window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Penyebab Utama Lampu Mobil Menjadi Tidak Terang, Jika Dibiarkan Bikin Bahaya

Enda · 25 Mei, 2022 08:30

Penyebab lampu mobil redup

Lampu merupakan salah satu bagian terpenting pada mobil guna memberikan visibilitas yang baik saat berkendara di malam hari. Kondisi lampu mobil yang kurang terang, tentunya bisa mengakibatkan penglihatan pengemudi menjadi tidak jelas dan juga berbahaya bagi pengendara lain.

Lantas apa penyebab lampu mobil menjadi tidak terang? Berikut ulasannya.

Baca juga: 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Sebelum Mematikan Mesin Mobil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Soket Lampu Berkarat

Penyebab lampu mobil redup

Soket lampu berkarat

Karat yang timbul pada soket lampu bisa menghambat pasokan kuat arus listrik. Apabila hal ini terjadi, tentu cahaya yang dihasilkan menjadi berkurang.

Guna mengatasinya, kalian bisa membersihkan soket dengan cara disikat atau digosok dengan amplas. Apabila kondisi karatnya parah, sebaiknya untuk menggantinya.

2. Soket Pada Lampu Meleleh

Faktor lain yang bisa menyebabkan lampu mobil menjadi tidak terang adalah soket lampu yang meleleh. Hal ini dikarenakan tegangan listrik yang masuk ke lampu menjadi terhambat.

Penyebab soket lampu meleleh bisa dikarenakan soket tidak terpasang dengan baik atau kencang, yang berdampak arus pendek dan menimbulkan panas dan melelehkan soket lampu. 

3. Relay Lampu Melemah

Penyebab lampu mobil redup

Relay lampu lemah

Relay lampu banyak digunakan mobil untuk menghasilkan pencahayaan secara maksimal. Alat ini bertugas menjadi jembatan atau penghubung arus listrik utama dari aki ke lampu mobil. Apabila ada suatu bagian rangkaian utama pada relay yang longgar atau sudah lemah, tentunya bisa mengakibatkan penerangan pada lampu menjadi tidak maksimal. 

Baca juga: Biar Gak Glodakan dan Bikin Celaka, Ini Tips Melewati Polisi Tidur

4. Mika Lampu Buram

Mobil keluaran tahun 2000 ke atas untuk lampu utamanya banyak yang menggunakan bahan dari mika. Bahan tersebut digunakan selain mampu menekan biaya produksi, saat pecah akibat terjadinya benturan tidak terlalu berbahaya.

Untuk kelemahannya, mobil dengan rumah lampu dari bahan mika ini mudah kusam atau menguning apabila mobil sering terjemur matahari langsung. Mika yang kusam tersebut, dapat menyebabkan pencahayaannya menjadi tidak maksimal apabila lampu dinyalakan pada malam hari.

Guna menanganinya, kalian bisa memoles mika kaca atau menggantinya dengan yang baru. Untuk menghindari mika yang menguning, kalian bisa membersihkannya setelah terkena hujan dan parkir di tempat teduh.

5. Arus Listrik Pada Aki Melemah

Penyebab lampu mobil redup

Arus listrik pada aki lemah

Aki sendiri merupakan tempat tersimpannya energi listrik yang berfusngsi untuk menghidupkan lampu. Kondisi aki yang lemah ini dapat menurunkan cahaya lampu. Ciri dari aki lemah, lampu mobil lama kelamaan menjadi redup dan sistem kelistrikan lainnya tidak bisa berfungsi secara normal.

Baca juga: Sering Luput dari Perawatan, Hati-hati Muncul Berbagai Masalah Pada Ban Cadangan Mobil

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil