Ini Alasannya Mengapa Mobil Seharusnya Pakai Rem ABS

Prasetyo · 25 Jul, 2021 08:36

Rem ABS Mobil

Fitur ABS (Anti-lock Braking System) rasa-rasanya kini makin sering kita jumpai kala membaca tabel spesifikasi pada brosur mobil-mobil keluaran terbaru. Bahkan rem ABS mobil pun kadang sudah disematkan hingga tipe termurah.

Tapi bagaimana kalau mobil-mobil tua atau yang mungkin belum ada fitur ABS-ya? Apakah itu jadi mobil yang berbahaya? Atau malah tidak layak lagi dikendarai? Mari kita bahas sedikit di artikel ini.

Hati-hati Roda Terkunci Saat Ngerem

Rem ABS mobil -1

Saat roda mengunci setir tak bisa digerakkan

Baca juga : Jangan Gugup, Begini Cara dan Teknik Mengerem Mobil Manual yang Harus Dikuasai Pemula

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Sesuai namanya, sistem ABS dibuat pada prinsipnya supaya mencegah roda mengunci. Apa sih maksudnya roda mengunci?

Jadi pada saat pengemudi melakukan pengereman yang sangat kuat dalam keadaan darurat, mobil yang tanpa ABS dapat menyebabkan roda terkunci. Pada kondisi ini setir tidak bisa digerakkan demi menghindari terjadinya benturan dari arah depan.

Rem ABS mobil -2

Bagian sistem ABS

Bayangkan pada saat Anda berkendara lalu mobil di depan tiba-tiba mengerm, lantas Anda menginjak pedal rem sekuat tenaga. Roda tentunya akan berhenti berputar, namun mobil masih memiliki momentum sehingga tetap melaju dalam jarak tertentu.

Apabila roda mengunci, maka setir tidak bisa digerakkan supaya pengemudi dapat mengindari terjadinya tabrakan. Dan mobil dengan sistem penggerak roda belakang, umumnya lebih mudah mengalami kejadian roda mengunci. Kalau sudah begini maka tabrakan tak dapat lagi dihindari.

ABS Membuat Pengemudi Bisa Menghindari Situasi Darurat

Rem ABS mobil -4

Modul ABS bisa dilihat di ruang mesin

Disinilah peranan ABS pada mobil. Rem ABS adalah sistem yang diciptakan untuk mengurangi kecelakaan akibat roda depan mengunci. Kerja utamanya adalah sensor yang ada di keempat roda akan mendeteksi putaran roda dan meneruskan ke modul untuk selanjutnya memberi perintah ke sistem pengereman.

Pada saat terdeteksi ada tekanan rem yang sangat kuat, maka sistem akan mencegah roda mengunci. Cara kerjanya sebenarnya sama dengan ketika Anda menginjak pedal rem berulang-ulang. Tujuannya supaya pengemudi masih bisa mengendalikan kendaraannya demi mengindari tabrakan.

Baca juga : Waspada Sebelum Berkendara, Ini Ciri-ciri Rem Mobil Bermasalah!

Cara Menggunakan Rem ABS

Rem ABS Mobil -5

Jangan ragu menginjak pedal rem

Kalau fitur rem ABS mobil Anda sudah tersedia, lalu bagaimana cara menggunakannya? Cukup mudah kok! Yakni jika terjadi situasi yang mengharuskan mengerem darurat, maka lakukanlah pengereman secara maksimal.

Injak pedal rem sekuat-kuatnya. Pada saat rem ABS bekerja biasanya akan timbul suara hentakan keras disertai pedal rem bergetar. Tapi jangan panik, tetap injak pedal rem sekuat tenaga sampai Anda bisa menghindari objek di depan dan mobil berhenti.

Rem ABS Mobil -6

Jangan panik kalau pedal rem begetar

Jangan angkat kaki dari pedal rem pada saat ABS bekerja, karena itu akan menggagalkan kinerja sistem pengereman dan fungsi ABS pun jadi sia-sia.

ABS juga tak mampu bekerja dengan sempurna di jalan kerikil, lumpur atau banjir. Jadi Anda harus perhitungkan momentum pada saat mengerem karena jarak berhenti mobil jadi lebih jauh dibanding saat berkendara di jalan biasa.

Apabila Anda tipikal pengendara yang suka mengemudikan mobil dengan kencang, maka rem ABS adalah fitur yang wajib ada di mobil yang Anda kendarai. Tapi kalau Anda lebih suka berkedara santai, maka mobil tanpa ABS juga tetap tak salah untuk dipilih. Tapi Anda harus paham teknik mengerem darurat agar tak terjadi roda mengunci.

Baca juga : Kalau Mur dan Baut Roda Mobil Macet Jangan Dibuka Paksa, Coba Pakai Cara Ini

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru