berjalannya waktu, penyakit mobil transmisi manual adalah kopling yang lama kelamaan mulai terasa keras. Ketika pedal kopling diinjak membutuhkan tenaga ekstra. Kemudian tuas transmisi juga jadi sulit untuk digeser posisinya.
Pedal kopling jadi sulit diinjak
Kalau sudah begini pasti menjengkelkan dan mengganggu konsentrasi berkendara. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, Anda perlu mengetahui apa penyebab dan cara mengatasi kopling mobil keras.
Dikutip dari Daihatsu Indonesia, ada beberapa hal yang menyebabkan pedal kopling mobil transmisi manual terasa keras saat diinjak berikut cara mengatasinya
1. Kampas kopling sudah aus
Kampas kopling rusak ganti yang baru dengan komponen original
Kampas kopling mobil yang sudah aus atau menipis, dapat menyebabkan gesekan antar komponen jadi lebih sering. Hal tersebut menyebabkan kopling mobil terasa keras saat diinjak.
Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan penggantian kampas kopling yang sudah aus tersebut dengan komponen yang baru. Tapi ingat, beli komponen yang original ya, supaya kenyamanan berkendara kembali normal dan komponen bertahan cukup lama.
2. Kabel kopling kering atau mau putus
Cek secara berkala kondisi kabel kopling
Penyebab kedua bisa karena keringnya kabel kopling. Kondisi tersebut terjadi karena jumlah oli sebagai pelumas berkurang.
Untuk mengatasinya, lakukan pengecekan kabel kopling dan memberikan pelumas secara rutin. Jangan sampai kabel ini dibiarkan tanpa perawatan yang pada akhirnya malah bisa putus seketika diperjalanan.
Kalau ganti kampas kopling sebaiknya satu set dengan mataharinya
Kondisi matahari kopling aus atau usang umumnya terjadi karena faktor usia pemakaian. Kondisi tersebut terjadi karena daya tekanan yang dihasilkan matahari kopling (cover clutch) sudah melemah.
Akibatnya kinerja dari komponen pressure plate terganggu sehingga transmisi mobil sulit digerakkan. Untuk mengatasinya, Anda juga wajib melakukan penggantian matahari kopling ini segera. Tapi lagi-lagi, jangan pakai komponen palsu ya!
4. Release bearing rusak
Bisa diganti sekalian satu set komponen kampas rem
Penyebab pedal kopling keras yang lainnya adalah karena kondisi release bearing yang rusak. Komponen ini berfungsi sebagai pendorong pegas diafragma cover clutch.
Apabila release bearing rusak maka pegas diafragma akan tergerus dan melemahkan tekanan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda perlu melakukan penggantian release bearing yang rusak dengan komponen yang baru.
Sering setengah kopling di tanjakan memperpendek usia komponen transmisi
Nah yang satu ini tanpa disadari sering memperpendek usia paka komponen transmisi. Ada beberapa kebiasaan buruk pengguna mobil transmisi manual yang sebaiknya dihilangkan. Yaitu:
Terus menerus meletakkan kaki kiri di atas pedal kopling. Injaklah pedal kopling hanya sata dibutuhkan saja.
Teknik setengah kopling saat menanjak.
Mobil start dari gigi 2 atau 3 yang dapat mempercepat komponen transmisi.
Injak pedal kopling terus menerus saat berhenti atau mengerem ketika macet atau di lampu merah.
Demikian beberapa penyebab dan cara mengatasi kopling mobil keras. Kalau Anda mengemudi dengan santai dan mengetahui teknik berkendara yang tepat, tentu saja akan memperpanjang usia pakai komponen pada kendaraan itu.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.
Komentar