Bukan Esemka, Ini Wujud New Suzuki Carry Si Pickup 'Lokal' yang Meluncur Besok

Yongki Sanjaya · 20 Jan 2021 17:00

Beberapa waktu lalu redaksi kami menerima undangan dari Suzuki untuk peluncuran model baru yang dilakukan Kamis (21/1) besok. Rumor menyebut kalau Suzuki akan meluncurkan Carry Pickup. Rumor ini mengacu pada pernyataan Hideaki Tokuda, 4W Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales yang sempat menyebut Carry Pickup bakal alami minor change dan siap dijual pada awal 2021.

Bocoran pun sempat beredar di jagat maya dimana Suzuki Carry pickup mengalami minor facelift. Sepintas, penampilannya jadi sedikit lebih 'chubby' dengan desain bemper baru. Perubahan juga hadir pada bagian grill depan.

Gambar Suzuki Carry Pick Up versi facelift ini juga sempat muncul di website resmi Suzuki Indonesia serta media sosial Facebook. Jika melihat dari gambar yang beredar tersebut, bumper depannya tidak lagi terlalu polos seperti sebelumnya. Kini New Carry sudah ditambah dengan aksen-aksen mirip mobil crossover.

Bisa dibilang sosok Suzuki Carry adalah mobil pickup legendaris di Indonesia. Hadir sebagai merek asing, Suzuki Carry terus bertransformasi jadi mobil angkutan barang yang semakin bercita rasa lokal. 

Fitur APAR Wajib di Suzuki New Carry Pickup 2021

Sebagai mobil niaga, penerangan utama diyakini tetap memakai jenis bohlam halogen. Ini jelas supaya lebih murah dari harga dan perawatan untuk menunjang kepentingan bisnis. 

Satu lagi fitur baru yang tak boleh ketinggalan yaitu APAR (alat pemadam api ringan) akan tersedia pada Carry facelift. Fitur ini mengikuti regulasi Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat yang mewajibkan mobil baru dibekali dengan APAR.

APAR kini wajib dalam mobil baru keluaran 2021 sesuai dengan Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 yang mulai berlaku pada 4 Januari 2021. 

Karena sekedar fase minor change maka mesinnya juga tidak berubah. Suzuki Carry Pickup tetap dengan mesin K15B-C 1.500 cc bertenaga 97 PS dan torsi 135 Nm dengan transmisi manual 5-speed.

Harga Suzuki Carry Pickup 2021 Tidak Naik? 

 

Bicara soal harga, Carry Pickup sudah mengalami penyesuaian yang biasa terjadi di awal tahun. Namun kami belum bisa berspekulasi lebih jauh apakah versi New Carry akan naik atau tidak. 

Seperti yang tertulis pada website resminya, harga Carry Pick Up dimulai dari Rp 152,5 juta untuk tipe Flat Deck non-AC/PS hingga Rp 162 juta untuk tipe WIde Deck AC/PS, harga tersebut berstatus On The Road wilayah Jakarta.

Kemunculan New Carry Tak Halangi Merek Lokal Esemka Makin Berkembang

Kehadiran Suzuki Carry yang diproduksi lokal tentu akan menyulitkan Esemka selaku produk lokal untuk berkembang pesat. Merek Esemka menjadi buah bibir di masyarakat karena keberadaannya yang begitu langka.  

Namun, Esemka perlahan bisa terus bangkit dan kini memilih wilayah provinsi Lampung sebagai basis pemasaran terbesar. Kini muncul sistem 'sewa - milik' yang digagas oleh PT Petromart Desa Mandiri kepada pelaku UMKM di wilayah Lampung.

Ini sebenarnya adalah skema kredit lunak bagi pelaku UMKM yang membutuhkan kendaraan niaga untuk angkutan. Esemka–PDM menjadikan program ini seperti stimulus pemulihan ekonomi berbasis digitalisasi UMKM, pedagang, petani, dan nelayan.

Secara harga, Esemka Bima sebenarnya lebih terjangkau. Namun, halangan terbesar yang membuat mobil ini sulit berkembang pesat ialah prosedur pembelian yang harus secara cash dan pre order. 

Pabrikan mobil Esemka membuka layanan pemesanan online lewat situs resmi esemkaindonesia.co.id bagi masyarakat yang berminat. Untuk harganya yaitu Rp 125 juta di wilayah Pulau Jawa.  

Komentar