window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Cuma Toyota Yang Punya Model GR Sport, Daihatsu Berlabel GR Sport ini Harganya Istimewa

Adit · 18 Agu, 2021 11:30

Bukan Cuma Toyota Yang Punya Model GR Sport, Daihatsu Berlabel GR Sport ini Harganya Istimewa 01

Mobil berpenampilan Gazoo Racing atau GR Sport bukan cuma Toyota. Ternyata ada juga mobil Daihatsu yang memiliki varian sporty tersebut. Modelnya adalah Daihatsu Copen GR Sport yang melakoni debut global pada 11 Januari 2019 lalu di pameran Tokyo Auto Saloon. Sementara penjualannya dilakukan pada November 2019. 

Tapi fokus utamanya bukan cuma berkutat pada penampilan sporty menggantikan TRD Sportivo seperti varian GR Sport Toyota yang ada di Indonesia. Pabrikan mencoba membuat Copen lebih asyik dikendarai, memiliki nilai lebih, dan respons kendalinya lebih responsif menyesuaikan karakter berkendara yang sporty

Bukan Cuma Toyota Yang Punya Model GR Sport, Daihatsu Berlabel GR Sport ini Harganya Istimewa 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Masih Velg Kaleng dan Belum Ada Foglamp, Daihatsu Rocky 1.2 Tipe M Bisa Jadi Alternatif Budget Terbatas

Itu semua demi menjawab keinginan para konsumennya yang menginginkan peningkatan performa Daihatsu Copen. Serta sebagai seremoni Daihatsu Copen generasi kedua yang menginjak umur 5 tahun sejak mengaspal pertama kali 2014 lalu. 

Untuk itu para insinyur Gazoo Racing meracik mobil 2 pintu beratap konvertibel tersebut lewat penyempurnaan sektor mekanikal, rancang bangun, dan kosmetika. 

Bukan Cuma Toyota Yang Punya Model GR Sport, Daihatsu Berlabel GR Sport ini Harganya Istimewa 01

Beda Daihatsu Copen GR Sport dan Varian Reguler

Rombakan pertama ada pada kerja suspensi yang telah disetel ulang. Kemudian dikombinasikan pakai shock absorber baru dari KYB agar tercipta bantingan suspensi yang pas saat melaju di kecepatan tinggi.

Tak cukup di situ, struktur rangka Daihatsu Copen GR Sport rupanya juga dibuat lebih kaku atau rigid. Caranya dengan revisi desain rangka pada bagian front brace dan center brace. Mekanisme electric power steering ikut diperbarui supaya menjanjikan pengendalian yang responsif dan akurat sesuai input pengemudi ke setir. 

Bukan Cuma Toyota Yang Punya Model GR Sport, Daihatsu Berlabel GR Sport ini Harganya Istimewa 02

Terakhir adalah ubahan penampilan lewat tata rias baru khas Gazoo Racing. Sebab tak afdal rasanya jika jeroannya sudah ditingkatkan performanya tapi eksterior masih standar. 

Secara umum perubahan eksteriornya bisa dilihat dari desain baru bumper depan yang punya air dam besar serupa mobil balap, grille pakai palang horizontal, dan penambahan ornamen pada housing lampu kabutnya. Bumper belakang juga diganti jadi memiliki diffuser serta dua lubang knalpot.

Lewat penggunaan bumper baru juga memungkinkan mobil memiliki aerodinamika yang baik. Sebab pada bumper bagian depannya didesain punya lubang ventilasi udara agar pergerakan anginnya membuat mobil lebih stabil serta mudah dijinakkan. 

Bukan Cuma Toyota Yang Punya Model GR Sport, Daihatsu Berlabel GR Sport ini Harganya Istimewa 03

Oh iya masih ada lagi garnish lampu belakang yang memanjang vertikal serupa Mitsubishi Pajero Sport juga dihilangkan oleh Gazoo Racing. Alhasil bagian belakangnya jadi lebih sedap dipandang dan kuat kesan balapnya. Terlebih ditambah sepatu baru berupa velg BBS yang dibalut warna hitam. 

Sementara penyesuaian karakter sporty dari sisi interior ditunjang lewat jok bucket seat besutan Recaro. Tak lupa disematkan juga identitas GR pada bagian sandaran punggung joknya. Kemudian setirnya juga pakai produk buatan Momo yang khusus dibuat untuk varian GR karena lengkap dengan emblemnya. 

Atmosfernya sengaja dibuat serba hitam sebagai ciri mobil berdarah balap. Pada bagian dashboard juga dilengkapi sentuhan motif karbon agar lagi-lagi untuk menguatkan sisi sporty.

Bukan Cuma Toyota Yang Punya Model GR Sport, Daihatsu Berlabel GR Sport ini Harganya Istimewa 04

Baca juga: Gran Max PU Jadi Andalan Utama, Hingga Juli 2021 Penjualan Daihatsu Meningkat 30,2%

Selebihnya tak ada penyesuaian lagi yang dilakukan insinyur Gazoo Racing maupun Daihatsu. Meskipun ada rombakan eksterior, ukuran dimensi mobil mungil Copen GR Sport masih sama seperti model reguler, punya panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, serta tinggi 1.280 mm. Lalu jarak sumbu roda mobil mencapai 2.230 mm dengan radius putar 4,6 meter. 

Spesifkasi Mesin dan Harga Daihatsu Copen GR Sport 

Sektor dapur pacu masih mengandalkan mesin yang sama. Berupa mesin yang menggunakan kode KF-DET 658 cc turbocharger 3-silinder yang menjanjikan tenaga 64 ps pada 6.400 rpm dan torsi maksimum 92 Nm yang dicapai pada 3.200 rpm. Dayanya tersebut dikawinkan pada transmisi manual 5 percepatan atau matic CVT 7-percepatan dan disalurkan ke roda depan. 

Bukan Cuma Toyota Yang Punya Model GR Sport, Daihatsu Berlabel GR Sport ini Harganya Istimewa 05

Klaim Daihatsu catatan konsumsi bahan bakatnya tergolong yang irit. Sebab dalam pengujian metode WLTC oleh otoritas terkait efisiensi bahan bakarnya mencapai 18,6 km/liter untuk manual dan 19,2 km/liter versi matic. 

Daihatsu Copen GR Sport hanya dipasarkan di Jepang. Namun yang membuatnya menarik adalah mobil ini mejang di diler Toyota maupun Daihatsu. Maklum keduanya merupakan aliansi pabrikan otomotif setelah saham Daihatsu dikuasai sepenuhnya oleh Toyota pada 2016 lalu.

Bukan Cuma Toyota Yang Punya Model GR Sport, Daihatsu Berlabel GR Sport ini Harganya Istimewa 06

Untuk Copen GR Sport manual harganya Rp 313,4 juta dan matic Rp 320,7 juta. Daihatsu Copen GR Sport diproduksi massal untuk menemani beberapa varian sebelumnya yang telah ada seperti Robe, Cero, dan XPlay. 

Toyota maupun Daihatsu juga menjual komponen add on khas GR untuk Daihatsu Copen secara terpisah. Komponennya mulai dari bumper depan, side skirt, hingga bumper belakang. Nantinya ini digunakan sebagai part pengganti Copen GR Sport. Tidak dijelaskan apakah bisa diaplikasikan pada Copen biasa. 

Daihatsu Copen GR Sport Dijual di Indonesia?

Yang jelas Daihatsu Indonesia belum ada rencana untuk menjualnya. Skala ekonomisnya akan sulit tercapai lantaran desainnya bukan selera banyak orang di Indonesia. Terlebih modelnya konvertibel alias punya atap terbuka serta mesin berkapasitas kecil yang masih asing untuk kebanyakan orang. 

Bukan Cuma Toyota Yang Punya Model GR Sport, Daihatsu Berlabel GR Sport ini Harganya Istimewa 07

Tapi Astra Daihatsu Motor sempat menjual Copen reguler berbasis generasi kedua hingga tahun 2019. Pabrikan terpaksa menyudahi penjualannya lantaran permintaan mobil kei car tersebut kecil. Mobil cuma diserap oleh segelintir orang atau kalangan penghobi. 

Angka penjualannya tak mencapai ribuan unit setelah dipasarkan sejak 2015 sampai 2019. Harganya saat dijual mencapai Rp 432 jutaan. Sekarang unitnya dalam keadaan bekas lansiran 2015 dibanderol lebih tinggi hingga menyentuh di atas Rp 500 juta. 

Baca juga: Jangan Salah! Ini Arti Huruf 'E' Pada Indikator Bensin, Pemilik Daihatsu Terios Harus Tahu

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil