window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Karena Freon Bocor, Ini Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Secara Tiba-tiba

Enda · 5 Mei, 2022 10:30

Penyebab AC mobil tidak dingin

Saat ini AC menjadi salah satu fitur terpenting pada mobil. Karena dalam kondisi cuaca panas atau sedang terjebak dalam kemacetan, AC mampu memberikan udara sejuk yang dapat meningkatkan rasa nyaman selama berkendara.

Namun tahukah kalian, banyak kejadian di luar sana AC mobil menjadi tidak dingin secara tiba-tiba. Selain kebocoran freon, ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan AC mobil menjadi panas. Ingin tahu apa penyebabnya? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Tidur di Mobil yang Parkir Sambil Menyalakan AC, Apakah Bahaya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Extra Fan Tidak Berputar

Penyebab AC mobil tidak dingin

Extra fan bermasalah

AC mobil membutuhkan extra fan yang diletakan di depan kondensor guna melepas suhu panas. Apabila ditemukan extra fan mati atau tidak dapat bekerja secara maksimal, maka dapat memengaruhi kinerja dari kondensator.

Jika hal tersebut terjadi, maka tidak ada penurunan suhu dalam kabin, sehingga mengakibatkan AC mobil terasa panas. Apabila kejadian seperti ini dibiarkan secara terus menurus, bisa menyebabkan kerusakan pada kompresor bahkan beberapa peranti lainnya.

2. Magnetic Clutch Rusak

Magnetic clutch menjadi bagian terpenting untuk menggerakan kompresor AC. Jika mengalami kerusakan pada katup magnet ini, tentunya kompresor tidak dapat berputar guna menghasilkan suhu rendah di dalam kabin.

Baca juga: Tips:Bolehkah, Saat Mesin Dinyalakan AC Mobil Langsung Hidup

3. Drive Belt Putus

Penyebab AC mobil tidak dingin

Drive belt putus

Selain magnetic clutch, untuk memutar kompresor mobil dibutuhkan drive belt. Apabila bagian ini putus, maka putaran mesin tidak dapat menggerakan pully kompresor. Dengan begitu kondensator yang ada pun tidak akan bisa bekerja dengan baik.

Guna menangani hal tersebut, kalian diharuskan untuk sesegera mungkin mengganti drive belt supaya kinerja sistem AC mobil dapat kembali normal.

4. Tekanan AC Berlebihan

Umumnya saat AC mobil dinyalakan, tekanan rendah yang normal akan berada di level 20 – 30 psi. Sedangkan tekanan tinggi berada di level 170 – 250 psi saat diukur menggunakan manifold gauge. Perlu diketahui, tekanan freon AC yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan pada kompresor memicunya menjadi lebih cepat panas dan cepat rusak. Apabila kejadian ini dibarkan secara terus menerus, bisa mengakibatkan AC mobil menjadi tidak dingin dalam waktu singkat.

Baca juga: Nggak Perlu ke Tukang AC, Begini Cara Mudah Menambahkan Freon AC Mobil

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil