window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti

Herdi · 14 Jul, 2023 19:05

Gerbang Tol

Beberapa waktu lalu sebuah rekaman video pengguna mobil yang masuk gerbang tol viral di media sosial, karena ditegur petugas lantaran dianggap tidak melakukan transaksi. 

Saat ditegur, sang pengguna mobil mengaku jika dirinya bukan tidak membayar, melainkan memanfaatkan aplikasi Let It Flo.

Baca juga: Bayar Tol Tanpa Stop Cukup Pakai Aplikasi di Ponsel, Ini Manfaatnya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Gerbang Tol Otomatis

Saat ini pembayaran mobil saat melewati Gerbang Tol masih menggunakan kartu elektronik. (Foto: istimewa)

Ya, Let It Flo merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk di jalan tol, agar mobil tidak perlu berhenti saat melakukan transaksi pembayaran di Gerbang Tol Otomatis (GTO).

Untuk menggunakan Let it Flo, pengguna jalan tol hanya perlu mengunduh aplikasi aplikasi tersebut dan melakukan sinkronisasi dengan stiker RFID yang ditempatkan di bagian depan kendaraannya.

"Untuk menggunakannya, pengguna jalan tol hanya perlu mengunduh aplikasi Let it Flo dan melakukan sinkronisasi dengan stiker Radio Frequency Identification (RFID) yang ditempatkan di bagian depan kendaraannya," tulis situs resmi Let it Flo.

Baca juga: Jalan Tol di Indonesia Makin Canggih, Bisa Otomatis Lakukan Rekayasa Lalu Lintas Saat Ada Kemacetan

Manfaat Let it Flo di Gerbang Tol

Gerbang Tol

Pembayaran tol saat ini sudah seluruhnya menggunakan uang elektronik (Foto: Istimewa

Aplikasi Let it Flo sendiri merupakan salah satu program yang pengujiannya dilakukan langsung Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Adapun dengan menggunakan aplikasi berbasis teknologi RFID yang disematkan pada smartphone, yaitu ada tiga, diantaranya:

1. Mudah Digunakan

Pemilik mobil hanya perlu mendownload dan memesan stiker RFID pada aplikasi Let it Flo.

Ruas Tol bisa untuk Let it Flo

Ruas tol yang bisa menggunakan Let it Flo (Foto: Let it Flo)

2. Tanpa Perlu Berhenti

Dengan adanya aplikasi ini, maka mobil tidak perlu tapping atau menghentikan mobil saat hendak membayar tol.

Maka dari itu, dengan menggunakan aplikasi ini, kemacetan di gerbang tol bisa teratasi.

3. Mudah Untuk Isi Ulang

Saat menggunakan aplikasi Let it Flo, sangat mudah untuk melakukan isi voucher, karena cukup menggunakan smartphone Anda. 

Baca juga: Ingat, Nyalip dari Bahu Jalan Tol Bisa Pidana Penjara 2 Bulan, Nyawa Pun Terancam!

Cara Registrasi Let it Flo

Aplikasi Let it Flo

Aplikasi Let it Flo. (Foto: Let it Flo)

Untuk memiliki aplikasi Let it Flo, memang tidaklah sulit, karena tahapannya selain memiliki smartphone ada beberapa hal sebagai berikut:

  1. Download aplikasi Let it Flo di Google Playstore,
  2. Lakukan registrasi dengan memasukan nomor ponsel, kode OTP, dan lainnya, 
  3. Lakukan pemesanan stiker RFID dan pilih lokasi pengambilan stiker,
  4. Setelah melakukan pemesanan RFID, tentukan lokasi dan tempat pemasangan stiker RFID, dengan membawa kendaraan ke lokasi pemasangan RFID,
  5. Datang ke lokasi pemasangan stiker RFID sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan. untuk dilakukan pemasangan stiker RFID,
  6. Tim teknisi Let it Flo akan membantu proses pemasangan, pengujian dan aktivasi stiker RFID.
  7. Aplikasi Let it Flo siap digunakan.
  8. Segera isi ulang voucher agar aplikasi Let it Flo bisa digunakan

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil