window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

BPKB Elektronik Siap Berlaku Tahun Ini, Mutasi Kendaraan Makin Mudah dan Aman

Prasetyo · 27 Sep, 2022 17:30

BPKB Elektronik Siap Berlaku Tahun Ini, Mutasi Kendaraan Makin Mudah dan Aman 01

  • BPKB Elektronik direncanakan berlaku tahun ini.
  • Mutasi kendaraan jadi cuma sehari.
  • Mencegah oknum memalsukan buku BPKB.

Setelah penerbitan plat nomor putih, kini Korlantas Polri berencana meluncurkan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) berbentuk digital. BPKB elektronik ini diharapkan bisa mempermudah pemilik kendaraan saat pengurusan surat-surat nantinya.

Hal tersebut diutarakan Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus. Ia menyebutkan, saat ini pihak Korlantas Polri bersama Polda Metro Jaya tengah menyusun inovasi berupa pengembangan BPKB Elektronik.

BPKB Elektronik Siap Berlaku Tahun Ini, Mutasi Kendaraan Makin Mudah dan Aman 02

BPKB yang berbentuk buku akan diubah digital

"Penggunaan BPKB baru ini diharapkan lebih simpel dan mudah, serta nantinya akan terintegrasi dengan single data Korlantas Polri," kata Yusri dalam keterangan persnya, Selasa (27/09/2022).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Polda Siapkan Layanan BPKB Digital, Bakal Pakai Chip Khusus Juga!

Berlaku Tahun Ini

Lebih lanjut Yusri menjelaskan BPKB Elektronik tersebut tengah diupayakan bisa berlaku mulai tahun ini. Sehingga nantinya BPKB yang semula berbentuk ebuah buku yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor, akan berubah jadi file digital.

BPKB Elektronik Siap Berlaku Tahun Ini, Mutasi Kendaraan Makin Mudah dan Aman 01

Sedang dibahas oleh Korlantas Polri dan Polda Metro Jaya

"BPKB baru ini kita akan upayakan untuk tahun ini, memang kita gunakan ada teknologi chip disitu untuk bisa tahu, di dalamnya ada history kendaraan dan semua," kata Yusri.

Baca juga: Jangan Bingung, Begini Cara Ambil BPKB Jika Mobil Sudah Lunas Kredit

Mempermudah Pemilik Mobil dan Cegah Kecurangan

Dengan BPKB digital, kata dia, nantinya akan memudahkan masyarakat, misalnya BPKB mutasi kendaraan itu tidak lagi selamanya 1-2 bulan, cukup satu hari saja sudah bisa cepat dengan harga PNBP.

BPKB Elektronik Siap Berlaku Tahun Ini, Mutasi Kendaraan Makin Mudah dan Aman 02

Gak ribet lagi kalau mau perpanjang atau mutasi

Lebih lanjut Yusri menegaskan BPKB baru nantinya akan terintegrasi dengan stakeholder seperti finance, bank dan pegadaian. Sehingga keberadaan BPKB digital ini diharapkan bisa mencegah sejumlah modus nakal BPKB palsu yang ada di masyarakat.
 
"Nantinya ini akan menghilangkan modus-modus, masyarakat banyak yang nakal. Dia masih cicilan tapi dia bikin lagi duplikat BPKB dijual lagi. Ini sudah kita pikirkan bagaimana kita munculkan satu aplikasi untuk bisa berkolaborasi dengan beberapa stakeholder terkait. Ya ini kita sudah arahkan ke Single data semuanya," pungkas Yusri.

Baca juga: Ketahui Syarat Balik Nama BPKB dan STNK, Segini Estimasi Waktu dan Biayanya

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil