window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Masih Velg Kaleng dan Belum Ada Foglamp, Daihatsu Rocky 1.2 Tipe M Bisa Jadi Alternatif Budget Terbatas

Adit · 14 Agu, 2021 08:07

Masih Velg Kaleng dan Belum Ada Foglamp, Daihatsu Rocky 1.2 Tipe M Bisa Jadi Alternatif Budget Terbatas 01

Daihatsu Rocky 1.2 tipe M bertransmisi manual jadi pilihan menarik jika Anda mencari mobil baru di bawah Rp200 juta. Selain itu wujudnya yang berupa SUV juga cocok melintasi berbagai macam jalan di Indonesia. Sehingga fleksibilitasnya lebih baik ketimbang Daihatsu Sirion, yang harganya juga lebih tinggi.  

Tapi apa benar Daihatsu Rocky 1.2 tipe termurah ini masih layak dipinang? Mengingat sebagai tipe terendah, pasti banyak kelengkapan beserta fitur yang disunat. Untuk mengetahui itu, mari kita kupas bersama Si Rocky paling terjangkau ini. 

Masih Velg Kaleng dan Belum Ada Foglamp, Daihatsu Rocky 1.2 Tipe M Bisa Jadi Alternatif Budget Terbatas 02

Daihatsu Rocky tipe M (foto: instagram)

Baca juga: Baru Aja Rilis, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Sudah Muncul Faceliftnya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Velg Kaleng, Belum Pakai Lampu LED dan Minus Lampu Kabut

Secara tampilan dia seperti Daihatsu Rocky pada umumnya tapi tak banyak kosmetik tambahan seperti tipe lainnya. Maklum, namanya juga tipe terendah, pasti ada pemangkasan komponen untuk menekan harga. 

Sebut saja lampu utamanya yang ternyata masih pakai halogen. Selain itu juga minus lampu kabut, jadi hanya diganti plastik dummy penutup pada housing foglamp mobil tersebut.

Masih Velg Kaleng dan Belum Ada Foglamp, Daihatsu Rocky 1.2 Tipe M Bisa Jadi Alternatif Budget Terbatas 01

Tampak samping Rocky 1.2 tipe M (foto. instagram)

Pada bagian samping juga terbilang apa adanya, karena masih pakai velg kaleng 16 inci warna hitam. Tapi tenang Daihatsu melengkapinya dengan dop atau cover velg. 

Namun menariknya lagi saat menengok bagian belakang, Rocky termurah ini punya eksterior yang tak begitu beda dari varian lain, bahkan sampai tipe tertingginya. Bentuk pintu bagasi mirip, bumper juga sama, ada spoiler juga dengan high mount stop lamp. Paling sebagai pembeda cuma minus wiper belakang. 

Masih Velg Kaleng dan Belum Ada Foglamp, Daihatsu Rocky 1.2 Tipe M Bisa Jadi Alternatif Budget Terbatas 02

Masih pakai velg kaleng (foto: instagram)

Walaupun dibanderol paling murah, eksterior Daihatsu Rocky M ini tak begitu murahan lho. Daihatsu tetap menyematkan talang air, antena shark fin, muffler cutter, gagang pintu sewarna bodi, serta spion dengan LED sein. Cocok sebenarnya buat konsumen yang anti mobil berpenampilan banyak ornamen krom. 

Baca juga: Lebih Murah dan Inden Cepat, Daihatsu Rocky Bisa Lebih Laris Manis Dibanding Toyota Raize

Interiornya Juga Sederhana, Serba Hitam, dan Tanpa Ornamen Krom, Tapi Lengkap Fiturnya

Nuansa interiornya boleh dibilang sederhana dan tanpa dijejali banyak ornamen krom. Satu-satunya unsur krom yang tampak hanya logo Daihatsu di setir. Semuanya serba hitam, jadi tidak mudah terlihat kotor.

Masih Velg Kaleng dan Belum Ada Foglamp, Daihatsu Rocky 1.2 Tipe M Bisa Jadi Alternatif Budget Terbatas 03

Ornamen krom hanya pada emblem (foto: instagram)

Walaupun terkesan simpel, tetap saja ada pengurangan kelengkapan pada bagian kabin mobil tersebut. Makanya Daihatsu Rocky 1.2 tipe M tidak dilengkapi tombol start/stop engine, tombol audio di setir, serta panel meter kombinasi yang masih kombinasi digital dan analog. Belum TFT yang bisa diubah sesuai keinginan.

Nah kendati begitu, pabrikan tetap memberikan fitur yang jempolan dan sekali lagi punya fungsi, bukan sekadar pemanis mata. Fitur tersebut mencakup pengaturan setir secara tilt, power outlet 12 volt, power window semua sisi jendela, auto door lock, cup holder model lipat di bawah kisi-kisi AC, dan pengaturan AC digital. 

Masih Velg Kaleng dan Belum Ada Foglamp, Daihatsu Rocky 1.2 Tipe M Bisa Jadi Alternatif Budget Terbatas 04

Interiornya fungsional (foto: instagram)

Belum cukup di situ. Daihatsu Rocky termurah ini punya fitur wah yang tak dimiliki model lain untuk varian paling bawahnya. Yaitu head unit layar sentuh 7 inci yang dapat terkoneksi Apple CarPlay atau Android Auto. Sudah barang tentu fitur ini selaras dengan tren dan kebutuhan konsumen masa kini.

Itu tadi buat pemanja semua penumpang di dalamnya. Selebihnya guna memudahkan operasional pihak pengemudi juga tetap banyak fitur fungsional. Antara lain sudah dipasang electronic power steering, spion day/night, sunshade dengan cermin, speed sensing wiper depan, dan konsol box yang bisa difungsikan sebagai penyangga siku atau armrest

Masih Velg Kaleng dan Belum Ada Foglamp, Daihatsu Rocky 1.2 Tipe M Bisa Jadi Alternatif Budget Terbatas 05

Kabinnya juga minim krom (foto: instagram)

Melengkapi fitur penunjang keselamatan dan keamanan, Daihatsu tetap membekali Rocky terendahnya lewat anak kunci yang sudah terpasang immobilizer, dual SRS airbags, rem ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), sabuk pengaman 3-titik semua baris, child lock, sampai seatbelt warning yang indikatornya ada di atas spion tengah mobil.

Versi manual sayangnya belum dilengkapi fitur Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist. Kedua fitur ini baru ada pada Rocky tipe M CVTyang harganya selisih Rp15,7 juta. 

Masih Velg Kaleng dan Belum Ada Foglamp, Daihatsu Rocky 1.2 Tipe M Bisa Jadi Alternatif Budget Terbatas 06

Mesin 1.200 cc 3 silinder Daihatsu Rocky

Oh iya mengenai jantung mekanisnya pakai mesin yang beda dari Daihatsu Sigra atau Ayla. Kode mesinnya WA-VE berkapasitas 1.200 cc 3-silinder yang menjanjikan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm serta torsi maksimum 112 Nm yang dicapai pada putaran 4.500 rpm. Klaim Daihatsu konsumsi bahan bakarnya mencapai 18 sampai 19 kilometer per liter.

Baca juga: FAQ: Jawaban dari Beragam Pertanyaan Soal Daihatsu Rocky 1.200 Cc, Pilihan Murah Apakah Fiturnya Mewah?

Kesimpulan 

Mengetahui kelengkapan dan fitur yang dimiliki Daihatsu Rocky 1.2 tipe M ini, sah-sah saja kalau tergolong affordable yang value for money tinggi. Dengan mengesampingkan gengsi dan gaya, Anda bisa mendapatkan mobil baru kekinian yang kaya fitur. Malah lebih lengkap dibanding mobil lain yang harganya hampir mirip seperti Suzuki Ignis GL atau Honda Brio Satya tipe E.  

Soal kekuranganya, sebenarnya bisa kok melengkapinya secara terpisah di diler atau bengkel langganan. Atau kalau mau sedikit berkreasi, bisa lho di modifikasi dengan berbagai tema, seperti elegant, sporty, atau rally look

Masih Velg Kaleng dan Belum Ada Foglamp, Daihatsu Rocky 1.2 Tipe M Bisa Jadi Alternatif Budget Terbatas 07

Daihatsu Rocky 1.200 cc.

Selain itu mobil ini juga tetap menawarkan efisiensi yang baik serupa mobil Low Cost Green Car (LCGC). Bayangkan, satu liternya bisa mencapai 19 kilometer. Jika dikalikan dengan kapasitas tangki Daihatsu Rocky yang mencapai 36 liter, maka sekali isi penuh bisa menempuh jarak sekitar 684 km. Ya perumpamaannya dari Monumen Nasional (Monas) Jakarta ke Malioboro di Yogyakarta tak perlu isi bensin lagi di tengah jalan. 

Baca juga: Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 M vs Suzuki Ignis GL, Si Pendatang Baru Kalah Tampang Menang Fitur

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil