window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

6 Bagian Mobil yang Perlu Cek Usai Berkendara Jarak Jauh

Herdi · 3 Jan, 2023 16:04

6 Bagian Mobil yang Perlu Cek Usai Berkendara Jarak Jauh 01

Cek mobil wajib dilakukan secara rutin. Bukan cuma saat hendak melakukan perjalanan jauh, namun juga pasca berkendara jarak jauh. Dan karena musim libur Natal dan Tahun Baru 2023 telah usai, itu artinya Anda akan kembali beraktifitas.

Jika pekan lalu Anda berlibur bersama keluarga atau teman ke luar kota, maka mulai pekan ini bakal kembali melakukan mobilitas seperti biasanya. Tentunya perlu untuk cek mobil secara menyeluruh supaya tidak ada kendala saat dipakai beraktifitas sehari-hari.

6 Bagian Mobil yang Perlu Cek Usai Berkendara Jarak Jauh 02

Habis melakukan perjalanan jauh sebaiknya mobil dilakukan pemeriksaan

Hal ini juga disarankan Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara. Menurut dia, ada beberapa komponen mobil yang perlu diperiksa supaya terjaga kondisinya dan siap kembali beraktivitas.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Urusan Toyota lebih mudah, serahkan tugas pemeriksaan mobil setelah berlibur  dengan melakukan servis berkala di bengkel Auto2000 atau order THS - Auto2000 Home Service di rumah pelanggan," ungkap Nur Imansyah Tara dalam keterangannya, Selasa (03/01/2023).

Nah, berikut ini beberapa bagian kendaraan yang perlu diperhatikan saat melakukan cek mobil pasca liburan:

Baca juga: 5 Penyakit Ringan Ini Sering Disepelekan, Padahal Ganggu Konsentrasi Berkendara

1. Spooring dan Balancing Ban 

6 Bagian Mobil yang Perlu Cek Usai Berkendara Jarak Jauh 01

Periksa apakah ban kempis atau bocor

Hal paling penting untuk dicek kembali yaitu ban. Sebab saat liburan, mobil yang menampung penumpang dan barang telah digunakan di berbagai kondisi jalan.

Oleh sebab itu, ban wajib periksa tekanan udara sesuai rekomendasi pabrikan. Termasuk periksa kondisi telapak dan dinding ban, serta bibir velg mobil. Jika diperlukan, maka Anda bisa melakukan spooring dan balancing untuk menjaga performa ban dalam kondisi baik. 

2. Ganti Oli Mesin

6 Bagian Mobil yang Perlu Cek Usai Berkendara Jarak Jauh 02

Sebaiknya oli mesin juga diganti

Bagian lainnya yang juga perlu dilakukan pengecekan kembali yaitu oli mesin. Ya, saat digunakan selama melakukan perjalanan liburan, oli mesin pasti bekerja keras, karena telah mengalami berbagai  gesekan antar komponen. 

Maka dari itu, cek kondisi oli mesin, kemudian pastikan volumenya apakah masih sesuai takaran atau tidak. Jika warnanya berubah, jadi keruh atau hitam pekat, maka perlu dikuras atau diganti.

Baca juga: 7 Hal Sepele Penyebab AC Mobil Cepat Rusak, Ada yang Gak Sadar Sering Kita Lakukan

3. Cek Kondisi Suspensi dan Rem

6 Bagian Mobil yang Perlu Cek Usai Berkendara Jarak Jauh 03

Jika rem kotor, bersihkan

Bagian mobil yang perlu dicek jika sudah digunakan perjalanan jarak jauh yaitu kaki-kaki. Dalam hal ini suspensi.  Perhatikan shock absorber dari kebocoran, dan karet-karet penyangga di sekitarnya dari potensi getas atau robek.

Selain suspensi, pastikan juga kondisi kampas rem cakram, atau tromol masih dalam kondisi baik. Cek pula kondisi selang rem untuk mencegah kebocoran. 

4. Pastikan Mesin Tetap Kering

6 Bagian Mobil yang Perlu Cek Usai Berkendara Jarak Jauh 04

Jangan sampai ada kebocoran di ruang mesin

Bagian mesin juga perlu dilakukan pengecekan. Pastikan mesin tidak mengalami berbagai kebocoran, termasuk adanya noda-noda dari oli yang menempel. 

Untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel, maka bersihkan bonggolan mesin dengan menggunakan kain lap basah. Namun perlu dicatat, pastikan kondisi mesin mobil dalam kondisi mati.

Sebelumnya, saat kondisi mesin dalam posisi ON, Anda bisa melakukan pengecekan pada panel instrumen apakah ada masalah atau tidak. Jika tak ada maka bisa melanjutkan dengan menyalakan mesin. Dengarkan bila ada suara aneh terdeteksi.

5. Periksa Seluruh Cairan Mobil

6 Bagian Mobil yang Perlu Cek Usai Berkendara Jarak Jauh 05

Cek kondisi air radiator

Di mobil, tidak hanya mesin, tapi juga ada berbagai cairan di dalamnya, seperti cairan radiator, cairan wiper hingga cairan aki. Selain itu pelumas atau oli atau minyak, dan itu semua termasuk minyak rem, oli mesin, hingga oli transmisi.

Nah, cairan-cairan ini perlu dicek. Paling mudah, Anda wajib tahu cara mengisi cairan di radiator dan wiper. Untuk mengisi cairannya. Jika kurang maka langsung tambah cairan. 

Sedangkan untuk cairan lainnya yang perlu diperiksa seperti volume tabung fluida kopling untuk mobil transmisi manual. Cek ketinggian air aki, kemudian  bersihkan permukaan tutup pengisi dan terminal aki. Selain itu, cek juga volume minyak power steering hidrolis.

Baca juga: 7 Bahaya di Jalan Tol yang Selalu Mengintai Pengemudi, Jangan Keenakan Ngegas

6. Bersihkan Kabin dan Bagasi Mobil

6 Bagian Mobil yang Perlu Cek Usai Berkendara Jarak Jauh 06

Jangan lupa cuci mobil setelah melakukan perjalanan jauh

Yang tak kalah penting adalah pastikan seluruh bagian mobil dicuci bersih, mulai dari bodi, kolong mobil, ruang mesin, hingga kabin dan bagasi. 

Kabin dan bagasi harus diberi perhatian lebih mengingat dipakai sebagai tempat duduk penumpang dan menyimpan barang. Pastikan tidak ada kotoran tersisa untuk menjaga kebersihannya. 

Jika Anda merasa waktunya rebahan setelah liburan, tidak ada salahnya mobil diserahkan ke bengkel terpercaya untuk dilakukan pengecekan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil