window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukannya Jadi Bersih, Ini Efek Negatif Air Wiper Mobil Dicampur Shampo

Prasetyo · 9 Agu, 2022 08:08

Bukannya Jadi Bersih, Ini Efek Negatif Air Wiper Mobil Dicampur Shampo 01

  • Air wiper mobil sebaiknya jangan dicampur shampo.
  • Bukannya membersihkan kaca mobil tapi justru merusaknya.
  • Mulai dari muncul efek pelangi, jamur, hingga kaca baret.

Beberapa hari terakhir disejumlah wilayah Ibukota mulai turun hujan lebat. Pada kondisi demikian, tentunya mobilitas tinggi Anda jangan sampai terganggu. Untuk itulah perlu mempersiapkan kendaraan agar tetap andal digunakan menerjang hujan deras.

Satu dari beberapa komponen mobil yang wajib dicek pada saat musim hujan yakni kondisi wiper mobil. Selain itu jangan lupa juga periksa kadar dan kualitas air wiper mobil tersebut. Jika habis, maka air wiper ini wajib diisi ulang.

Namun sering timbul pertanyaan, apakah boleh air wiper mobil menggunakan cairan shampo?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Jangan Sembarangan Wiper Mobil Diangkat Saat Parkir, Malah Bisa Rusak Lho!

Jangan Sampai Tabung Reservoir Dibiarkan Kosong

Bukannya Jadi Bersih, Ini Efek Negatif Air Wiper Mobil Dicampur Shampo 01

Kalau air wiper habis akan merepotkan ketika kaca kotor

Dikutip dari keterangan tertulis Auto2000, yang penting harus diingat para pemilik mobil adalah kondisi tabung reservoir. Wadah penampungan air wiper mobil ini jangan sampai dibiarkan kosong.

Karena jika tabung kosong dan air wiper habis, kondisi tersebut membuat Anda terganggu saat perjalanan. Terutama ketika kaca depan mobil kotor, maka tak bisa diusap hingga bersih menggunakan wiper.

Air Wiper Diisi Cairan Shampo?

Bukannya Jadi Bersih, Ini Efek Negatif Air Wiper Mobil Dicampur Shampo 02

Gunakan hanya cairan khusus wiper

Nah yang kemudian jadi banyak pertanyaan adalah, apakah boleh air wiper menggunakan cairan shampoo? Karena tak sedikit pemilik mobil yang memasukkan cairan untuk rambut tersebut ke dalam tabung reservoir dan dicampur dengan air wiper. Teknik ini dianggap untuk mempermudah proses membersihkan kaca depan mobil.

Sebenarnya tindakan tersebut tidak merekomendasikan, karena dikhawatirkan shampo memiliki bahan deterjen atau pembersih yang tidak sesuai untuk dipakai pada kaca mobil. Selain itu, juga tidak dapat mengetahui kandungan zat lain di dalam shampo yang dapat bermasalah kalau terkena kaca mobil atau karet wiper.

Baca juga : Banyak yang Keliru, Ini Bedanya Wiper Frameless Vs Hybrid

Kaca Mobil Jadi Baret

Bukannya Jadi Bersih, Ini Efek Negatif Air Wiper Mobil Dicampur Shampo 03

Kalau baret, biaya perbaikan kaca malah lebih malah

Efek negatif yang terjadi jika shampo dipakai buat air wiper mobil diantaranya adalah baret di kaca lantaran terkikisnya lapisan kaca mobil oleh bahan shampo yang disapu oleh wiper. Serta bakal muncul efek pelangi atau bayangan di kaca mobil akibat tertinggalnya cairan shampo yang akan mengganggu visibilitas pengemudi.

Sementarea bagian kaca mobil yang tidak terkena sapuan wiper bakal timbul bercak bekas shampo sebagai awal terbentuknya water spot atau jamur kaca. Termasuk, cairan shampo menggumpal di dalam tabung atau selang sehingga membuat saluran mampat.

“Air wiper memiliki fungsi penting untuk menjaga kebersihan kaca depan mobil supaya daya pandang pengemudi tidak terganggu. Pilihlah air wiper yang memiliki berbagai formula spesifik untuk menjaga kondisi kaca mobil,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

Baca juga : Ini 3 Penyebab Wiper Mobil Tidak Bekerja Maksimal, Antisipasi Hujan Lebat Saat Mudik!

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil