Toyota Agya Kalah Irit Bensin Dibandingkan Honda Brio

Toyota Agya irit bahan bakar, mungkin itu yang dipikirkan oleh pemiliknya. Tapi benarkah seperti itu? Adakah mobil kecil dari merk lain yang bisa menyamai Toyota Agya. Memang dalam membahas mobil kecil atau yang lebih dikenal dengan city car di Indonesia ada satu variabel penting yang dipilih saat memilih mobil ini. Yakni efisiensi bensin.

Selain Toyota Agya di pasar otomotif nasional juga terdapat mobil kecil lainnya yaitu Honda Brio. Lalu mana yang paling irit antara Honda Brio dan Toyota Agya.

Mesin Toyota Agya

Mesin 1.0L kali ini ditingkatkan menjadi Variable Valve Timing dengan teknologi Intelligence (VVT-i) DOHC three-cylinder in-line (in-line), yang mampu menghasilkan tenaga hingga 67 PS @ 6.000 dengan torsi 9,1. kgm @ 4,000rpm.

Sedangkan untuk mesin 1.2L pada Toyota Agya dibekali mesin dual VVT-I empat silinder segaris dengan kemampuan mencapai 88 PS @ 6.000 rpm dengan torsi 11.0 kgm @ 4.200rpm. Kedua mesin tersebut diklaim memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik dari sebelumnya.

Penggunaan mesin 3NR juga diklaim oleh Toyota Indonesia membuat Agya terbaru memiliki suara yang halus dan minim getaran. Fitur Keselamatan Toyota juga sudah mulai menyematkan komponen keamanan, dengan tambahan empat fitur seperti immobilizer, sabuk pengaman 3 titik untuk seluruh penumpang, serta khusus sistem pengereman anti-lock (ABS) 1.2L TRD, dan bagian belakang ada sensor (varian G & TRD).

Mesin

Toyota Agya

Honda Brio

Tipe Mesin

1200 cc 3NR-VE dengan Dual VVT-i

L12 B 1.2L SOHC 4-silinder segaris i-VTEC + DBW

 

 

Isi Silinder

1.197 cc

1.199 cc

 

Tenaga Maksimal

86.5 hp @ 6.000 rpm

88.5 dk @ 6.000 rpm

 

Torsi Maksimal

108 Nm @ 4.200 rpm

110 Nm @ 4.800 rpm

 

Rasio Kompresi

10.3:1

11,5:1

 

Transmisi

Manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan

Manual 5-percepatan dan CVT otomatis

 

Performa Toyota Agya

Mesin 3NR-VE bukan untuk kecepatan tetapi dirancang untuk efisiensi bahan bakar. Rasio kompresi 11.5: 1 sangat tinggi sehingga juga membutuhkan bahan bakar oktan tinggi. Meski konsumsi bahan bakarnya belum diuji, saya yakin lebih baik dari Calya dan Sigra.

Bagian perencanaan produk Toyota Indonesia menjelaskan tentang akselerasi 0-100 km / jam Toyota Agya 1.2 MT yang dicapai dalam waktu 12,6 detik. Angka yang lebih baik dari mesin 1.0 liter yang membutuhkan waktu 13,7 detik.

Namun, sekencang apa pun akselerasinya, sulit menemukan sisi menyenangkan dari mobil ini. Yang paling basic datang dari posisi berkendara yang kurang stabil, perpindahan gigi manual yang hambar dan karakter mesin itu sendiri. Sekali lagi, mobil ini hanyalah salah satu alat transportasi perkotaan yang memiliki akomodasi kabin luas dan hemat bahan bakar.

Injak kopling perlahan, lalu masukkan gigi satu dengan karakter tuas tidak berubah. Respon pedal gas mengalami sedikit jeda karena digerakkan oleh kabel alias pedal gas tanpa kabel. Torsi pada kecepatan rendah relatif lemah jika dibandingkan dengan mesin 3 silinder.

Oleh karena itu, untuk mengimbangi arus lalu lintas stop-n-go, mesin 1,0 liter pada Toyota Agya memiliki waktu yang lebih mudah untuk memasang torsi pada rpm rendah. Namun, saat putaran mesin tinggi, tenaga mesin 1,2 liter mulai bersuara. Karakter yang sama seperti yang ditawarkan Calya. Mesin 4 silinder kecil tipikal dengan kapasitas lemah pada kecepatan rendah. 

Pengembangan yang dilakukan membuat Agya semakin nyaman dan juga semakin mirip Calya. Hingga saat ini belum ada lagi pemain baru di kelas city car yang menawarkan fitur lebih lengkap, kualitas lebih baik, di luarLCGC dan harganya hanya selisih sedikit.

Efisiensi Bensin Toyota Agya VS Honda Brio

Dari segi mesin, kedua mobil ini menggunakan mesin yang sama berkapasitas 1.2 L. Toyota Agya mengandalkan mesin 1.197 cc NR dengan tenaga 88 tenaga kuda dan torsi 108 Nm. Sedangkan Honda Brio dibekali mesin 1.199cc L12B bertenaga 90 tenaga kuda dan torsi 100 Nm.

Dari segi transmisi, Honda Brio sudah memiliki teknologi CVT. Sementara Toyota Agya [ada varian tertinggi menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan. Cek data uji dan review mendalam kedua mobil ini, sehingga diketahui informasi dari masing-masing model. Dari keduanya, Honda Brio memiliki mesin paling irit bahan bakar.

Dalam pengetesan tersebut terungkap bahwa Honda Brio memiliki efisiensi hingga 16,6 km / liter untuk rute dalam kota, dan 22,6 km / liter untuk rute jalan raya. Hebatnya, selain irit bahan bakar, mesin L12B Brio yang berteknologi i-VTEC dan berkapasitas 1.199 cc juga menjadi yang paling bertenaga di antara para rivalnya.

Sedangkan Toyota Agya berada di urutan kedua dengan konsumsi bahan bakar 15,1 km / liter untuk jalur dalam kota dan 20,7 km / liter untuk jalur tol.

Konsumsi Bensin

Toyota Agya

Honda Brio

Pemakaian BBM di Tol

20,7 Km/Liter

22,6 Km/Liter

Pemakaian BBM Dalam Kota

15,1 Km/Liter

16,6 Km/Liter

Kesimpulan

Sebagai catatan, konsumsi bahan bakar yang hanya 20 km / liter sebenarnya sudah sangat irit. Jadi tidak perlu takut selisih 2 km / liter membuat Agya jauh lebih boros dibanding Honda Brio. Toyota Agya memiliki varian tertinggi yaitu Toyota Agya G TRD A / T.

Sedangkan Honda Brio memiliki varian tertinggi di seri E yaitu Honda Brio Satya E CVT. Kedua mobil tersebut bersaing di kisaran harga yang sama yakni Rp 170 juta. Sekarang, pilihan mobil kembali ke Anda.

Jadi, menurut kalian apakah efisiensi/ keiritan bahan bakar menjadi poin utama Anda dalam memilih sebuah mobil ?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Agya

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Menimbang Toyota Agya G dan Daihatsu Ayla R, Lebih Pas Mana?

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

Nyoba Dua Varian Agya Baru, Apa Saja Bedanya? | All New Toyota Agya G & GR Sport

NEW 2021 TOYOTA AGYA

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

2021 Honda Brio RS Urbanite yang Lebih Sporty Dengan

All New Honda Brio Pada Sisi Desain yang Semakin Dinamis dan Sporty

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Agya
Lihat