window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Cuma Ponsel dan Barang Elektronik, Mobil Xiaomi Juga Segera Hadir

Evan · 6 Sep, 2021 20:01

Mobil Xiaomi

Salah satu perusahaan teknologi asal Cina yaitu Xiaomi secara mengejutkan mengumumkan akan membuat mobil pertama mereka. Mobil Xiaomi perdana ini berjenis BEV atau mobil listrik berbasis baterai.

Pengumuman ini sebelumnya sudah pernah dilakukan pada Maret 2021 lewat CEO Xiaomi, Lei Jun. Sayangnya saat itu belum banyak detail yang terungkap ke publik. Termasuk juga perkiraan bentuk dan penamaan mobil pertama dari pabrikan teknologi ini. 

Belum lagi soal kemitraan yang mungkin terjadi dengan pabrikan mobil ternama. Karena memang untuk membuat mobil dari nol hingga menjadi prototipe dan akhirnya benar-benar diproduksi memang sangat sulit dan melalui rentetan tahapan panjang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Butuh bantuan dari pabrikan yang memang berpengalaman dan mengerti seluk beluk otomotif, khususnya BEV. Ditambah dengan pertumbuhan BEV di Cina merupakan yang terbesar di seluruh dunia saat ini.

Baca Juga:Ini Alasannya Mengapa Mobil Seharusnya Pakai Rem ABS

Perusahaan Otomotif Xiaomi Sudah Didaftarkan

Bukan Cuma Ponsel dan Barang Elektronik, Mobil Xiaomi Juga Segera Hadir 01

Xiaomi serius terjun ke sektor otomotif

Dikutip dari Reuters, divisi perusahaan khusus kendaraan bermotor, oleh Xiaomi telah didaftarkan ke badan yang mengurus kegiatan bisnis otomotif dan merek di Cina dengan nama Xiaomi Automobile Co.Ltd. Bahkan anak perusahaan ini telah mendapatkan suntikan dana 10 Miliar Yuan atau sekitar Rp22 Triliun. 

Lei Jun akan berperan sebagai legal representatif di perusahaan Xiaomi Automobile. Hingga saat ini, perusahaan telah menunjuk 300 staf dan akan terus mempekerjakan lebih banyak orang untuk memperluas divisi kendaraan listrik kedepannya.

Belum Ada Kejelasan Tipe Kendaraan yang Akan Dijual 

Bukan Cuma Ponsel dan Barang Elektronik, Mobil Xiaomi Juga Segera Hadir 02

Markas Xiaomi di Beijing

Xiaomi memang mengatakan akan fokus ke mobil listrik, tetapi belum membocorkan tipe kendaraan dan negara tujuan pemasaran. Meskipun kemungkinan besar Xiaomi akan memproduksi kendaraan listrik untuk negara asalnya Cina baru disusul pasar internasional kemudian. 

Apalagi soal harganya, karena keahlian Xiaomi untuk menggangu pasar dengan meluncurkan produk yang lebih murah tetapi justru dengan fitur lebih banyak. Banyak yang memprediksi mobil Xiaomi juga bakal berbanderol terjangkau.

Baca Juga:Toyota Rush GR Sport Pakai Fitur Idling Stop yang Mirip Honda Vario Biar Makin Hemat Bensin

Xiaomi Siap Membeli Saham Evergrande

Bukan Cuma Ponsel dan Barang Elektronik, Mobil Xiaomi Juga Segera Hadir 03

Mobil konsep Evergrande Hengchi

Menurut bocoran sejumlah media internasional juga, Xiaomi telah melakukan lebih dari 2.000 survei wawancara dan mengunjungi lebih dari 10 mitra industri sejak bulan Maret.

Perusahaan yang berasal dari Beijing in juga telah membeli startup teknologi otonom Deepmotion dengan jumlah lebih dari 497 Juta Yuan atau sekitar Rp1 triliun.

Belum lagi rencana Xiaomi untuk membeli Evergrande Group. Sebuah pabrikan BEV asal CIna pada Agustus lalu. Satu juru bicara Xiaomi kemudian mengkonfirmasi melalui akun media sosial perusahaan bahwa pihak mereka mengadakan pembicaraan semacam itu dengan beberapa pembuat mobil termasuk Evergrande, tetapi belum memutuskan mitra yang tepat untuk diajak bekerja sama.

Bukan Cuma Ponsel dan Barang Elektronik, Mobil Xiaomi Juga Segera Hadir 04

Menyasar pasar cina dulu

Semoga di akhir tahun, mobil Xiaomi sudah benar-benar bisa terwujud meskipun baru sebatas konsep. Mengingat pasar mobil listrik sedang booming di Cina dan beberapa pasar internasional, serta banyaknya pendatang baru yang hadir. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari penantang Apple Car ini!

Baca Juga:Meski Visibilitasnya Lebih Baik, Ternyata SUV Rawan Blind Spot Pemicu Kecelakaan, Ini Solusinya!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil