window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Begini Cara Ampuh Kurangi Kabut di Kaca Mobil Tua Tanpa Defogger

Yongki Sanjaya · 18 Agu, 2023 08:00

Begini Cara Ampuh Kurangi Kabut di Kaca Mobil Tua Tanpa Defogger 01

Kabut menjadi musuh bagi pengendara, karena membuat pengelihatan jadi terbatas. Tak jarang, kaca mobil berkabut saat kondisi dingin atau turun hujan lebat. Bagi mobil tua yang tidak memiliki defogger, kaca depan yang berkabut jadi hal yang menjengkelkan. Ini karena pengemudi atau penumpang depan harus sesekali mengelap kaca sembari berkendara.

Ada beragam upaya yang bisa dilakukan untuk menyingkirkan kabut, mulai dari membuka sedikit kaca jendela hingga menyiapkan tembakau di dashboard untuk menyerap kelembaban sekitar kaca depan.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Seiring kemajuan teknologi, kita bisa menghambat efek kabut memakai cairan kimia. PT Laris Chandra selaku distributor brand Turtle Wax merilis Streak Free Mist Glass Cleaner Inside N Out. Cairan ini difungsikan sebagai pendingin kaca dan mencegah timbulnya jamur.

Bila diaplikasikan di kaca bagian dalam dengan lapisan kaca film, dapat mengurangi efek kepekatan embun atau kabut di kaca. Untuk Kaca bagian luar, dapat menghilangkan debu, noda, sidik jari, dan bahkan kotoran burung dan serangga yang mati serta memiliki aroma yang segar.

Begini Cara Ampuh Kurangi Kabut di Kaca Mobil Tua Tanpa Defogger 01

"Cairan ini digunakan di kaca mobil termasuk sunroof, dan aman untuk kaca film. Bila dipakai pada kaca bagian dalam, bisa mengurangi efek embun," sebut Puspita Arum Dyah Retnani selaku Brand Strategist PT Laris Chandra.

Hybrid Solutions merupakan line-up produk terbaru dari Turtle Wax yang dirancang khusus dengan grade professional. Cairan ini aman untuk permukaan kaca bagian dalam ataupun luar tanpa meninggalkan goresan. Sebagai catatan, kaca harus bersih dari noda dan jamur agar bisa mengaplikasikan cairan Glass Cleaner dari Turtle Wax.

Pertama, cuci dan keringkan mobil. Kemudian, semprotkan spray untuk mengaplikasikan produk dengan semburan pendek atau tahan untuk satu semprotan terus menerus pada permukaan kaca.

Setelah cairan menyebar, usap cairan memakai kain mikrofiber yang dilipat untuk menyeka dengan kuat dan menghilangkan kotoran, noda, dan sidik jari. Ulangi langkah-langkah ini di jendela atau permukaan kaca bagian dalam, sampai semua kaca mobil baik di dalam maupun di luar telah dibersihkan.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil