window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

7 Barang Penting yang Wajib Ada di Mobil Saat Mudik Lebaran, Kalau Ketinggalan Bisa Bikin Mumet

Adit · 21 Apr, 2022 18:01

7 Barang Penting yang Wajib Ada di Mobil Saat Mudik Lebaran, Kalau Ketinggalan Bisa Bikin Mumet 01

  • Inilah 7 barang penting yang wajib ada di mobil saat mudik.
  • Salah satunya pastikan keberadaan dongkrak dan APAR.
  • Tak kalah penting, siapkan adaptor charger untuk mobil yang masih pakai power outlet.

Barang bawaan di mobil ketika mudik bukan cuma koper berisi pakaian hingga buah tangan untuk dibagikan di kampung halaman. Tetapi juga perlu ingat harus membawa sejumlah barang yang keberadaannya vital, terlebih untuk menunjang kenyamanan selama di perjalanan. 

Bukan cuma itu, barang yang dibawa juga harus diandalkan sebagai upaya pencegahan manakala menghadapi situasi darurat. Hematnya begini, yang perlu diperhatikan bukan cuma keberadaan ban cadangan, ada beberapa benda lain yang perlu dibawa.

Baca Juga: Ini Cara Dongkrak Mobil yang Benar

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Dongkrak

Mengacu pada sumber dari tim Auto2000, pastikan bahwa mobil telah dilengkapi dongkrak. Barang yang satu ini wajib ada di mobil karena satu-satunya alat yang digunakan untuk membantu proses ganti ban, jika sewaktu-waktu ban utama kempis atau bocor di perjalanan.

7 Barang Penting yang Wajib Ada di Mobil Saat Mudik Lebaran, Kalau Ketinggalan Bisa Bikin Mumet 01

Penting saat ban bocor atau robek

Sebenarnya dongkrak sudah termasuk dalam satu paket pembelian mobil, termasuk P3K, dan perangkat segitiga pengaman. Letaknya berbeda-beda, ada yang di bawah jok penumpang, kompartemen belakang, hingga ruang kap depan.  

2. Senter

Jangan lupakan juga untuk selalu membawa senter. Biasakan untuk menyimpannya di lokasi yang mudah dijangkau, misalnya laci depan atau glove box. Barang ini penting ketika terjadi masalah di mobil saat malam hari. 

3. APAR

Yang satu ini khusus pengguna mobil lama. Ya, Anda juga perlu melengkapi barang bawaan di mobil dengan perangkat APAR atau alat pemadam api ringan. Barang ini sudah diwajibkan pada mobil keluaran terbaru, diharapkan pengguna mobil lama juga bisa menyesuaikannya. 

7 Barang Penting yang Wajib Ada di Mobil Saat Mudik Lebaran, Kalau Ketinggalan Bisa Bikin Mumet 02

Mencegah kebakaran di jalan

Keberadaan APAR penting untuk menindaklajuti kebakaran yang ada di kendaraan. Bukan cuma ketika mengalaminya sendiri, tapi alangkah lebih baik juga APAR digunakan apabila menemukan kendaraan lain terbakar. 

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran 2022, Mobil LCGC Transmisi Manual Paling Banyak Dibeli

4. Pengukur Tekanan Ban dan Kompresor Portabel

Pengukur tekanan ban juga perlu dibawa. Barang yang satu ini mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau. Fungsinya sesuai namanya, untuk mengetahui tekanan ban kendaraan Anda. Apabila mendapati kurang tekanan anginnya, maka harus segera sesuaikan. 

7 Barang Penting yang Wajib Ada di Mobil Saat Mudik Lebaran, Kalau Ketinggalan Bisa Bikin Mumet 03

Jangan sampai ban kekurangan tekanan angin

Untuk mengisi angin bisa kunjungi gerai atau bengkel di pinggir jalan. Bila perlu supaya lebih efektif dan efisien, juga menghindari tidak menemukan fasilitas pengisian angin, ada baiknya siapkan juga kompresor portabel yang menggunakan listrik dari power socket. 

5. Kabel Jumper

Kabel jumper juga harus disiapkan. Sebisa mungkin tidak menganggapnya remeh karena fungsinya dapat berguna apabila mobil Anda mogok lantaran aki tekor. Selain itu seperti APAR, kabel jumper juga bisa digunakan membantu kendaraan lain yang membutuhkan setrum listrik untuk memulihkan aki. 

6. Buku Manual

Selanjutnya adalah buku manual. Memang untuk yang satu ini jarang sekali dibuka, bahkan saat penyerahan unit dari diler ke pengguna. Namun alangkah baiknya apabila buku manual ini selalu berada di mobil. Idealnya tempatkan selalu di glove box. 

7 Barang Penting yang Wajib Ada di Mobil Saat Mudik Lebaran, Kalau Ketinggalan Bisa Bikin Mumet 04

Barang yang wajib selalu disimpan di mobil

Buku manual ini ibarat 'kitab' yang berisi panduan dan informasi mengenai mobil sebagai rujukan saat mengalami kendala di perjalanan. 

7. Adaptor Charger

Terakhir, pastikan juga sudah melengkapi mobil dengan adaptor charger. Sesuai pembuka artikel ini, selain perangkat penunjang kondisi darurat, juga perlu melengkapi mobil untuk menunjang kenyamanan penumpang maupun si pengemudi. 

7 Barang Penting yang Wajib Ada di Mobil Saat Mudik Lebaran, Kalau Ketinggalan Bisa Bikin Mumet 05

Jangan sampai ponsel kehabisan daya baterai di perjalanan

Perangkat yang satu ini sekarang tak terpisahkan untuk mengisi daya baterai gawai, apalagi khusus mobil Anda yang belum dilengkapi USB port. 

Baca Juga: Jangan Asal Beli APAR Buat Mobil, Salah Pilih Malah Bikin Korsleting

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil